Cocok di Lidah Wisatawan! 10 Masakan Asli Jerman yang Mendunia

Sebagai salah satu negara penghasil rempah yang melimpah, Jerman memiliki kuliner khas yang sangat nikmat. Setiap kuliner dari Jerman memang memiliki citarasa yang unik dan khas serta sangat kuat.

Wisatawan yang berkunjung ke Jerman tentu tidak akan melewatkan wisata kulinernya. Apalagi kuliner Jerman rata-rata cocok di segala jenis lidah dan kebanyakan sudah mendunia.

Jerman adalah salah satu negara bagian di Eropa Barat yang sering dikunjungi wisatawan. Siapa sih yang tidak ingin menginjakkan kaki di Jerman.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengeksplore beberapa wisata kuliner yang akan kita bahas berikut ini :

1. Schnitzel

Kuliner pertama yang wajib Anda coba adalah Schnitzel. Rata-rata masyarakat Berlin menyukai masakan ini.

Schnitzel merupakan daging yang sudah direndam air jeruk lalu digoreng dengan tepung roti. Rasanya akan semakin mantap ketika ditambah dengan saus krim serta jamur. Sudah terbayang kan rasanya?

2. Spätzle

Spätzle merupakan olahan pasta tradisional dari masyarakat Baden-Württemberg dengan telur, tepung, soda kue dan garam.

Masakan ini disajikan dengan sayuran serta potongan daging yang sudah diolah di sampingnya. Semakin nikmat bila ditambah dengan keju dan topping favorit Anda di atasnya.

3. Bratwurst

Pasti Anda sudah pernah mendengar kuliner yang satu ini. Bentuknya memang mirip dengan sosis, namun dengan ukuran yang sedikit berbeda.

Kuliner ini terbuat dari daging sapi atau babi. Bratwurst merupakan kuliner khas dari Nürnberg bahkan menjadi favorit orang-orang ketika sedang menggelar pesta barbeque. Bisa Anda coba sebagai menu pesta Anda selanjutnya.

4. Maultaschen

Ketika berkunjung ke kota Zum Hasenwirt, maka jangan lewatkan kuliner ikoniknya yaitu Maultaschen. Makanan ini berbentuk persegi yang terbuat dari kulit pasta dan isian daging cincang, bayam, asinan kubis.

Semua itu diberi bumbu lada, pala, peterseli, dan rempah-rempah lainnya. Dari bahan dan penampakannya, kuliner ini bisa dibilang mirip dengan martabak Indonesia.

5. Bratkartoffeln

Orang Indonesia sering menyebutkan “belum makan namanya kalau belum makan nasi”, maka berbeda dengan Jerman yang menganggap makan kurang lengkap tanpa bratkartoffeln.

Masakan ini ternyata cukup sederhana. Kentang yang sudah diiris kecil digoreng menggunakan minyak sayur lalu diberi tambahan garam, bawang bombai, serta merica secukupnya. Membayangkannya saja sudah bisa membuat air liur keluar, ya!

baca juga:

Bak Negeri Khayangan, Pemandian Seputih Kapas di Turki Ini Menghipnotis

 

6. Flammkuchen

Ingin mencoba pizzanya Jerman? Maka pilihlah Flammkuchen. Dari bentuknya memang mirip dengan pizza Italia. Perbedaannya terletak pada adonan rotinya yang lebih tipis dari pizza Italia.

Rasanya? Tidak usah diragukan lagi. Anda wajib untuk mencobanya.

7. Schweinsbraten

Pergi ke Jerman kurang lengkap jika belum menginjakkan kaki ke Munich. Nah, Munich memiliki kuliner khas yang tidak boleh dilewatkan.

Schweinsbraten adalah daging panggang dengan campuran acar, pangsit, serta kubis panggang. Rasanya benar-benar nikmat akan perpaduan sayuran serta daging panggangnya.

8. Gulasch

Tidak jauh berbeda dari Namanya, Gulasch bisa disebut dengan gulai jika di Indonesia. Kuliner ini memang mirip dengan gulai.

Daging yang dimasak dengan bumbu rempah ini sangat lembut dan gurih. Biasanya, masyarakat Jerman akan menambahkan anggur merah pada daging agar daging menjadi lebih kenyal. Rasanya akan semakin nikmat ketika disajikan Bersama pasta.

9. Königsberger klopse

Kuliner yang satu ini sudah ada sejak seratus tahun yang lalu, tepatnya di kota Königsberg yang sekarang menjadi Kaliningrad.

Königsberger klopse adalah bakso daging sapi dengan tambahan saus krim, merica, bawang, telur, serta jus lemon. Kuliner ini disajikan dengan tambahan kentang

10.  Rote grütze

Bagi pecinta pudding, Anda wajib mencoba kuliner yang satu ini. Rote grütze adalah pudding khas asal kota Schleswig-Holstein yang ada di bagian utara Jerman.

Pudding ini sedikit berbeda karena berasal dari tepung jagung, kismis merah dan hitam, ceria tau raspberry yang telah dihaluskan dan dicampur menjadi satu. Semua itu kemudian dikukus. Kuliner ini disajikan dengan tambahan krim, es krim, serta saus vanilli.

Itulah beberapa kuliner khas Jerman yang wajib Anda coba. Citarasanya memang sedikit berbeda dengan masakan Indonesia, namun tetap sangat nikmat dan unik. Siap mengeksplore kuliner khas Jerman seperti di atas?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.