Cibaduyut, Surga Tas dan Sepatu Berkualitas Andalan Bandung

Tidak perlu jauh-jauh jika ingin membeli produk fashion berkualitas karya anak negeri, salah satunya adalah kerajinan lokal orang-orang Bandung. Tidak hanya terbatas pada kaos dan celana, tapi ada juga aneka sepatu dan tas yang bisa didapatkan di Cibaduyut. Surga bagi para shopper ini terletak di sebelah selatan Kota Bandung, yang diresmikan pada tahun 1989 oleh Presiden Soeharto.

Tidak sulit mencari kawasan wisata belanja yang satu ini. Selain ditandai dengan jejeran toko sepatu dan tas, terdapat tugu sepatu laki-laki dan perempuan yang berdiri kokoh sebagai pintu gerbangnya. Di sini, Anda bisa menemukan berbagai model sepatu up to date dan handmade, sehingga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan berbagai jenis sepatu produksi luar negeri. Tidak heran jika hasil produksi pengrajin sepatu di sini telah diekspor ke 27 negara, termasuk Amerika Serikat.

Keistimewaan Cibaduyut yang tidak dijumpai di tempat lain adalah para pengunjung dapat memesan model sepatunya sendiri, sehingga lebih nyaman dan menjadikan gaya berbusananya lebih personal. Untuk masalah harga, produk sepatu keluaran Cibaduyut ini termasuk relatif murah ketimbang daerah lain dengan kualitas yang sama. Ada banyak toko sepatu yang menawarkan sepatu dengan harga yang murah hingga mahal, tergantung pada kualitas, jenis, dan model sepatu. Anda tinggal menyesuaikan dengan anggaran belanja dan keberanian untuk menawar harga.

Kepopuleran Cibaduyut sebagai sentra produksi tas dan sepatu tidak lepas dari usaha pemerintah daerah dan pusat, yang bekerjasama dengan para pengusaha dalam mengenalkan nama kawasan ini. Dukungan yang didapat, seperti memberikan pelatihan dan melakukan promosi, cukup membuat Cibaduyut terkenal hingga ke luar negeri.

Salah satu bukti fenomenal dukungan pemerintah adalah pada saat Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memesan dan menggunakan sepatu, yang diproduksi di Cibaduyut. Bahkan Bapak Jusuf Kalla tidak segan-segan memperkenalkan sebuah produk sepatu dengan merk yang diambil dari namanya sendiri, yaitu JK Collection.

Walau dikenal sebagai toko sepatu terpanjang di Asia, ada banyak produk lain yang dijajakan di Cibaduyut. Ada tas, dompet, ikat pinggang, dan aksesoris lainnya yang kebanyakan berbahan kulit. Bahkan label produk fashion yang cukup terkenal, Sophie Martin, memesan barang-barangnya ke pengrajin tas dan sepatu yang ada di kawasan Cibaduyut. Capek berbelanja? Istirahatkan kaki dan isi perut di tempat makan yang banyak ada di area tersebut, yang menawarkan aneka menu makanan kas Bandung. Oleh-oleh seperti keripik dan snack khas lainnya juga bisa dibeli dari beberapa toko yang menjajakan aneka buah tangan asli Bandung.

Lengkapnya produk fashion yang dijajakan membuat Cibaduyut selalu ramai dengan wisatawan lokal dan mancanegara. Jadi tidak heran jika setiap hari kawasan ini terlihat selalu ramai dan macet. Namun akan mencapai puncaknya pada akhir pekan dan hari libur. Oleh karena itu jika ingin berbelanja dengan bebas dan nyaman, lebih baik kunjungi kawasan wisata ini pada hari-hari biasa dan pagi hari. Kawasan ini buka mulai jam 8 pagi hingga jam 10 malam.

Nah tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata belanja Cibaduyut? Jangan khawatir lokasinya relatif mudah dijangkau kok, baik dengan mobil pribadi atau angkutan umum. Jika menggunakan mobil pribadi yang menggunakan jalan tol Cipularang, ambil pintu Tol Kopo, langsung belok kiri menuju jalan bypass. Dari sini ambil arah kanan dan lanjutkan perjalanan sampai ke perempatan lampu merah di dekat tugu sepatu. Cukup belok kanan dan Anda sudah masuk ke kawasan Cibaduyut. Silakan memarkirkan kendaraaan di area yang sudah ditentukan dan berjalan kaki sambil menyusuri aneka toko dengan santai.

Sedangkan jika ingin menggunakan angkot, Anda tidak akan menemukan banyak kesulitan karena hanya berjarak 30 kilometer sebelah selatan kota Bandung, atau menempuh 45 menit apabila kondisi jalan dalam keadaan lancar. Buat yang ingin menggunakan angkot atau bis, jika sudah melihat patung sepatu yang ada di perempatan jalan, Anda dapat berhenti di terminal bus Leuwih Panjang dan teruskan perjalanan dengan berjalan kaki.

Tunggu apalagi, rencanakan datang ke Cibaduyut saat mengunjungi Bandung ya. (jari adventure-det-image : bandungtourism.com))

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *