Cara Menuju Tondano dengan Backpacker, Ada Mural Kuno di Batu Tulis

Kota Tondano ini terletak di provinsi Sulawesi Utara yang merupakan Ibu kota dari Kabupaten Mwisainahasa yang bisa menjadi pilihan berlibur kamu.

Tondano ini merupakan permata tersembunyi di Indonesia. Mungkin belum banyak yang mengetahui wisata Tondano dengan berbagai keindahan yang tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Memang kawasan wisata Tondano diapit oleh beberapa gunung dan menawarkan pemandangan khas pegunungan yang asri dan apik, berbeda dengan Bunaken yang menawarkan wisata pantai.

 

Dan berikut ini beberapa wisata yang bisa kamu nikmati di Tondano :

 

Melihat monumen bersejarah kota

kumparan

Berada di pusat kota Tondano, benteng ini menjadi tempat pertahanan warga Minahasa melawan kolonial Belanda yaitu Benteng Moraya.

Disini kamu bisa mempelajari sejarah dari suku Minahasa melalui relief yang terukir pada bagian luar monumen.

Ditambah lagi, kamu bisa menikmati pemandangan kota Tondano lengkap dengan danaunya dari kejauhan saat menaiki puncak dari Benteng Moraya ini.

Jadi tak heran kalau banyak warga lokal melakukan swafoto di tempat ini.

 

Wisata ikonis kota : Danau Tondano

histori

Destinasi andalan dari Kota Tondano adalah dengan mengunjungi Danau Tondano. Ibaratnya Jogjakarta tak lengkap bila tidak ke Malioboro.

Kamu akan disambut dengan udara yang sejuk ketika memasuki wilayah danau Tondano karena danau ini diapit oleh empat gunung yaitu Gunung Kaweng, Gunung Lembean, Gunung Masarang dan Bukit Tampusu.

 

Danau ini memiliki luas 4.278 hektar yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan di tengah danau ada pulau Likri yang mana kalau dilihat dari kejauhan terlihat seperti rerumputan yang mengapung di atas danau.

Untuk menikmati pemandangan terindah dari Danau Tondano ini, cobalah untuk datang ke Tree House Puncak Urongo.

Dari sini kamu akan mendapatkan pemandangan danau Tondano dari atas. Selain itu kamu bisa berkunjung di Sumaru Endo,tempat pemandian air panas yang tersedia tepat di bibir danau.

 

Selain itu kamu bisa ke Sumaru Endo, tempat pemandian air panas yang berada tepat di bibir danau. Nah kalau kamu pergi bersama keluarga, pastikan juga kamu mengunjungi Ketama Adventure Park.

Lokasinya tak jauh dari danau untuk melakukan berbagai aktivitas seru yang disuguhi pemandangan danau yang cantik.

Kegiatan menarik lainnya saat kamu berkunjung di Tondano adalah memancing dan menikmati pemandangan yang indah dengan ragam jenis ikan air tawar.

 

Mampir ke desa Pulutan penghasil keramik

celebes

Kamu ingin memberi buah tangan untuk keluarga, teman ataupun kerabat terdekat berarti kamu harus mampir ke Desa Pulutan. Berada di selatan pusat kota Tondano yang sebagian besar warga desa berprofesi sebagai pengrajin keramik.

Mulai dari pot bunga, vas, wadah hingga pajangan yang dijual dengan harga antara ratusan ribu hingga jutaan tergantung motif dan bentuk keramik yang kamu inginkan.

 

Cara menuju ke Tondano

tstatic

Wisata Tondano di Minahasa ini berada di luar Manado. Jadi, kamu bisa memulai dulu perjalananmu ke Manado dengan pesawat atau bus antar kota.

Kemudian, setibanya di Manado, kamu bisa naik kendaraan umum atau sewa mobil. Perjalanan dari Manado ke Tondano sekitar 1 jam 16 menit dengan rute jalan raya Manado – Tomohon.

Untuk jalur alternatif melalui Desa Koka, Kembes, Rumengkor dan Suluan, bisa kamu jadikan pilihan jalur untuk menikmati perjalanan.

Kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam pedesaan yang masih asri serta menyegarkan.

 

Air Terjun Kandera

Air terjun ini terletak berada di lokasi di Desa Touliang, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa ini terbilang unik karena memiliki ketinggian yang mencapai kurang lebih 75 meter.

Selain itu kamu akan menemukan bekas telapak kaki raksasa yang konon katanya merupakan jejak kaki seorang raksasa yang bernama “Kombangen”.

 

Air Terjun Palamba

Berada di Desa Palamba, Kecamatan Langowan Selatan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara ini memang tidak terlalu begitu tinggi hanya sekitar 10 meter dan lebar 3 meter.

Namun jangan salah air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang cukup indah untuk memanjakan mata kamu.

 

Batu Tertulis

Ilustrasi Batu Bertulis Kali

Salah satu wisata yang layak kamu kunjungi adalah Batu Tulis. Sebuah situs sejarah berupa lukisan kuno yang ada pada dinding Desa Kali, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.

Lokasinya pun berada di tengah-tengah perkebunan milik warga setempat dengan ketinggian sekitar 313 mdpl dan kemiringan cukup terjal sekitar 33 derajat.

Pada lukisan dinding batu ini kamu akan menemukan beberapa lukisan kuno berbentuk hewan seperti ular, tanaman-tanaman seperti pakis dan manusia.

Lukisan pada batu pun memiliki 3 buah lukisan sekitar 4,5 meter dengan tinggi sekitar 3 meter.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.