Bintan Mangrove, Yuk Berwisata Sambil Belajar Lestarikan Bahari

Hutan Bintan MangroveMasih bingung menentukan tempat liburan yang menyenangkan?Atau bingung menemukan tempat education berbau alam? Ada baiknya anda mencoba salah satu destinasi wisata di Pulau Bintan, destinasi wisata tersebut ialah Hutan Bintan Mangrove yang begitu banyak diminati oleh para wisatawan mancanegara.

Mangrove terbesar di dunia

Seperti yang kita ketahui bahwa indonesia ini merupakan negara yang memiliki hutan mangrove terbesar di dunia, hal ini dibuktikan dengan luas perairan yang lebih besar dibandingkan dengan daratan. Hutan Bintan Mangrove ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata atau hanya sebatas hutan semata.

Lebih dari itu. Menurut earthhour.wwf.or.id menjelaskan bahwa hutan mangrove memberikan manfaat bagi lingkungan di antaranya, mencegah erosi dan abrasi pantai.

Hutan Bintan Mangrove ini tak akan kalah menarik dengan wisata-wisata lainnya. Pasalnya wisata ini merupakan wisata yang tidak hanya sekedar wisata yang menyuguhkan keindahan saja namun juga dapat menjadi sarana education. Bagaimana bisa berwisata sambil belajar?Anda pasti ingin tahu apa saja yang disuguhkan Hutan Bintan Mangrove untuk anda. Yuk simak sama-sama!

Lokasi Bintan Mangrove

Berada di Sungai Sebong tepatnya di kawasan Kampung Lagoi. Bintan Mangrove ini secara geografis berada pada titik koordinat 10 08’ 10.68” N dan 1040 20’ 12.01” E. Si Hutan Bintan Mangrove ini dapat di kunjungi melewati pelabuhan Sri Bintan Pura dengan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam atau dari Kota Tanjung Pinang. Bintan Mangrove ini sudah menawarkan paket tour lengkap dengan guide  yang siap memandu perjalanan anda untuk berkeliling menikmati pesona Si Cantik Hutan Bintan Mangrove.

Pesona Bakau yang Rapi

Konon, dahulunya Hutan Bintan Mangrove ini terancam punah akibat adanya eksploitasi penebangan kayu bakau secara berlebihan. Namun kini anda akan benar-benar terpukau jika mengunjungi tempat ini. Anda  akan melihat  tatanan rapi pohon-pohon bakau di Hutan Bintan Mangrove, hal ini tak lepas dari kerjasama yang dilakukan dan masyarakat setempat yang menyadari betapa pentingnya keberadaan hutan mangrove. Sehingga pada tahun 2003 silam, Hutan Bintan Mangrove pernah mendapatkan penghargaan Gold Award kategori pariwisata. Menarik bukan?

Menelusuri 7 km {Kilo meter} Si Cantik Bintan Mangrove

Perjalanan menelusuri Hutan Bintan Mangrove ini menghabiskan waktu kurang lebih 1,5 jam. Penelusuran Hutan Bintan Mangrove tidak hanya bisa dilakukan pada siang hari namun juga malam hari dengan waktu perjalanan kurnag lebih 1 jam. Anda pasti penasaran apa saja yang ditelusuri sepanjang 7 km.

Selama perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan alami yang terlihat begitu elegan.

Baca Juga: Bintan Mangrove, Obyek Wisata Alam Sensasional di Kabupaten Bintan, Kep. Riau

Anda akan melihat kegiatan memancing para nelayan yang menangkap ikan dengan jaring yang berdiri di atas menara kecil. Anda juga dapat meihat kilauan kunan-kunang khususnya untuk tour malam hari. Di sepanjang perjalanan anda akan melihat pondok nelayan yang terbuat dari bahan alam. Yang berasal dari Hutan Bintan Mangrove yang ada di sekitar dan anda juga akan melihat berbagai jenis flora dan fauna yang hidup bebas di sana.

Sisi Education di Bintan Mangrove

Hutan Bintan Mangrove ini menyimpan banyak sisi education yang menarik. Nah, ini sangat cocok dan disarankan bagi anda yang menyukai dunia penelitian atau para mahasiswa biologi.  Teknik lingkungan serta siswa-siswa Sekolah Dasar hingga Menengah Atas sangat cocok untuk megunjungi tempat ini. Hutan Bintan Mangrove ini menyuguhkan berbagai macam flora dan fauna yang begitu menakjubkan.

Aneka Jenis Bakau

Di Hutan Bintan Mangrove ini anda akan menemukan 12 jenis bakau seperti Roots avicennia [Akar Bakau Mirip Pensil], Bruguier-ra spp. [Akar Bakau Mirip Pita], Ceriops spp., Excoeca-ri spp., Lumnitzera spp., Hibiscus tiliaceus, Nypafuricans, Stilt roots Rhyzopora, Sonneratia spp., Thespesia populnea, Xy-locarpus granatum, Knee Roots Bruguire [Akar Bakau Mirip Pisau].

Masih banyak lagi flora dan fauna yang membuat anda tak berhenti mengucapkan ‘wah, Indonesia ternyata keren’. Sisi education yang bisa diambil begitu banyak. Mulai dari melihat seperti apa mangrove di Pulau Bintan, bagaimana menjaga ekosistem agar tetap terjaga dan dapat menyegarkan pikiran tentunya.

Anda tidak perlu khawatir jika ingin menginap di sekitar Hutan Bintan Mangrove. Karena di sana sudah tersedia fasilitas menginap yang lengkap dengan peralatan tradisional untuk memancing ikan. Selain itu anda juga dapat mencoba menikmati permainan golf yang sudah disediakan.

Nah, bagaimana? Anda tertarik?

Semoga informasi di atas dapat menjadi bahan rujukan wisata Anda. Selamat berlibur. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *