Bukit Lintang Sewu, Cahaya Seribu Berlian di Langit Jogja

Yogyakarta memang tidak ada habisnya memberi kejutan bagi para penikmat Travelling. Selalu saja ada hal baru yang patut diulik lebih dalam lagi.

Setelah wisata budaya dengan adanya candi-candi, dan wisata alam yaitu berbagai pantai yang menakjubkan, kali ini ada sebuah bukit yang cocok untuk destinasi wisata anda. Bukit Lintang Sewu Dlingo namanya.

Bukit ini merupakan objek wisata yang dikembangkan pada bulan Januari tahun 2016 lalu. Nama bukit ini mulai booming di kalangan masyarakat, sehingga masyarakat berduyun-duyun datang kemari.

Baik itu masyarakat lokal maupun masyarakat luar daerah bahkan wisatawan mancanegara. Jogja dan Bali memang tidak pernah berhenti menarik minat para turis untuk berkunjung.

Asal Mula

Sesuai namanya yang diambil dari bahasa Jawa, Bukit Lintang Sewu berarti Bukit Bintang Seribu. Kata “lintang” berarti bintang, dan “sewu” berarti seribu.

Keindahan seribu bintang dapat dinikmati ketika selepas matahari terbenam. Bintang – bintang gemerlap di angkasa bisa dinikmati bebas dengan mata telanjang. Jumlah yang tidak terhingga membuatnya seolah berlian yang bertaburan di langit malam.

Lokasi

Bukit Lintang Sewu Dlingo terletak di Karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebenarnya lokasinya tak jauh dari Hutan Pinus Asri, hanya 500 meter.

Keindahan yang ditawarkan disini adalah hutan kayu putih. Jika anda sedang berada di pusat kota Yogyakarta, anda akan memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan bila menggunakan kendaraan pribadi.

Dari arah kota jogja, ambil arah terminal Giwangan kemudian lewat jalan imogiri Timur lurus terus ke arah selatan. Rute menuju bukit lintang Sewu Dlingo ini sama seperti rute menuju Pinus Pengger, yaitu arah ke kebun buah Mangunan.

Setibanya di persimpangan hutan pinus, silakan lurus ke arah kebun buah Mangunan. Jika sudah  sampai di Hutan Pinus Asri lurus terus saja, maka anda akan menjumpai objek ini.

Harga Tiket dan Fasilitas

Untuk kisaran objek wisata alam, Bukit Lintang Sewu Dwilingo ini menawarkan harga yang sangat terjangkau. Anda cukup membayar Rp 2000 dan biaya parkir sebesar Rp 2000 permotor atau Rp 3000 untuk mobil.

Anda yang suka foto-foto, ada berbagai spot foto yang bisa anda gunakan. Ada sebuah jembatan bambu dan gardu pandang dari bambu yang menambah daya tarik. Tapi bila ingin berfoto disini, harus bergantian, karena ada batasan maksimal orang yang dapat menaiki jembatan tersebut.

Jangan pernah melanggar aturan ini ya, nanti bahaya anda yang tanggung sendiri. Ada pula sebuah gapura yang bisa dibuat background selfie anda.

Fasilitas lain yaitu ada camping ground, cocok bagi anda yang suka berkemah , lokasi outbond, cocok  bagi anda yang suka mencoba tantangan, toilet ,  Gazebo untuk bersantai, dan beberapa warung makan yang siap sedia menjual berbagai makanan bagi anda yang merasa lapar.

Pemandangan dari puncak bukit ini benar-benar indah, anda bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dari kejauhan.

Baca juga:

Bikin Paspor Makin Mudah dan Cepat, Manfaatkan Whatsapp dan Aplikasi Antrian

 

Bila cuaca sedang cerah, akan terlihat jajaran pegunungan Menoreh, Gunung Sumbing, dan Gunung Merapi. Menikmati sunset di bukit ini ? bisa banget!  Posisi bukit yang menghadap ke arah barat dan tidak ada penghalang apapun di depannya membuat pemandangan matahari terbenam amatlah jelas.

Akan tetapi, bagi yang ingin menikmati panorama matahari terbit, sayangnya lokasi ini kurang strategis. Pergilah ke perbukitan lain seperti bukit Panguk Kediwung, Tebing Watu Mabur, Bukit Mangunan, Tebing Watu Lawang, dsb.

Pepohonan kayu putih yang menawan disertai burung-burung liar yang bersarang di dahan, merupakan nilai plus lagi. Jika anda beruntung, anda akan bertemu burung Alap – Alap yang memangsa burung puyuh.

Rencana kedepannya, Bukit Lintang Sewu Dlingo ini akan dibangun sesuatu yang sifatnya event bersifat budaya. Seperti adanya panggung sendra tari untuk menceritakan perjalanan sejarah raja-raja mataram. Hal ini dilakukan agar generasi muda mengetahui betul sejarah makam raja-raja Imogiri.

***

Belum ada rencana liburan? Bingung mau liburan kemana? Bukit Lintang Sewu Dlingo bisa menjadi alternatif liburan anda. Tapi jangan lupa gunakan Jari Adventure sebagai partner liburan anda. Jari Adventure adalah salah satu agen wisata berpengalaman yang sudah melayani traveller sejak 2001. Liburan tak perlu anda risaukan selama menggunakan jasa agen travel wisata, Jari Adventure. Kemana pun liburannya, Jari Adventure agen travelnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.