Curug Nangka, Keindahan Alam Yang Tak Disangka

Curug Nangka – Selain Curug Cigamea dan Curug Luhur, Bogor masih menyimpan curug-curug lain yang tidak kalah mempesona, salah satunya Curug Nangka yang telah dikenal lama oleh warga Bogor. Terletak di Desa Sukajadi, Kelurahan / Kecamatan Taman Sari, Kabupaten Bogor, curug ini tak asing lagi untuk digunakan sebagai lokasi wisata pramuka, pecinta alam, atau organisasi lainnya untuk berkemah atau pelatihan.

Tidak berbeda dengan curug lainnya di kaki Gunung Salak, aliran air Curug Nangka ini juga berasal dari gunung setinggi kurang lebih 2000 meter dari permukaan laut ini. Walau telah menjadi destinasi yang banyak dikunjungi warga, keindahan alamnya masih sangat terjaga. Begitu juga curahan air yang jatuh dari ketinggian 30-40 meter yang mempesona siapa saja yang datang, apalagi dengan hutan pinusnya yang masih asri makin menambah segarnya udara di sini.

Akses lokasi

Untuk menuju ke lokasi Curug Nangka ini dapat diakses dengan kendaraan umum mauapun pribadi. Jika memilih menggunakan moda transportasi umum, dari Kota Bogor gunakan angkot jurusan Ramayana-Ciapus, kemudian berhenti di pertigaan sebelum pintu gerbang, dilanjutkan dengan belok kiri ke arah Curug Nangka. Pengunjung masih diharuskan berjalan kaki menuju pintu gerbang yang jaraknya kurang lebih 500 meter.

Tapi cara paling mudah untuk menjangkau lokasi Curug Nangka ini adalah dengan menggunakan sepeda motor. Pilih rute melalui BTM menuju ke arah Empang dan belok kanan memasuki jalan menuju arah Ciapus hingga menemukan pertigaan Ciapus atau Bojong Loa. Ambil belokan kanan sampai terlihat Hotel Highland Park Resort. Pilih belokan ke kiri dan kurang lebih 700 meter kemudian, Anda akan menemukan gerbang pertama Curug Nangka.

Rute lainnya yaitu melalui Ciomas dan mengikuti petunjuk menuju Zam Zam Tirta. Di depannya ada sebuah belokan yang tinggal diikuti hingga memasuki kawasan pedesaan, namun beraspal bagus dan cukup dilalui untuk dua mobil. Ujung jalan ke kanan akan mencapai Curug Luhur, sedangkan ke kiri akan mengantarkan pengunjung menuju lokasi Curug Nangka.

Baca juga: Curug Cigamea, Si Kembar Bergemuruh yang Eksotik

Setelah membayar biaya masuk Curug Nangka yang sangat terjangkau, pengunjung masih harus berjalan kaki untuk menuju ke air terjun ini. Sepanjang jalan, mata akan terhibur oleh hijaunya pepohonan yang lebat dan terkadang terlihat monyet yang bergantungan dan hidup liar. Sebelum mencapai Curug Nangka, ada juga curug lainnya seperti Curug Daun, yang banyak dimanfaatkan untuk lokasi foto pre-wedding karena medannya yang tidak terlalu sulit untuk dijangkau dan pemandangannya pun tak kalah mempesona.

Siap siap basah

Tapi bagian yang paling menantang adalah cara untuk mencapai lokasi Curug Nangka, yang mewajibkan pengunjung bersiap-siap untuk basah. Bahkan sebelum mencapai curugnya. Siapapun harus menyusuri sungai yang terbentuk dari curahan air melimpah dari kolam kecil di bawah Curug Nangka. Dengan lebar kurang lebih 3-4 meter. Diapit oleh tebing terjal yang licin, penuh lumut, dan tidak bisa didaki. Memaksa pengunjung untuk melewati sungai sepanjang 100 meter untuk sampai ke lokasi air terjun.

Walau terdengar merepotkan, Anda yang datang ke sini pasti sulit untuk menahan keinginan untuk menceburkan diri ke sungai ini. Selain terlindung pepohonan, airnya juga jernih dan bening hingga dasar sungainya pun terlihat jelas. Namun pengunjung wajib berhati-hati dan waspada saat Bogor sedang dilanda hujan yang sangat lebat. Biasanya disarankan untuk tidak memasuki lorong menuju area Curug Nangka. Hal ini disebabkan aliran air dari sungai bisa jadi deras dan kuat, ditambah bebatuan yang licin membuatnya sangat berisiko untuk terjatuh dan terbawa air.

Tidak perlu ragu untuk berkunjung ke Curug Nangka. Walau dipertahankan kealamiannya, pengelola tetap melengkapi dengan fasilitas-fasilitas standar seperti musholla dan toilet. Begitu juga warung-warung yang menyediakan berbagai makanan hingga baju ganti yang bisa dibeli untuk menggantikan baju yang basah.

Tidak jaug dari gerbang lokasi ini juga terdapat area Outbound bernama Highlander, yang menyediakan berbagai macam permainan ala outbound. Ada juga area perkemahan yang memperbolehkan para pengunjung untuk menggelar api unggun nan seru di malam hari.

Tertarik untuk berbasah-basah ria di Curug Nangka? Tunggu apalagi! (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.