Terpukau Bukit Mondoleko, Bukit Tercantik di Banyuwangi

Bagi Anda yang sedang dan ingin berkunjung ke Kawah Ijen di Banyuwangi, jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu bukit paling cantik dan indah di Banyuwangi.

Bukit ini bernama Bukit Mondoleko. Di bukit ini, Anda akan mendapatkan sensasi luar biasa yang pasti tidak akan didapatkan di daerah perkotaan.

Udara sejuknya sangat menyegarkan tubuh, apalagi jika Anda datang saat pagi hari. Datang ke bukit ini memang sangat cocok untuk menghilangkan stress, penat, dan lelah setelah setiap hari bekerja dan bekerja.

Lokasi dari Bukit Mondoleko adalah di Desa Sragi, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Orang Banyuwangi pasti tahu jika wilayang Kecamatan Songgon ini selalu memiliki berbagai wisata alam yang sangat indah.

Mulai dari air terjun lider, telunjuk raung, temcor, bahkan wisata hutan pinus. Hutan pinus ini ternyata bisa dijadikan tempat bagis wisatawan yang ingin melakukan rafting di sungai.

Tak hanya itu, dengan mengunjungi Bukit Mondoleko, Anda juga bisa menikmati wisata hutan pinus, lho! Di bukit ini, Anda akan mendapatkan keindahan panorama 5 gunung yang mengelilingi wilayah Blambangan, Bayuwangi.

Rute transportasi

pariwisatabanyuwangi.com

 

Rute menuju bukit Mondoleko ini tergolong cukup mudah. Anda cukup mengikuti rute menuju arah wisata Hutan Pinus Songgon, Air Terjun Temcor-Telunjuk Raung.

Jika dari kota Banyuwangi, Anda bisa mengambil jalan ke Rogojampi hingga perempatan Kantor Pos lalu pilih jalur kanan menuju Songgon.

Anda cukup terus mengikuti jalan tersebut hingga melewati Pasar Sronggon dan menemukan papan penunjuk ke Sragi.

Ambil kiri hingga sampai di sebuah lapangan bola dengan sebuah penunjuk arah ke bukit Mondoleko. Cukup ikuti saja jalan itu hingga sampai ke tempat tujuan yaitu kawasan wisata bukit Mondoleko.

Untuk mencapai puncak bukit, Anda harus berjalan kaki dengan waktu sekitar 10 menit saja. Anda tidak perlu kahwatir akan melewati jalan yang curam dan menakutkan.

Tracking berpanorama indah

ngadem.com

Tracking menuju bukit ini ternyata cukup mudah, bahkan menyenangkan saat dilalui bersama kerabat. Anda akan melewati kawasan persawahan, meyebrangi sungai, serta melewati hutan pinus yang sangat indah.

Bahkan, belum sampai di puncak saja, Anda pasti akan menemukan berbagai spot foto yang epic.

Salah satunya adalah sebuah rumah pohon di atas pohon randu / kapuk. Ada juga sebuah Goa yang dulunya adalah lokasi para pejuang bersembunyi saat melawan Jepang dan Belanda.

Namun, Anda dan pengunjung lainnya tidak bisa masuk ke dalam Goa ini karena takut terjadi hal yang tidak diinginkan.

Tenang saja, di luar goa sudah diberi pagar agar pengunjung tidak masuk ke dalamnya. Dari yang diceritakan oleh pengelola wisata, Goa ini ternyata ada persis di bawah puncak bukit Mondoleko.

Bentuknya berupa sebuah ruangan besar dengan lorong-lorong kecil. Lorong tersebut diklaim terhubung ke Pantai Grajagan.

Terdapat gardu pandang

explorewisata.com

Saat sampai di puncak bukit, rasa lelah Anda saat perjalanan akan hilang dan sirna seketika setelah melihat keindahan panoramanya.

Di puncak bukit ini terdapat sebuah gardu pandang dengan bentuk dermaga. Spot ini agak menjorok ke arah jurang agar dapat melihat pesona keindahan 5 gunung yang mengelilingi Blambangan, Banyuwangi.

Gunung-gunung indah ini bernama Raung, Suket, Kendil, Meranti, serta Merapi. Namun, Anda tidak bisa melihat keindahan kawah ijen dari dermaga ini karena kawah tersebut diapit oleh Gunung Merapi dan Meranti.

Baca juga:

7 Spot Selfie Andalan di Gunung Semeru Favorit Para Pendaki

 

Keindahan Sang Pencipta tidak ada duanya

Selain dermaga pandang, Anda juga dapat menikmat fasilitas lainnya seperti wahana shelter, bangku-bangku dari batang pohon, hammock, serta ayunan warna warni.

Jika lapar menyerang, tak perlu khawatir karena di sekitar wahana terdapat penjual-penjual makanan dan minuman sehingga Anda dapat menikmati panorama sambil jajan.

Di puncak bukit ini, terdapat sebuah pohon beringin yang terlihat condong miring ke kanan. Di sekitarnya terdapat pagar dan sebuah kuburan seseorang yang dulunya merupakan orang yang membuka kawasan ini.

Ada banyak fasilitas lainnya yang dapat Anda coba di puncak bukit Mondoleko. Di sini, Anda juga dapat menikmati keindahan burung-burung yang berterbangan. Kicauan burung yang merdu seakan menjadi music tersendiri di kawasan ini.

***

Pastikan Anda menggunakan jasa agen travel wisata, Jari Adventure untuk mengunjungi bukit Mondoleko saat berkunjung ke Banyuwangi, ya!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.