Cuma Transit Atau Liburan Sehari, Ini 4 Tempat Wisata khas Pulau Bintan yang Bisa Dikunjungi

Pulau Bintan diam – diam mulai mencuri perhatian masyarakat pecinta wisata dengan keindahan pesona Indonesia bagian barat. Bila turis asal Indonesia lebih familiar dengan Pulau Dewata atau destinasi – destinasi ternama lain di Pulau Jawa, sekarang saatnya untuk mengenal lebih dekat kawasan yang elok di Pulau Bintan.

Jangan sampai kalah dengan turis dari negeri Jiran yang sudah menjadi kebiasaan bagi mereka untuk berkunjung ke Pulau Bintan di akhir pekan. Wajar sih, jarak antara Singapura dan Malaysia dari Pulau Bintan tak terlampau jauh. Hanya berjarak tempuh sekitar 1 – 2 jam saja.

Pulau Bintan mempunyai primadona wisata Pantai Lagoi yang dihiasi resort – resort megah dan mewah. Tak ubahnya seperti berwisata ke Karibia, Hawaii atau Maladewa.

Kesan mewah ini juga membuat para turis dari mancanegara merasa betah dan nyaman untuk berlama – lama menghabiskan liburan bersama kerabat.

Selain Pantai Lagoi, masih ada beberapa pusat keramaian seperti tempat kuliner, pusat perbelanjaan dan cafe – cafe atau bar yang semarak untuk menghabiskan malam yang bersemangat.

Nah, bila kamu berkunjung atau punya liburan dadakan singkat ke Pulau Bintan, contek yuk beberapa daftar tempat wisata anti-mainstream yang bisa kamu kunjungi berikut:

Deretan pantai perawan di sekitar Trikora Beach Club and Resort

Bosan dengan hiruk pikuk dan keramaian di pusat kota Bintan, saatnya melipir sejenak ke garis pantai yang masih alami dan asri. Lokasinya ada di sepanjang garis pesisir Trikora. Karena tak bernama dan tidak dikelola secara resmi, belum diberi papan nama ataupun pintu masuk resmi untuk pengunjung.

Lokasi di sekitar Trikora Beach Club and Resort, Desa Teluk Bakau. Tak jauh dari lokasi wisata ini ada sebuah kebun ilalang yang luas untuk mendapatkan suasana damai dan sejenak melupakan masalah.

Uniknya, pantai di lokasi ini masih perawan dan berhias batu – batu besar seperti di pantai Bukit Tinggi, Belitung. Lokasi yang indah ini ideal untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam. Selain itu, cocok juga untuk surfing karena ombak yang cukup tinggi. Berhubung masih belum dikelola secara resmi, maka pengunjung bisa menikmati tempat wisata ini secara gratis alias tidak ada tiket masuk.

Perpustakaan Giovanna Santosa

Masih di sekitar garis pantai, berjarak sekitar 300 meter ada sebuah perpustakaan umum yang dikelola seorang anak SMP. Perpustakaan di dekat pantai Trikora ini merupakan pusat edukasi untuk anak – anak belajar di ruang kreatif dan literasi berisi berbagai jenis buku.

Giovanna Santosa sendiri merupakan warga negara Indonesia, namun ia bertempat tinggal di Singapura dan sekolah di sana. Gio sangat perhatian dengan pendidikan anak – anak di Pulau Bintan, tepatnya di sekitar pemukiman warga dekat Pantai Trikora.

Setiap tahun, Gio mengajak para wisatawan dari negaranya untuk berkunjung ke perpustakaan yang ia bangun dengan konsep seperti galeri seni dan ruang pameran. Sembari liburan, ia juga mengajak anak – anak sekitar untuk bermain atau belajar bersama.

baca juga:

Curug Cibeureum, Permata Tersembunyi Lereng Gunung Gede Pangrango

 

Vihara Patung Seribu Wajah

Sebelumnya vihara ini masih tertutup dan belum banyak orang yang bisa masuk untuk melihat di dalamnya secara leluasa. Namun, tempat ibadah umat Buddha ini sekarang sudah dijadikan tempat wisata yang menakjubkan.

Dari sisi arsitektur ada sekitar 1.000 patung yang berwajah manusia dengan ukiran detail dan unik. Tingginya seukuran manusia dewasa. Bila ingin berkunjung, lokasinya ada di Kota Tanjung Pinang, setelah menempung 15 menit berkendara dari bandara. Tepatnya di Jl. Asia Afrika km 14.

Kampung Suku Laut

Masih di sekitar garis pantai Trikora, keunikan warga setempat bisa dilihat langsung di pemukiman warga Suku Laut atau kampung Suku Laut. Sebagian masyarakat bermata pencaharian sebagai nelayan. Rumah – rumah penduduk yang unik berada tepat di atas permukaan air laut.

Para pengunjung juga diperkenankan untuk membeli ikan segar untuk oleh – oleh sekaligus membantu berkontribusi dalam meningkatkan taraf ekonomi warga lokal.

***

Wah, ternyata liburan singkat ke Pulau Bintan tak selalu tentang wisata belanja atau berkeliling kota. Masih ada banyak permata – permata tersembunyi yang bisa dijelajahi dalam liburan singkat sehari. Pastikan liburanmu ke Pulau Bintan bersama Jari Adventure. Agen travel wisata terpercaya dan profesional untuk liburan yang penuh kesan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *