Curug Ciismun, Air Terjun Asri dan Indah Kebun Raya Cibodas

Curug Ciismun  – Akhir pekan yang panjang biasanya dihabiskan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari kota domisili. Jika traveler tinggal di Jabodetabek, bisa menjadikan air terjun atau Curug Ciismun sebagai destinasi wisata alam yang mengasyikkan. Berada di kaki Gunung Pangrango, lokasi curug ini berada di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Lokasi Curug Ciismun

Berjarak kurang lebih 23 kilometer dari Cianjur, pengunjung dapat mencapai lokasi kebun Raya Cibodas dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika berangkat dari Bogor, perlu waktu sekitar 1,5 jam tanpa macet, dengan memasuki pertigaan Cibodas atau pertigaan Paregrejen dan lanjutkan perjalanan kurang lebih 15 menit untuk memasuki pintu gerbang Kebun Raya Cibodas.

Untuk pemakai kendaraan umum dari Kota Bogor atau Bandung dapat berhenti di belokan pertigaan Paregrejen, lalu melanjutkan perjalanan menaiki angkot dengan rute Cipanas-Rarahan. Berhenti di pasar Cibodas dekat Balai Taman Nasional Gede-Pangrango. Lanjutkan dengan berjalan kaki menuju pintu masuk utama di timur Kebun Raya Cibodas.

Tarif tiket masuk Curug Ciismun

Sebelum memasuki kebun raya ini, pengunjung diharuskan membayar Rp 6.000,- untuk orang dewasa dan Rp 3.000,- untuk anak-anak. Sedangkan untuk mobil, wajib membayar uang parkir sebesar Rp 15.500,-. Tapi ini masih di luar biaya tiket masuk di pintu gerbang kebun raya sebesar Rp 2.000,- per orang serta Rp 5.000,- untuk mobil.

Biaya yang dibayarkan ini memang masih terjangkau di kantung dan menawarkan banyak hal yang bisa dilihat atau dinikmati. Selain taman-taman dan kolam yang tertata apik, pengunjung wajib menyempatkan melihat keanekaragaman lumut hijau yang tampak sangat menawan. Bahkan Taman Lumut ini diklaim sebagai yang terbesar di dunia, lho!

Atraksi wisata

Selain Taman Lumut, ada juga Taman palem, Taman Rhododenron, Taman kaktus, dan Taman Sakura yang paling banyak diminati pengunjung yang ingin bersantai maupun berswafoto. Jika beruntung, traveller dapat melihatnya bermekaran, membuat suasananya mirip dengan yang ada di Jepang. Puas melihat taman-taman indah ini, yuk lakukan trekking untuk mencapai lokasi air terjun.

Ada tiga air terjun yang ada di kawasan Kebun Raya Cibodas, yaitu Curug Ciismun, Curug Cibogo, dan Curug Ciwalen. Dari ketiga curug ini, Curug Ciwalen mewajibkan pengunjung untuk melalui TNGGP dan mengikuti program canopy trail, sedangkan kedua curug lainnya dapat langsung dikunjungi. Jika Curug Cibogo sangat mudah ditemukan, maka Curug Ciismun menuntut tenaga ekstra untuk mencapai lokasinya. Satu-satunya cara untuk menuju ke sana adalah trekking sejauh dua kilometer melewati jalur berbatu, yang bisa ditempuh kurang lebih selama 30 menit.

Tips berwisata ke Curug Ciismun

Namun perjuangan ini tidak sia-sia. Dihibur oleh pemandangan alam dan udaranya yang sejuk, mata akan segera segar dengan keindahan pesoana air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter ini. Kolam yang ada di bawah air terjun berdiameter 5 meter menjadi favorit para pelancong untuk bermain air. Tidak hanya puas merasakan kesegaran titik-titik air yang mengenai kulit, traveller juga dapat berfoto hingga puas dan menunggahnya di media sosial.

Capek setelah berjalan menyusuri jalur trekking, ini saatnya berisitirahat dan mengembalikan energi, sambil duduk-duduk di bebatuan sekitar air terjun. Pengunjung juga dapat bermain air dan menikmati kesegaran air yang jernih di sungai kecil yang mengalir di antara bebatuan.

Udara segar dan pemandangan alam yang memikat ampuh menenangkan pikiran dan membuat perjalanan ini tidak sia-sia. Isi perut dengan bekal yang sudah dibawa dan nikmati bersama orang-orang terdekat. Tapi jangan lupa untuk membuang sampah di tempat yang sudah disediakan, untuk ikut menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Berada di ketinggian 1275 meter di atas permukaan laut, membuat hawanya terasa cukup menggigit. Tidak ada salahnya memilih pakaian yang cukup tebal atau menggunakan jaket untuk melindungi kulit dari dinginnya udara. Selain itu, gunakan juga alas kaki yang nyaman untuk berjalan kaki. Agar tidak terasa sakit atau lecet saat harus menyusuri jalan setapak berbatu untuk mencapai lokasi curug.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Ciismun ini saat berada di Ciamis. Selamat berlibur! (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *