Bukit Langit Hingga Waduk Sempor, Destinasi Wisata di Kebumen yang Tiada Terlupakan

Pulau Jawa tak akan pernah habis untuk destinasi wisata mulai dari Gunung, Pantai, Perkotaan dan masih banyak lagi. Nah salah satu daerah di Jawa yaitu Kebumen mempunyai permata yang tersembunyi di Jawa Tengah. Terlebih Kebumen berada di sisi selatan Pulau Jawa sehingga banyak didominasi wisata pantai.

 

Untuk menuju ke Kebumen dari Jogja pun cukup mudah dengan total perjalanan waktu sekitar dua hingga tiga jam dengan melewati Raya Wates menuju Purworejo dan Kutoarjo. Selain itu kamu bisa naik kereta api “Joglokerto” jurusan Purwokerto atau “Wijayakusuma” dengan jarak waktu sekitar satu jam perjalanan. Bagi yang tertarik yuk kunjungi destinasi wisata berikut ini :

 

1.  Waduk Sempor – Spot fotogenik dengan cuaca sejuk

Destinasi Waduk ini memiliki udara yang sejuk dengan pemandangan matahari terbit yang indah, meskipun Kebumen berada di wilayah dekat dengan pantai yang memiliki udara yang lembab dan gerah. Waduk Sempor menghubungkan Sungai Jatinegara atau Sungai Sempor, Sungai Cicingguling dan Samudra Hindia serta ditumbuhi rimbunnya pohon sehingga membuat siapa saja semakin betah untuk berlama-lama di waduk ini. Waduk ini berguna untuk mengairi ribuan sawah di wilayah Kebumen bagian barat.

 

2.  Bukit Hood – Tempat memandang garis pantai dari ketinggian

Bukit ini terletak di ketinggian 150 mdpl dan masyarakat sekitar sering menyebutkan Bukit Hud atau Uhud. Di bukit ini kamu bisa menikmati pemandangan yang mengesankan dari pesisir selatan Pulau Jawa. Ada anjungan untuk para pengunjung agar bisa melihat garis pantai dengan lebih jelas, sehingga kamu bisa melihat view yang menawan dan sayang untuk disia-siakan. Bukit ini cukup dekat dan mudah dijangkau dari Pantai Karangbolong.

 

3.  Brujul Adventure Park

Dulu kawasan ini dikenal sebagai tempat untuk berkemah karena terdapat gua dan curug yang bisa dijadikan tempat menjelajah jurit malam. Nah di tahun 2017, destinasi wisata Brujul Adventure Park (BAP) diresmikan sebagai taman wisata dengan fasilitas yang lebih modern termasuk wahana permainan sepeda layang, flying fox dan panahan. Nah kalau kamu ingin berkumpul dengan keluarga bisa menggunakan gazebo.

 

4.  Bukit Langit

Di atas Bukit Langit ini kamu akan melihat Pegunungan Serayu Selatan, Bukit Condong dan Perbukitan Padureksa dengan begitu jelas. Bukit Langit ini memiliki ketinggian 360 meter Mdpl, kamu akan merasakan kesegaran udara yang segar, bebas dari polusi selayaknya perkotaan. Maka tak salah banyak komunitas fotografi maupun pecinta alam kerap menjadi Bukit Langit Karanggayam sebagai lokasi pertemuan.

baca juga:

Kuliner Legendaris Malang, Sayang Untuk Dilewatkan!

 

5.  Bukit Pentulu Indah, menikmati pegunungan tanpa harus mendaki

Buat kamu yang ingin mendaki tapi tidak perlu bersusah payah, maka kamu harus melakukan trekking di Bukit Pentulu Indah karena disana kamu akan melihat gunung kembar Sumbing Sindoro. Bukit Pentulu ini menjadi bagian dari Cagar Alam Nasional Geologi Karangsambung.

 

Bukit Pentulu ini memiliki luas lahan 20 hektar, di lahan lima hektar kamu bisa menggunakan sebagai tempat berkemah sambil menunggu matahari terbit sehingga kamu kembali ke kota dalam keadaan fresh.

 

6.  Bunga Ambal, taman bunga yang siap untuk diabadikan

Ingin berfoto dengan background bunga matahari yang sedang mekar, langsung aja ke Taman Bunga Ambal. Nah kalau kamu kesini gunakan outfit yang cerah.

 

Meskipun belum sebesar Kebun Raya Bogor, kebun ini cukup banyak menarik perhatian wisatawan. Dulunya kebun ini sebagai tempat pembibitan tanaman, namun sekarang Kebun bunga Ambal terus menambahkan fasilitas untuk para pengunjung terutama spot berfoto. Kamu bisa menjumpai bunga Suring, bunga kertas, bunga pagoda, dan masih banyak lainnya.

 

7.  Benteng Van der Wijck

Benteng Van der Wijck ini terletak di sekitar 20 km dari ibu kota kabupaten Kebumen. Dulunya benteng ini dijadikan gedung perkantoran Kongsi Dagang VOC yang memiliki ruangan, warna dan bentuk bangunan yang unik.

 

Selain itu kamu akan menjumpai puluhan pintu dan jendela sebagai daya tarik untuk bangunan ini kemudian di ubah menjadi benteng untuk meredam kekuatan pasukan Pangeran Diponegoro di masa lampau. Struktur bangunan ini sempat di pugar oleh TNI Angkatan Dasar.

 

8.  Gua Petruk

Kebumen bukan hanya tentang Pantai dan Bukit saja tetapi juga ada situs geologi berupa gua-gua di kawasan Karst Gombong Selatan. Gua ini dijaga oleh warga karena kealamiannya. Bahkan pengelola memutuskan untuk tidak memasang penerangan di dalamnya. Sehingga stalaktit dan stalakmit mendominasi dengan membentuk seperti hidung wayang Petruk.

 

Nah kalau kamu berkunjung kesini kamu akan menggunakan headlamp dan helm khusus yang sudah disediakan. Gunakan pakaian yang tahan air karena didalam gua banyak genangan air yang harus dilewati.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.