Cocok Jadi Latar Selfie, 10 Tempat Bersejarah Indonesia yang Penuh Nostalgia

Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal akan budayanya. Bisa dibilang budaya antara satu daerah dengan lainnya pun tidak bisa sama persis. Kekayaan budaya Indonesia inilah yang membuat wisatawan terus berdatangan ke tanah air.

Bukan hanya kaya budaya, Indonesia juga memiliki sejarah yang menarik untuk disimak. Sejarah Indonesia ini pun masih tersimpan dalam berbagai bangunan yang masih berdiri hingga sekarang. Berikut adalah beberapa bangunan bersejarah yang ada di Indonesia;

 

Jam Gadang

Siapa di antara kita yang sudah pernah ke Sumatra Barat? Jangan lupa mampir ke Jam Gadang ya! Jam Gadang adalah bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1926 silam dan masih ramai wisatawan hingga sekarang.

Jam Gadang sendiri merupakan hadiah daari Ratu Belanda saat jaman pemerintahan Hindia Belanda dulu.

 

Jembatan Mahakam

Siapa bilang tidak ada sejarah di balik sebuah jembatan? Jembatan Mahakam punya sejarah yang panjang lho! Jembatan ini sudah menjadi ikon untuk Kota Samarinda dan selalu ramai akan wisatawan.

Keunikan Jembatan Mahakam sendiri ada pada panjang jembatannya, yaitu 710 meter yang membentangi Sungai Mahakam itu ssendiri.

 

Candi Prambanan

Destinasi Candi Prambanan adalah peninggalan berharga sejak jaman Dinasti Sanjaya dn merupakan caandi peninggalan Hindu terbesar di Indonesia.

Candi Prambanan sendiri terdiri dari beberapa candi dan tinggi candi utamanya mencapai 47 meter. Candi yang berlokasi di Klaten ini sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak beberapa tahun lalu.

 

Istana Bogor

Istana Bogot atau yang lebih dikenal dengan istana presiden ini sudah dibangun sejak ratusan tahun lalu, tepatnya sejak tahun 1744.

Awalnya, Istana Bogor adalah bangunan tiga tingkat yang digunakan sebagai rumah peristirahatan namun sempat rusak pada tahun 1834.

Kemudian Istana Bogor kembali dibangun pada tahun 1850 namun sudah tidak bertingkat lagi karena sering gempa. Sejak tahun 1950, Istana Bogor pun ditetapkan menjdi Istana Kepresidenan Indonesia.

 

Fort Rotterdam

Kekuasaan Belanda jaman dulu memang masih terlihat jelas dalam beberapa bangunan di Indonesia, termasuk Fort Rotterdam.

Bangunan bersejarah ini berlokasidi Makasaar yang sudah dibangun sejak tahun 1545.

Benteng bekas peninggalan kerajaan Gowa-Tallo ini sempat menjadi pussat penampungan rempah-rempah di bagian Indonesia Timur saat jaman penjajahan Belanda.

 

Benteng Vredeburg

Yogyakarta bukan hanya dikenal akan kekayaan alamnya saja, namun juga menyimpan sejarah Indonesia yang menarik untuk disimak.

Lokasi Benteng Vredeburg sendiri mudah dijangkau, tepatnya berada di sekitar titik nol Kota Yogyakarta. Benteng Vredeburg merupakan museum yang memiliki empat sudut menara pantau.

Dulunya, Benteng Vredeburg digunakan untuk pusat pertahanan dan pemerintahan saat jaman penjajahan Belanda.

baca juga:

Asyik Buat Kuliner! Makanan Khas Brunei Terbaik yang Wajib Kita Cicipi!

 

Masjid Istiqlal

Tidak heran jika ada bangunan bersejarah di Jakarta mengingat kota ini adalah ibukota Indonesia. Masjid Istiqlal sendiri dikenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara yang pembangunannya sudah dimulai sejak tanggal 24 Agustus 1951 silam.

Kemewahan Masjid Istiqlal tampak jelas dari lantainya yang terbuat dari marmer dan ornamen yang terbuat dari baja anti-karat.

 

Gedung Sate

Bangunan bersejarah berikutnya yang bisa kita kunjungi adalah Gedung Sate, yang berlokasi di Kota Bandung.

Nama Gedung Sate sendiri cukup ikonik karena gedung ini memiliki ornamen unik di puncak menara yang menyerupai tusuk sate.

Desain unik Gedung Sate adalah hasil karya dari Ir. K. Gerber dengan arsitek Dr. Hendrik Petrus Berlage. Gedung Sate sendiri merupakan pusat pemerintahan Jawa Barat yang masih ramai dikunjungi sampai sekarang.

 

Lawang Sewu

Banyak orang yang beranggapan jika Lawang Sewu adalah bangunan yang menyeramkan alias banyak penunggunya.

Tentunya hal ini tidak terlepas dari usia Lawang Sewu yang sudah tua, tepatnya sudah berdiri tahun 1907 silam.

Gedung Lawang Sewu sendiri dulunya berfungsi sebagai kantor pemerintahan dan sekarang menjadi salah satu ikon legendaris ibukota Jawa Tengah ini.

 

Gereja Katredal

Satu lagi bangunan bersejarah yang tidak boleh kita lupakan dalah Gereja Katedral yang berloksi di jakarta. Gereja yang sudah dibangun sejak maaa Paus Pius VII ini sudah menjadi cagar budaya di Jakaarta.

Gereja Katedral sendiri merupakan saksi biksu tentang penyebaran agama Katolik di Indonesia.

Menarik kan bangunan bersejarah di Indonesia yang disebutkan barusan? Sudah tidak bingung lagi kaan mau pergi ke mana ketika liburan tiba? Yuk segera rencanakan perjalananmu dan berkunjung ke bangunan bersejarah ini!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.