Candi Agung Amuntai di Paliwara, Hulu Sungai Utara, Kalsel

Candi Agung Amuntai – Bila anda datang ke Kalimantan Selatan, jangan lupa berkunjung ke sebuah situs bersejarah yang ada sejak jaman purbakala, yakni Candi Agung. Lokasi candi ini terletak di Kota Amuntai, Ibukota Kabupaten Hulu Sungai Utara. Untuk anda yang suka berpelancong, tak ada mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

Lokasi Candi Agung Amuntai dan Rute Perjalanan             

                Candi Agung letaknya sekitar 1 kilometer dari pusat Kota Amuntai. Perjalanan dimulai dari perbatasan Kota Barabai lalu terus menuju Kota Amuntai. Setibanya di Kota Amuntai, terus lurus melewati Jembatan Paliwara da nmenuju Jl. Empu Jatmika dan mengarah ke kiri memasuki Jl. Batung Batulis. Nah, di sebelah kiri dapat terlihat pintu masuk situs candi agung. Untuk tiket masuk anda hanya dikenakan Rp 3.000 rupiah per orangnya dan parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 rupiah saja. Cukup terjangkau, bukan?

Baca juga: Berpetualang ke Pantan Terong Dataran Tinggi Gayo

Yang Ditawarkan Tempat Wisata Ini

                Candi Agung yang diperkiran ada sejak 740 tahun lalu ini, terletak di kawasan Gunung Candi. Area yang kini menjadi tujuan wisata tersebut, juga dianggap sakral oleh masyarakat sekitar, pasalnya ada beberapa tempat suci di dalamnya. Selain Candi Agung, di kawasan ini juga terdapat museum, telaga darah empu mandastana, tiang mahligau putri jungjung buih, situs tiang Gapura, bahkan tempat pertapaan Pangeran Suryanata. Bahan material didominasi oleh batu dan kayu. Tak seperti bangunan candi kebanyakan, Candi Agung memiliki bentuk yang unik yakni berbentuk datar persegi panjang seperti pekuburan kuno.

Tips Bagi Pengunjung

1. Datang dengan niat yang baik

Biasanya pengunjung yang datang berniat untuk melakukan ziarah atau ada yang sekedar melihat-lihat. Ada juga yang melakukan ritual seperti mandi di Sumur Tiang Sembilan yang masih terletak di sekitaran Candi Agung, atau ada yang ingin mencari berkah untuk kepentingan pribadi.

2. Fasilitas pengunjung

Bagi para pengunjung, di kawasan Gunung Candi juga disediakan beberapa fasilitas seperti stan penjualan, mushulla dan kamar mandi. Selain berwisata, anda juga bisa belajar sejarah sembari menikmati keindahan kawasan Candi Agung ini.

3. Menjaga kelestarian lingkungan

Pengunjung sebaiknya turut menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan obyek wisata. Bila datang, usahakan tidak membuang sampah kemasan botol air minum atau makanan ringan sembarangan. Tetapi, membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Bila tidak terdapat tempat sampah, sebaiknya kantongi lagi sementara waktu untuk dibuang di tempat sampah setelah keluar area obyek destinasi wisata Candi Agung Amuntai.

4. Pergi membawa rombongan

Kawasan obyek wisata yang membutuhkan banyak sarana transportasi seperti menyewa perahu atau mobil karena lokasinya masih terpelosok. Bisa disiasati dengan membawa rombongan berjumlah lebih dari 10 orang. Semakin banyak orang yang berpartisipasi maka biaya bisa digotong bersama – sama. Jadi semisal menyewa perahu bertarif satu juta rupiah. Maka dengan patungan sebanyak 10 orang, setiap orang hanya perlu mengeluarkan dana dari kocek sebesar Rp 100 ribu rupiah saja. Lebih hemat, kan?

5. Cari pemandu atau mencari informasi lokal

Berkunjung ke situs – situs cagar budaya seperti Candi Agung Amuntai di Paliwara, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Belum lengkap tanpa info sejarah di balik pembangunan candi, siapa yang membangun, serta kisah – kisah menarik yang melatar belakangi pembangunan candi. Lebih baik lagi jika menggunakan jasa pemandu wisata lokal ataupun agen tour and travel berpengalaman. Sehingga saat menikmati keindahan arsitektur candi, para pengunjung juga banyak kesempatan dan wawasan baru tentang sejarah dan kisah masa lampau yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya.

6. Spot foto

Memasuki areal candi, biasanya para pengunjung akan disuguhi dengan panorama memukau dan lingkungan yang mendukung untuk berfoto – foto. Sarana yang paling tepat untuk berfoto adalah di depan papan nama candi jika memungkinkan atau berada di spot candi secara langsung. Lebih baik lagi jika membawa serta rombongan selama berlibur. Jadi isi dokumentasi foto tak hanya berupa foto – foto selfie yang diambil dari tangan sendiri. Tetapi, setidaknya ada sejumlah foto – foto lainnya yang berpanorama mengesankan.

Mari berlibur ke Candi Agung Amuntai bersama jari adventure, kami siap melayani perjalanan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.