Bikin Tepok Jidat, 8 Destinasi Wisata di Indonesia yang Namanya Nyeleneh

Di Indonesia ada begitu banyak tempat yang eksentrik dan berbeda untuk sarana rekreasi. Ada yang dibuat oleh manusia ada juga yang tercipta secara alamiah.

Selain beragam jenis destinasi yang unik, ternyata masyarakat lokal atau warga setempat juga memberikan nama – nama yang unik agar wisatawan yang datang akan lebih mudah mengingatnya.

Nah, penasaran di mana saja lokasi – lokasi tempat destinasi wisata yang punya nama unik dan berkesan ini? Yuk, kita telusuri satu per satu lokasinya…

1. Pantai Kutang, Lamongan, Jawa Timur

Apa yang terlintas di benak setelah mendengar nama pantai di Lamongan, Jawa Timur ini? Semakin tak ingin dipikirkan, benak langsung menuju ke gambaran “kutang” dalam bahasa Jawa berarti bra. Nama yang unik ini merupakan sebutan yang disematkan oleh warga sekitar karena ada banyak bra yang berserakan di pantai ini. Hmm.. apakah jemuran bra hanyut atau tempat pembuangan bra ya? Entahlah..

2. Air Terjun Kakek Bodo, Pasuruan, Jawa Timur

Di Pasuruan, Jawa Timur, ada sebuah air terjun menawan yang sangat populer di kalangan wisatawan. Lokasinya yang berada di tengah hutan, membuat pengunjung harus sedikit treking agar bisa mencapai letaknya. Konon, nama Kakek Bodo merupakan sebutan dari seorang keluarga Belanda yang kaya raya. Mereka memiliki pembantu rumah tangga lelaki pribumi selama bertahun – tahun. Pada suatu hari, lelaki ini meminta ijin untuk mengundurkan diri dengan alasan untuk bertapa di air terjun. Keluarga Belanda itu tidak mengijinkan dan memarahi dengan menyebutnya seorang kakek yang bodoh. Ia menolak diberi uang dan harta hanya demi bertapa di sekitar air terjun. Hingga kini sebutan Kakek Bodo masih tersemat sebagai nama air terjun.

3. Goa Pocong, Pacitan, Jawa Timur

Nama yang terkesan ngeri dan menyeramkan disematkan pada sebuah goa di Pacitan, Jawa Timur. Kota Pacitan memang dijuluki sebagai kota 1000 goa. Namun, untuk memasuki goa pocong memang diharuskan memiliki mental dan nyali yang cukup tinggi. Pasalnya, di dalam goa ada sebuah stalakmit yang membentuk seukuran manusia sedang menggunakan kain kafan pembungkus mayat alias pocong.

4. Air Terjun Siluman, Sumatera Utara

Sama seperti siluman yang bisa datang dan pergi kapan saja, air terjun di Sumatera Utara ini juga mendapatkan namanya bukan tanpa kebetulan. Konon, masyarakat atau warga setempat sering kesulitan untuk menemukan air terjun ini karena tiba – tiba bisa mendadak menghilang. Itulah sebabnya air terjun ini kerap disebut sebagai air terjun siluman.

5. Pantai Sandal Jodoh, Bengkulu

Tak mau kalah dengan tempat destinasi yang ada di Namsan Tower atau Love Lock Bridge di Perancis, ternyata sebuah pantai di Bengkulu punya daya atraktif yang unik. Di sini terdapat sebuah dinding yang dihiasi dengan berbagai jenis sandal. Pantai yang dahulunya diberi nama Tapak Paderi, setelah terdapat dinding “sandal” ini kemudian dinamai Pantai Sandal Jodoh

Pengelola pantai menyebutkan bahwa sandal – sandal tersebut merupakan sampah yang berada di sekitar pantai dan mungkin hanyut dari sungai menuju ke laut. Para nelayan lalu mengumpulkan sandal – sandal tersebut dan dibuat sebuah karya seni dinding. Agar lebih berkesan dan unik, maka pantai ini diberi nama Pantai Sandal Jodoh. Menarik, kan?

Baca juga:

Toilet, Ramen, Hingga Parasit, Inilah 3 Museum Unik di Jepang yang Patut

 

6. Dusun Gendeng, Yogyakarta

Dalam bahasa Jawa “Gendeng” berarti gila, namun di sebuah dusun yang ada di Yogyakarta, justru diberi nama Dusun Gendeng. Karena kebanyakan warganya merupakan seniman nyentrik yang melestarikan wayang dan kebudayaan Jawa. Mungkin karena identik dengan para seniman yang bergaya eksentrik dan “gila”, maka dusun ini disebut Dusun Gendeng.

7. Candi Asu, Magelang, Jawa Tengah

Bukan mengusung nama – nama sanskerta khas candi Hindu atau Budha, nama candi di Magelang, Jawa Tengah ini malah diberi nama candi Asu. Hal ini konon karena banyak anjing atau “asu” yang berkeliaran di sekitar kawasan.

8. Green Kenyot, Bandung

Apanya yang dikenyot? Nama unik ini bukan nama minuman, tetapi sebuah destinasi wisata yang ada di Sungai Cikahuripan, Bandung, Jawa Barat. Sebenarnya, tebing – tebing yang membentuk seperti aliran air mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Namun, karena lidah warga lokal yang tidak fasih menggunakan bahasa Inggris, kemudian menyebutnya dengan Green Kenyot.

***

Hahaha… unik dan menggelitik ya.. bukan hanya namanya yang unik, tetapi lokasi – lokasi ini juga menarik dari segi pariwisata lho! Tidak heran bila banyak wisatawan yang berkunjung. Kemana pun, liburannya, pastikan Jari Adventure sebagai mitra perjalanan wisata Anda ya.

Have nice weekend…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.