Curug Maribaya, Wisata Alam Romantis Taman Hutan Raya Juanda Bandung

Curug Maribaya, merupakan sebuah kumpulan air terjun yang memiliki 3 curug kecil, Curug tersebut adalah Curug Cikawari, Curug Cigulung serta Curug Cikolelang.

Curug Maribaya memiliki ketinggian hingga 15 meter. Sumber air Curug Maribaya berasal dari 2 aliran sungai, yaitu Sungai Cigulung serta Sungai Cikawari di Bandung Barat.

Air Curug Maribaya akan tampak jernih pada musim kemarau. Hempasan air dari ketinggian 15 meter menuju ke bawah menimbulkan buih putih di dasar air terjun. Butiran air yang lembut terbawa angin adalah ciri romantisme yang dimiliki oleh air terjun ini.

Lain halnya ketika musim hujan, air akan tampak sedikit keruh dan kecokelatan. Namun demikian, pemandangan yang dapat disaksikan tetaplah pemandangan yang asri tanpa polusi udara, sehingga hawa di kawasan ini cukup sejuk.

Curug Cikarawi merupakan tempat yang paling cocok untuk bermain air dari ketiga curug yang ada. Keadaan dasar air curug Cikarawi cukup dangkal sehingga sangat aman untuk lokasi bermain air di sekitar curug tersebut.

Kawasan Maribaya Asri dan Sejuk

Kawasan Maribaya dulunya merupakan tempat yang populer dengan pemandian air panasnya bagi warga Bandung dan eksotisme wisata alam yang masih asri dan alami.

Wisata Alam Maribaya termasuk ke dalam kawasan hutan konservasi Taman Hutan Raya Juanda. Dulu kawasan ini tidak terawat dengan baik, bahkan pernah ditutup untuk dilakukan renovasi pada tahun 2015.

Dengan melakukan renovasi konsep wisata dan tata kelola yang baru, maka dibangunlah di kawasan ini Maribaya Natural Hot Spring Resort menambah kawasan Wisata Maribaya pun berubah menjadi lebih cantik dan lebih terawat. Selain itu, pengelola telah menambah fasilitas wisata lainnya yang membuat para pengunjung tertarik untuk datang ke tempat ini.

Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan selama berada di kawasan wisata Curug Maribaya ini.

Pesona Air Terjun

Pengunjung dapat menikmati pesona air terjun serta menikmati sejuknya udara di sekitarnya sambil menikmati hidangan jagung panas atau ketan bakar. Destinasi ini sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga, terutama bagi yang berasal dari perkotaan karena akan mendapatkan pengalaman yang baru dan seru.

Pesona Deretan Hutan Tropis

Curug Maribaya terdiri dari deretan hutan tropis yang masih terjaga keasriannya hingga saat ini. Pepohonan rindang menjadi pendamping petualangan para pengunjung yang siap menghadapi keseruan-keseruan baru.

Spot-Spot Berselfie Ria

Di perjalanan menuju lokasi Curug Maribaya, pengunjung akan melewati goa Belanda dan juga Jepang. Dengan demikian, pengunjung dapat mengabadikan semua moment indah dan kebersamaan bersama keluarga atau pasangan dengan mengambil beberapa foto.

Selain itu, ada spot menarik yang bisa dijadikan background saat berfoto di sekitar Curug Maribaya, yaitu Sky Bridge. Sky Bridge Tapak Halimun merupakan jembatan yang terletak di kiri kawasan Wisata Maribaya.

Berendam di Air Panas

Pada Kawasan Curug Maribaya Lembang ini, pengunjung dapat berendam di pemandian air panas. Setelah dilakukan renovasi oleh para pengelola, sekarang pemandian air panas ini sudah tertata dengan baik sehingga layak dan bisa digunakan kembali. Kolam rendam air panas sangat bagus sehingga banyak menarik para wisatawan, baik wisatanawan domestik maupun mancanegara.

Khasiat air panas di sini diyakini sangat bagus buat kesehatan karena mengandung belerang dengan kadar kandungan yang tinggi, dan dipercaya bagus buat terapi penyakit kulit.

Di Kawasan Curug Maribaya juga tersedia beberapa jenis kolam renang dan kolam rendam air panas yang ada di Marbaya Natural Hot Spring Resort ini. Untuk wanita, disediakan juga lokasi Foot Spa, bagi yang ingin merileksasikan kakinya yang pegal.

baca juga:

Keindahan Air Terjun Madakaripura yang Tak Terkira, Bikin Mulut Ternganga!

 

Twig Cafe dan Food Court Langlang Buana

Selain berkeliling, bermain air, dan berfoto, di tempat ini juga terdapat pusat kuliner, yaitu di sebuah cafe yang bernama Twig Cafe. Lokasi Twig Cafe tepat di berada di sisi Curug Maribaya. Selain itu terdapat tempat kuliner yang tidak kalah menarik yaitu Food Court Langlang Buana. Di tempat ini pun memungkinkan para pengunjung untuk beristirahat sambil menikmati sajian makanan dan minuman yang sambil memulihkan stamina kembali.

Masih banyak lagi hal seru dan menarik lainnya yang bisa dinikmati di wisata Curug Maribaya ini, seperti trekking ke Curug Omas, memancing di kolam Telaga Giri, dan bermain di Deluxe pool.

Setelah selesai renovasi penataan, tempat wisata ini benar-benar menjadi tempat yang nyaman bagi pengunjung. Segala macam fasilitas dilengkapi guna mendongkrak para pengunjung untuk datang berwisata ke tempat ini seperti tersedianya tempat parkir yang luas, ketersediaan mobil antar jemput wisatwan, toilet yang bersih, pusat kuliner, cafe, mushalla, kolam pancing, dan resto.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, pengelola pun menyediakan banyak gazebo, taman–taman untuk bersantai yang konsepnya menyerupai rumah hobbit di Farmhouse susu Lembang. Kawasan Curug Maribaya hingga saat ini tercata menjadi salah satu dari 1001 Tempat Wisata di Bandung Barat yang memiliki fasilitas terlengkap.

Rute Lokasi

Untuk sampai ke lokasi wisata Curug Maribaya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Kawasan Curug Maribaya terletak 15 km dari kota Bandung tepatnya Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dengan perjalanan lebih kurang 1 jam, melalui Jl. Ir. H. Juanda kemudian ke Jl. Dago Giri menuju ke arah. Harga tiket masuk adalah Rp 35.000,00 per orang, dengan setiap fasilitas di dalamnya memiliki nilai tersendiri. Jam operasional Kawasan Wisata ini adalah pukul 08.00 sampai pukul 22.00.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.