Curug Cilember, Pesona 7 Air Terjun di Cisarua, Bogor

Curug Cilember – Mendengar nama Cisarua, Bogor, tentunya sudah tidak asing lagi di telinga warga Jakarta, terutama yang hendak bepergian ke Puncak, atau mengunjungi ikon wisata Taman Safari Indonesia. Tapi tahukah Anda? Di kawasan yang sama, terdapat salah satu tujuan wisata alam dan air yang dikenal dengan nama Curug Cilember.

Lokasi Curug Cilember

Berada tepat di Desa Jogjogan Cisarua, Curug Cilember ini dapat dikunjungi dengan menaklukkan perjalanan yang cukup panjang. Gunakan Taman Wisata Matahari sebagai patokan, nantinya traveler akan bertemu dengan pertigaan dan langsung ambil kiri memasuki jalanan kecil yang tepat berseberangan dengan Cimory.

Dari sini, pengunjung jarus menyusuri jalan yang cukup panjang hingg akhirnya menemukan gerbang Curug 7 Cilember. Tidak usah khawatir tersesat karena ada papan petunjuk yang menunjukkan arah dengan jelas. Selain itu disarankan penggunaan motor, karena jalur menuju ke curug cukup sempit dan berliku.

Tarif Tiket masuk

Setelah membeli tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah dan parkir motor dengan biaya 10 ribu rupiah, pengunjung akan disambut pepohonan pinus yang rindang dan sejuk. Ada juga Taman Konservasi Kupu-Kupu yang dapat dimasuki hanya dengan membayar 5 ribu rupiah saja. Di sini, pengunjung dapat melihat aneka jenis kupu-kupu dan melihat proses metamorfosisnya dari ulat menjadi kupu-kupu bersayap cantik, dalam ruangan berukuran 200 meter persegi berbentuk setengah lingkaran ini.

Pesona atraksi wisata Curug Cilember

Daya tarik utama Curug Cilember ini ada pada 7 buah curug atau air terjun yang terpisah 150-450 meter satu sama lain. Berasal dari satu sumber aliran sungai yang kemudian terpecah menjadi 7 aliran, masing-masing curug terletak pada ketinggian dan memiliki curahan air yang berbeda-beda.

Curug 7 merupakan yang paling dekat dengan gerbang masuk Curug Cilember dan paling ramai dikunjungi karena menjadi air terjun tertinggi. Uniknya, dari sini angkanya berubah semakin kecil disesuaikan dengan posisi air terjun yang semakin tingi dan jalur yang rumit.

Baca juga: Curug Cigamea, Si Kembar Bergemuruh yang Eksotik

Jika perjalanan menuju Curug 7 seakan tidak membutuhkan perjuangan, maka pengunjung yang ingin melanjutkan petualangan ke Curug 5 misalnya, harus melewati medan menanjak dan bebatuan. Tapi semua usaha yang dilakukan dan rasa lelah akan terbayar dengan bermain air di sini. Selain itu, ada juga beberapa warung tenda yang menyediakan makanan buat pengunjung yang ingin beristirahat dan mengisi perut yang kelaparan.

Alternatif wisata sekitar lokasi Curug Cilember

Menuju ke curug lainnya membutuhkan usaha yang tidak sedikit. Semakin ke atas, jalan setapak yang disediakan harus dilalui dengan mendaki, walau hanya terpisah 150-450 meter saja. Tapi perjalanan yang paling menantang adalah yang menuju Curug 3, 2, dan 1 karena kondisi jalan yang sangat sulit dan sebaiknya ditemani oleh pemandu yang sudah berpengalaman. Curug manapun yang dipilih, pengunjung tidak akan rugi melihat keindahan yang tersaji di depan mata dan merasakan dinginnya air di kolam kecil yang ada di bawah air terjun.

Selain menikmati keindahan alam air terjun, pengunjung juga dapat menghabiskan akhir pekan atau liburan dengan berkemah di Curug Cilember. Terdapat beberapa lokasi perkemahan yang bisa dipilih. Asyiknyalagi,  pengunjung tidak perlu membawa peralatan berkemah sendiri. Karena terdapat tempat penyewaan di sini. Tidak hanya berkemah, ada juga pondok-pondok yang menyatu dengan alam sekitar yang tarif per malamnya masih terjangkau dengan kantong kita.

Jembatan Cinta

Curug Cilember juga dapat dijadikan destinasi yang cocok dikunjungi bersama pasangan. Karena bertebaran kata-kata cinta yang ditemukan di area yang menuju ke arah Curug Tujuh atau Jembatan Cinta. Banyak tama kecil dari bunga warna-warni bertuliskan I Love You I Love You Forever. Dalam bentuk hati atau kupu-kupu yang dapat disewa sebagai bagian dari foto indah bersama orang yang dikasihi.

Dilengkapi dengan fasilitas musholla, toilet hingga di curug teratas, kios makanan, dan bangku-bangku taman untuk melepas lelah. Tdak ada ruginya untuk mengunjungi Curug Cilember. Supaya tetap nyaman dalam perjalanan, sebaiknya menghindari berangkat terlalu siang. Apalagi saat liburan panjang karena lokasi ini berada di sebuah jalur wisata tersibuk di Puncak, Bogor. Bisa jadi Anda akan menemukan diri terjebak kemacetan hingga berkilometer panjangnya.

Tapi perjuangan yang dilakukan untuk mencapai Curug Cilember ini akan terbayar dengan keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan di tempat wisata ini. (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.