Bukit Harimau Sekupang Batam Menunggu Sentuhan

Bukit HarimauSatu lagi tujuan wisata di Pulau Batam yang perlu anda tahu adalah Bukit Harimau Sekupang. Entah kenapa dinamakan Bukit Hariamau, mungkin dulu di bukit ini terkenal banyak harimaunya tetapi yang jelas sekarang  Bukit Harimau sekupang  dikenal masyarakat batam  dengan panorama pantai Dangasnya yang indah , tangga 1000 dan sisa-sisa reruntuhan rumah otorita Batam Bapak Prof.Eng BJ Habibie.

Menuju pantai Dangas Bukit Harimau haruslah dengan kendaraan sendiri, karena lokasinya yang cukup jauh dan belum ada kendaraan umum yang melewatinya. Membutuhkan waktu sekitar 40 menit dari Batam Centre. Tepatnya di daerah Patam. Jika kita menggunakan kompas, Patam terletak sekitar barat laut dari kota Batam. Setelah menemukan tulisan Bukit Harimau – Pantai Dangas di sekitar SD 3 Sekupang kita tinggal mengikuti jalan beraspal yang kemudian menurun untuk sampai pada lokasi.

Tiket masuk Bukit Harimau

Untuk memasuki kawasan Pantai Bukit Harimau atau pantai Dangas kita cukup menyiapkan uang tiket masuk sebesar lima ribu rupiah tidak ada hitungan jam. Jadi kita bisa seharian di sana menikmati keindahan laut. Hamparan pasir putihnya merayu kita untuk bermain riak ombak dan berenang disana.

Bagi yang suka mengayuh kano, di pantai Dangas juga ada tempat persewaan Kano jadi anda tidak perlu bawa kano dari rumah. Sewanya relatif murah hanya tiga puluh ribu rupiah per kano kita sudah puas menaklukan ombak-ombak kecil yang tenang di lautan.

Atau bagi yang enggan untuk bermain air, tempat karaoke menjadi alternatif pilihan. Selain menyalurkan hobi menyanyi sekalian beramal menghibur para pengunjung karena suara nyanyian kita akan didengar oleh mereka. Asyik bukan?

Tetapi mungkin kita akan kesulitan untuk mencari kuliner, karena pada hari biasa warung warung makan jarang ada yang buka, kecuali akhir pekan atau hari libur nasional dan hari raya. Jadi sebaiknya siapkan bekal dari rumah.

Tangga Seribu Bukit Harimau

Di sekitar lokasi Bukit Harimau juga ada tempat yang layak dikunjungi yaitu Tangga 1000, dinamakan demikian mungkin karena jumlah anak tangganya yang banyak, atau memang benar jumlah 1000.

Baca Juga:

Ketika Senyum Mengembang Di Bukit Senyum

Tangga 1000 berada dalam kawasan Taman Habibie. Karena kawasan ini dulunya menjadi tempat tinggal Bapak BJ Habibie saat menjabat sebagai Kepala Otorita Batam. Konon dulu beliau sering mengajak kolega dan rekan kerja untuk berdiskusi atau berbincang santai disana.

Tetapi sayang rumah tempat tinggal beliau bersama keluarga saat awal-awal membangun Batam itu tidak terawat, hanya menyisakan puing-puing saja, kecuali pagar rumah yang masih utuh. Seharusnya ada perhatian pemerintah untuk menjadikannya sebagai cagar budaya, di rumah itulah beliau melahirkan pikiran dan dan idenya untuk mewujudkan Batam sebagai salah satu kawasan Industri dan perdagangan di Indonesia.

Untuk memasuki Taman Habibie Tangga 1000, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar 3000 rupiah. Bagi yang menbawa kendaraan roda 4 tarif parkirnya 10 ribu rupiah sedangkan untuk motor hanya 5000 rupiah.

Pesona Pemandangan Bukit Harimau

Sambil menyusuri anak tangga kita dapat menikmati segarnya udara di ketinggian, pohon-pohon yang tumbuh di punggung bukit itu menambah asri lokasi kawasan tangga 1000. Dari ketinggian tampak jelas terlihat negara tetangga kita Singapura. Gedung-gedungnya yang tinggi memberi kesan bahwa negara itu sudah mencapai kemakmuran. Kapal-kapal besar yang berlayar di laut juga menjadi pemandangan khas dari  tempat ini. Pemandangan kapal yang berlayar itu terlihat spesial diantara pulau pulau kecil yang ada di sekitar lokasi ini. Beberapa pulau kecil itu adalah Pulau Dangas, Pulau penawar rindu atau Pulau Belakang Padang, Pulau Pocong, dan Pulau Sambu

Tangga 1000 di Bukit Harimau Sekupang adalah untaian anak tangga dari punggung bukit yang berkelok menuju bawah bukit.

Rasanya Bukit Harimau Sekupang ini sangat tepat untuk menjadi  kunjungan wisata keluarga. Karena memiliki obyek wisata yang lengkap, yaitu wisata gunung dan wisata pantai. Biasanya pengunjung sangat ramai datang pada akhir pekan dan hari libur. Dan cobalah buktikan apakah benar untaian anak tangga itu berjumlah 1000. (jari adventure – det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *