Citamiang, Wisata Alami Air Terjun di Puncak, Bogor

Citamiang – Butuh lokasi alternatif saat liburan ke Puncak? Seperti yang diketahui berbagai kalangan, kawasan puncak akan diserbu wisatawan dari daerah Jakarta ketika hari libur, terutama hari libur lebaran.

Beragam jenis tempat wisata akan dipenuhi oleh membludaknya jumlah pengunjung. Oleh karena itu, mengetahui beberapa tempat wisata alternatif di kawasan puncak, tentu akan memberikan Anda beberapa referensi destinasi alternatif yang bisa dikunjungi. Salah satu obyek wisata menarik yang ada di kawasan puncak, Bogor adalah Citamiang.

Lokasi

Berada di kawasan yang lebih lengang dan jauh dari pusat keramaian kota, menambah keuntungan karena tak perlu berdesak – desakan dengan pengunjung lain seperti di obyek wisata yang sudah terkenal seperti taman safari puncak, taman wisata matahari atau kota bunga.

Nah, datang saja ke Kampung pondok rawa tepatnya di desa tugu utara, kec. cisarua, bogor. Memang kawasan puncak seolah menjelma menjadi tempat wisata yang sengaja dirancang menarik banyak turis. Hampir setiap 500 meter di kawasan puncak, bisa dijumpai obyek wisata.

Bahkan, destinasi ini sendiri lokasinya hanya sekitar 400 – 500 meter dari pintu masuk utama wisata gunung mas.

Atraksi wisata Citamiang

Pengunjung yang tak mau lokasi terlalu ramai atau padat, memilih Citamiang memang sangat tepat. Di areal air terjun , suasananya sangat asri dan indah. Pengunjung bisa menyaksikan keindahan hutan pinus dengan pohon – pohon pinus yang menjulang tinggi dan sesekali terdengar suara burung – burung yang saling bersahut – sahutan.

Deru aliran air terjun Citamiang semakin terdengar, ketika mendekati kawasan yang dikelilingi dengan perkebunan teh terhampar sejauh mata memandang. Tak heran karena keindahannya ini, banyak wisatawan yang menginap dengan cara berkemah ataupun melakukan kegiatan outbond.

Belajar sambil bermain

Menggandeng beberapa instansi terkait seperti Perhutani Bogor dan lembaga masyarakat, Citamiang sering menjadi tuan rumah kegiatan anak – anak atau perusahaan yang ingin melakukan outbond. Bermain aneka permainan seru dan menguji solidaritas kemudian belajar banyak hal tentang tanaman teh, lingkungan alam, trekking ke hutan serta jalan – jalan di sekitar kebun teh.

baca juga: Wisata Sehat di Agro Wisata Gunung Mas

Jam operasional

Keindahan alam Citamiang yang dihiasi perkebunan teh, menjadikan wisatawan tak segan lagi untuk berkemah dan menghabiskan waktu liburan di sini. Didukung pihak perhutani bogor, Citamiang sangat sesuai untuk keluarga atau perusahaan yang ingin melakukan outbond atau camping bersama.

Susana alam segar dan alam terbuka, menunjang berbagai aktivitas outbond seperti trekking ke hutan, tea walk, camping, atau belajar botani dan ekologi.

Untuk pemesanan tempat atau reservasi, sebaiknya menghubungi langsung pihak Citamiang yang beroperasi mulai jam 06.00 hingga 20.00.

Tips wisata ke Citamiang

  1. Mengingat dinginnya suhu pegunungan yang cukup ekstrim di malam hari hingga 17 derajat celcius. Sediakan pakaian hangat seperti jaket, syal, kaos kaki, sarung tangan dan topi sweater atau kupluk.

 

  1. Bagi yang akan berkemah atau camping dengan peralatan tenda yang dibawa sendiri, pihak manajemen tidak akan mengenakan biaya apa pun. Sementara itu, untuk tiket masuk per hari ke perkemahan bujet kisaran Rp 3 ribu.

 

  1. Panorama hutan pinus yang asri, juga sangat cocok dijadikan latar belakang foto prewedding atau berselfie di sekitar hamparan kebun teh.

 

  1. Kegiatan jalan – jalan sekitar hutan atau trekking lebih menyenangkan dilakukan saat pagi hari atau setelah subuh. Udara yang masih segar dan penuh oksigen, sangat nyaman dan menyehatkan pernapasan.

 

  1. Lokasi alternatif ke Citamiang yang bisa dikunjungi dan masih tidak jauh dari lokasi adalah taman safari puncak, taman wisata matahari, wisata gunung emas, paralayang bukit puncak pass.

 

Nah, selagi masih ada waktu yang jauh dari hari H liburan, segera lakukan persiapan yang matang. Anda bisa menghubungi pihak citamiang atau datang langsung untuk survey lokasi. Alamatnya berada di jalan Raya Puncak Cianjur, kota Bogor atau sekitar 200 – 300 meter dari pintu masuk taman wisata agro gunung mas ketika berada di jalur Jakarta – puncak. Selamat menikmati liburan Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.