Curug Cibeureum, Permata Tersembunyi Lereng Gunung Gede Pangrango

Curug Cibeureum  – Kawasan lereng gunung gede pangrango yang begitu sejuk dan menghijau, menyimpan potensi sumber mata air yang begitu besar. Sebagai perlindungan bagi sejumlah satwa dan tempat konservasi alam yang lestari, kawasan gunung gede pangrango juga memiliki banyak wisata berupa curug atau air terjun.

Salah satunya adalah Curug Cibeureum. Curug atau bermakna air terjun dalam bahasa Sunda memang mudah dijumpai di sekitar kota Sukabumi. Kelimpahan sumber mata air bersih ini turut menjadikan potensi wisata Sukabumi kaya akan keanekaragaman hayati.

karakteristik

Curug Cibeureum sendiri berada di sekitar lereng gunung gede pangrango. Sehingga banyak pendaki atau hobi bertualang mampir untuk menyaksikan keindahan air terjun yang satu ini.

Panorama di sekitar air terjun Cibeureum tak perlu ditanya lagi. Aliran air terjun Curug Cibeureum sebenarnya tak terlalu deras dan juga tidak terlalu tinggi. Tetapi, udara sejuk pegunungan serta airnya yang sangat jernih, membuat pengunjung merasa tak segan lagi untuk menceburkan diri ke dalam sungai untuk mandi ataupun bermain air.

Curug Cikundul dan Curug Cidendeng

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, ada beberapa air terjun yang bisa dijumpai di sekitar kawasan ini. selain Curug Cibeureum, masih ada curug cikundul dan curug cidendeng. Dua air terjun ini tak kalah menarik dan menawarkan potensi wisata yang dahsyat.

Hawa sejuk dan segar ketika dihirup pernapasan, membuat penat dan stres musnah seketika.

baca juga: Wisata Sehat di Agro Wisata Gunung Mas

Lokasi antara curug satu dengan yang lain, tidak terlalu jauh. Jika disejajarkan, maka Curug Cibeureum berada di sisi yang paling kiri. Alirannya cukup deras dan pendek.

Sebelahnya ada curug cidendeng, karakteristiknya lebih tinggi dan menjulang. Sementara di sisi paling kanan adalah curug cikundul. Dari ketiganya, curug cikundul yang lokasinya masih tersembunyi dan jarang dikunjungi wisatawan.

Rata – rata ketinggian air terjun ini adalah sekitar 50 – 60 meter. Selain dikunjungi wisatawan lokal, Curug Cibeureum juga kerap dikunjungi wisatawan asing yang sedang singgah ke kota Sukabumi dari Bandung atau Bogor.

Rute transportasi

Keindahan Curug Cibeureum bisa dinikmati dengan leluasa setelah melalui jalur transportasi yang cukup sulit. Maklum saja, lokasi Curug Cibeureum memang masuk ke dalam area konservasi hutan di taman nasional gunung gede pangrango.

Selepas dari areal pelataran parkir atau pintu masuk taman nasional gunung gede pangrango, pengunjung setidaknya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam dengan cara trekking melalui jalur pendakian.

baca juga: Curug Cikaracak, Berlian Tersembunyi Gunung Gede Pangrango

Jalur setapak untuk pendakian ini juga menuju ke gunung gede pangrango, sehingga tak heran apabila di tengah perjalanan, seringkali berpapasan dengan para pendaki yang akan menuju puncak gunung gede pangrango.

Lokasi

Air terjun atau Curug Cibeureum berada di sekitar Pondok Halimun, tepatnya daerah bantaran hulu Sungai Cipelang. Pemandangan ketika melewati areal hutan menuju Curug Cibeureum begitu menawan. Bukit nan hijau terhampar di depan pandangan. Seketika membayar lunas rasa lelah dan penat yang melanda ketika trekking atau berjalan kaki menuju Curug Cibeureum.

Pos istirahat

Selama menapaki jalur pendakian menuju Curug Cibeureum tak perlu khawatir. Karena di beberapa titik sudah disediakan sejumlah pos – pos untuk tempat beristirahat atau membuka bekal. Di pos pertama ini bahkan sudah tersedia sarana fasilitas umum seperti tempat beristirahat, musola kecil, pusat informasi wisatawan serta sarana sanitasi seperti toilet dan kamar mandi.

Dekat dengan Telaga Biru yang sangat cantik, berada pos kedua. Sembari beristirahat di sekitar danau, pengunjung akan disuguhi pemandangan air telaga yang berwarna biru tosca begitu memukau.

Sementara itu, pos ketiga ada di dekat pertigaan yang disebut Panyancangan Kuda. Pertigaan ini juga menawarkan beberapa alternatif tempat wisata yang tak kalah menarik. Jika mengambil lajur kanan, maka pengunjung dapat menuju gunung gede pangrango serta Curug Cibeureum. Sedangkan, jika mengambil lajur kiri, bisa menuju lokasi pemandian air panas, Kandang Badak, atau puncak gunung gede pangrango jalur alternatif.

Siap – siap untuk berkunjung ke Curug Cibeureum saat liburan panjang nanti ya…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *