Bisa Jadi Oleh oleh, 7 Kue khas Hong Kong yang Legit dan Manis

Ketika menyusuri jalanan di Hongkong, pasti Anda bisa menemukan berbagai toko roti dengan mudah. Beragam toko roti di jalanan memikat pengunjungnya dengan aroma yang nikmat, terutama makanan yang dipanggang. Pilihan makanan yang tersedia sangat bervariasi, kaya rasa, serta bisa membuat siapapun senang ketika mencobanya. Apalagi rasa gurih hingga manis yang bisa Anda pilih sendiri ketika menu diberikan.

Apa saja makanan panggang serta kue kering terbaik yang patut Anda rasakan ketika berlibur di Hongkong? Simak ulasannya berikut ini.

1.    Egg Tarts

Makanan ringan ini sangatlah popular di Hongkong. Bahkan, menemukan kue ini nyatanya cukup mudah, lho! Egg tarts berasal dari kue pudding Portugis yang masuk melalui koloni Portugis Makau. Egg Tarts terdiri atas dua kerak kue utama, yaitu kue kering atau puff pastry.

Kini, Egg Tarts lebih sering dikenal sebagai dim sum yang sangat lezat. Bahkan, Anda bisa memilih banyak variasi rasa selain rasa original seperti kue tart cokelat, kue the hijau, dan uniknya ada kue tar sarang burung.

2.    Pineapple Bun

Bagi para penggemar buah nanas, tentu wajib untuk mencoba kue yang satu ini. Pineapple Bun diolah dengan Teknik pemanggangan khusus sehingga menghasilkan suguhan yang lezat. Bagian atas roti terbuat dari adonan kue yang renyah serta menyerupai kulit nanas. Untuk roti bagian bawahnya hanyalah roti sederhana dengan rasa yang lebih manis. Kue ini biasanya disajikan setelah diiris menjadi dua dan diberi sepotong mentega meleleh di tengahnya.

3.    Wife Cake

Wife Cake atau kue istri ini memang sangat popular di Hongkong. Di dalamnya terdapat melon yang manis, pasta wijen, serta almond yang dibungkus dengan lapisan tipis kue kering berlapis. Kue ini berasal dari provinsi Guangdong.

Nama dari kue ini berasal dari wanita yang dipuji di depan umum karena makanannya yang begitu lezat. Sehingga suaminya dengan bangga memberi pernyataan bahwa itu adalah “kue istrinya” atau “wife’s cake”. Hingga kini, nama itu melekat kuat dengan kue ini.

4.    Egg Puffs

Kue yang satu ini biasanya tidak ditemukan di toko-toko roti pada umumnya. Egg puff bisa Anda temukan di jalanan Hongkong. Aroma kue yang lezat bisa Anda cium dari jarak 1 mil jauhnya dan sangat sulit untuk menolak panggilan dari kue ini. Kini, Anda bisa mencoba berbagai varian rasa mulai dari cokelat, stroberi, kelapa, kacang merah, matcha, dan wijen hijau.

5.    Mooncake

Mooncake biasanya dimakan selama Festival Pertengahan Musim Gugur berlangsung. Festival ini digelar dalam rangka penyembahan bulan. Menonton bulan sambil menikmati kue ini dianggap sebagai kelezatan. Biasanya, mooncake berbentuk bulat dengan rasa yang manis serta isian seperti kacang merah, pasta biji teratau, atau kuning telur. Mooncake memang kaya akan rasa dan biasanya dimakan dengan pendamping teh Cina untuk menetralisir rasa setelah menikmati makanan manis.

6.    Sausage Bun

Bagi Anda yang ingin menghindari kue dengan cita rasa manis, maka Anda boleh mencoba kue yang satu ini. Sausage Bun dianggap sama setara dengan gulungan sosis yang bisa Anda temukan di sebagian besar toko roti sekitar Hongkong. Sosisnya cukup enak dengan roti yang lembut. Sausage Bun cocok dimakan untuk sarapan, camilan makan siang, atau bekal ketika bepergian.

7.    Swiss Roll

Terlepas dari Namanya, kue ini diyakini berasal dari Jerman, Austria, atau Hongaria. Kue ini popular di Inggris dan akhinya menyebar di Hongkong. Swiss roll versi Hongkong lebih ringan, tidak dikemas, dan dijual segar setiap harinya. Yang paling popular adalah Swiss roll dengan isian krim kocok, mangga, dan cokelat.

Berlibur ke suatu tempat akan terasa kurang tanpa mengeksplore kulinernya, salah satunya adalah kue pastrynya. Bagaimana? Sudah tergiur dengan beberapa kue di atas?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.