Ketika Senyum Mengembang Di Bukit Senyum

Bukit SenyumSiapakah yang tidak mengenal pulau Batam, sejak kecil waktu  kita disekolah dasar  dikenalkan pada pulau batam sebagai pulau dengan otoritas industri dan perdagangan.  Dengan predikat sebagai pulau industri itu,   maka pikiran kita dipenuhi bayangan tentang pulau Batam dengan bangunan pabrik plus cerobong asap tinggi menghebuskan polusi ke langit, atau mungkin jalan raya yang penuh dengan hiruk pikuk kemacetan.

Nah bagi yang belum pernah ke Pulau Batam sebenarnya ada sisi keindahan pada pulau industri tersebut,  sisi yang bisa dikembangkan dan dijual sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. Topografi pulau Batam yang  memiliki beberapa bukit bisa menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun wisatawan manca negara.

Salah satu bukit  yang berada di ibukota propinsi Kepri itu  adalah Bukit Senyum. Sebenarnya namanya itu bukit Seraya Atas tetapi entah kenapa bukit  itu disebut juga Bukit Senyum.

Wisata kuliner di Bukit Senyum

Berwisata di Bukit Senyum bisa dilakukan di pagi hari atau malam hari.  Jangan kawatir tentang tempat kuliner , disana kalian dapat menikmati kuliner  di The Peak Pujasera, Makan lezatnya Tahu Sumedang, kongkow di Sofonta Cafe ataupun nikmatnya masakan Padang di Rumah Makan Padang Pusako Makan.

Lokasi Bukit Senyum berada di Tanjung Uncang, Batu Aji , Kota Batam . Jika perjalanan kita mulai dari Bandara International Hang Nadim akan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai di Bukit Senyum . Kalian boleh memcoba membuka Google Map, bukit itu berada tepat dipinggir Jalan Brigjen Katamso, tempat yang mudah dicari jika kita berkendara dan layak untuk disinggahi.

Memandang Laut dari Bukit Senyum

Mendaki di Bukit Senyum pada pagi atau siang hari  akan tersaji pemandangan yang luar biasa , menyaksikan menggeliatnya aktifitas rutin masyarakat Batam, terutama daerah lubuk baja.

Jika kita arahkan pandangan ke laut , aktifitas lalu lintas kapal kapal menjadi sesuatu yang unik untuk dinikmati. Memang Pulau Batam ini adalah pulau terluar dari Indonesia yang dibatasi oleh laut dengan Negara Singapura. Kapal kapal besar itu lalu lalang dari pelabuhan Batam menuju pelabuhan Singapura demikian juga sebaliknya dari Singapura ke Pelabuhan Batam. Aktifitas ini berlangsung sehari hari tiada henti, demikian seterusnya selama hubungan dagang kedua negara jerlain baik baik saja. Sesekali burung camar melintas diantara kapal kapal itu, menjadi pemanis wajib yang dapat dinikmati  pada pemandangan laut.

Malam Hari di Bukit Senyum

Pada malam hari sangat tepat untuk datang ke Bukit Senyum, gemerlap kota Batam dengan lampu warna warni menghiasi kota Industri ini menjadi semakin cantik jika cuaca cerah. Dari atas Bukit Senyum kita dapat menikmati indahnya bintang bintang dilangit, berkelip seperti taburan berlian .

Bagi kamu karyawan atau ekskutif sangat tepat rasanya untuk datang ke Bukit Senyum setelah lelah bekerja seharian, pikiran akan tenang kembali setelah menikmati keindahan alam dari ketinggian 200 meter dari permukaan laut di salah satu bukit yang berada pulau Batam itu.

Dari Bukit Senyum ini kita dapat ‘menyapa’ negara tetangga dengan mata telanjang tanpa perlu menggunakan teropong. Sangat jelas terlihat gedung gedung tinggi menjulang penuh warna lampu. Menjadikan pengalaman yang berbeda saat menyaksikan tetangga kita yang konon memiliki pendapatan perkapita tertinggi di Asia Tenggara itu. Sesekali mata kita di kejauhan sana dimanjakan dengan  pemandangan pesawat terbang yang  mengudara maupun landing dari Bandara Changi Singapura.

Baca Juga:

Asri dan Alaminya Obyek Wisata Air Terjun Resun di Lingga, Kep. Riau

Pergantian tahun menjadi pemandangan yang fenomenal di Bukit Senyum. Biasanya banyak pengunjung sedari sore sudah mulai berdatangan. Mereka ingin menjadi saksi betapa  gempitanya masyarakat Batam dalam mengiringi kepergian tahun lama menyambut tahun baru yang penuh harapan .

Dari atas nampak indahnya pancaran kembang api berwarna warni seantero kota Batam, ledakan kembang api itu silih berganti memecah malam.

Semaraknya pesta kembang api di Singapura juga dapat terlihat di dari bukit. Kegiatan tahunan negara yang menggunakan singa  sebagai lambang Negara itu semakin tahun semakin meriah. Dari kejauhan kembang api terlihat beterbangan dilangit Singapura persis seperti hujan meteor di malam hari.

Jadi jika belum pernah ke Bukit Senyum , suatu saat datanglah kesana dan selamat menikmati pemandangan yang eksotis. Tanpa sadar bibir kita akan mengembang tersenyum simpul dan membenarkan dalam hati mengapa bukit itu dinamakan demikian. (jari adventure-det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *