Bikin Mata Terbelalak, 5 Museum di Indonesia yang Unik dan Beda

Terkadang masalah dapat memunculkan ide kreatif hingga dapat dinikmati banyak orang, sama dengan beberapa museum ini didirikan karena sebelumnya terdapat masalah.

Liburan biasanya, hanya mengunjungi wahana hiburan, pantai, gunung atau pusat perbelanjaan. Namun, hanya sedikit orang yang pergi ke museum. Mungkin, orang masih beranggapan jika museum itu kuno, membosankan atau kurang menantang.

Padahal banyak sekali ilmu dan pengetahuan yang bisa didapat jika berkunjung ke museum. Tapi siapa yang akan menolak untuk pergi ke 6 museum unik yang ada di Indonesia ini? Mulai dari museum yang instagrammable hingga museum yang membuatmu berpikir 2 kali untuk melakukan sesuatu. Penasaran? Yuk langsung cek!

  1. Museum Angkut Malang

Pengunjung yang datang di museum ini tak mengenal usia, mulai dari anak kecil, remaja, hingga dewasa. Di museum angkut kamu bisa mengenal berbagai jenis transportasi mulai dari sepeda hingga pesawat.

Museum ini akan membawamu berasa di eropa karena begitu banyak kendaraan klasik yang diperlihatkan. Banyak transportasi kuno nan klasik yang terpampang di sana.

Selain itu museum ini memiliki banyak spot yang instagramable yang dijamin bikin pusing kalau kamu mau upload foto di sosial media.

Harga tiket masuk saat weekdays adalah 70.000 sedangkan saat weekend adalah 80.000. Jangan berpikir 2 kali deh buat masuk Museum Nagkut ini, karena harga yang ditawarkan sebanding dengan apa yang kamu dapat nanti. Jam operasional museum dibuka jam 09.00 hingga pukul 20.00.

  1. Museum Tsunami Aceh

Sebuah museum yang dirancang sebagai pengingat simbolis gempa bumi dan tsunami aceh pada tahun 2004.

Saat kamu memasuki koridor pengunjung akan disuguhkan sensasi gelap diantara dua tembok yang tinggi dimana dimaksudkan menciptakan kembali kebisingan dan kepanikan pada saat tsunami waktu dulu.

 

Jadi kamu bisa merasakan bagaimana keadaan saat itu dan bagaimana perasaan yang akan membuatmu lebih mensyukuri hidup.Tapi jangan takut kalau suasananya terus-terusan tegang karena dinding dihiasi dengan gambar orang-orang melakukan tarian saman.

Selain itu di museum ini disuguhkan foto-foto korban dan pameran yang menampilkan kisah-kisah dari para korban bencana.

Selain itu kamu bisa melihat simulasi 4 dimensi tentang tsunami kala itu, tak lupa disana juga ada sarana pengetahuan tentang gempa bumi yang berbasis iptek.

  1. Museum Kanker Surabaya

Museum yang terletak di Surabaya ini merupakan museum pertama di Indonesia yang memaparkan tentang kanker bahkan mungkin pertama di dunia.

Melalui kebaikan Ananto Sidohutomo yang mendirikan museum dengan tujuan mengabdi kepada masyarakat agar masyarakat lebih mengenal tentang macam-macam kanker.

Di sisi lain, sebagai sarana penelitian bagi mahasiswa atau juga bisa sebagai sarana hiburan. Buat masyarakat yang ingin menambah ilmu tentang kanker datang saja ke Museum Kanker Surabaya.

Mulai dari penyebab, gejala hingga cara mengatasi penyembuhan kanker. Tanpa perlu kamu ke dokter untuk menanyakan kanker, kamu bisa langsung tau dan disana terdapat berbagai replika organ tubuh yang terkena kanker. Bagaimana tertarik untuk berkunjung ke Museum Kanker?

  1. Museum MURI Semarang

Museum MURI merupakan tempat dicatatnya data prestasi yang terjadi di Indonesia. Didirikan tanggal 27 Januari 1990 oleh Jaya Suprana bersama dengan PT Jamu Jago.

Terdapat lebih dari 1200 rekor yang didapat Indonesia, wahh Indonesia hebat ya. Disini kamu bakal menemukan rekor yang bahkan tidak kamu duga sebelumnya. Buat kamu yang ingin tahu rekor apa aja sih yang didapat Indonesia, Museum MURI adalah solusi yang tepat.

Baca juga:

Ada Makam dan Rumah Adat! Yuk, Menilik Pesona Kampung Adat Pasir Panjang yang Tiada Duanya

 

  1. Museum Ullen Sentalu

Terletak di daerah Pakem, Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Nama museum tersebut cukup memiliki filosofi yang unik yaitu ‘’Ulating bLENcong SejatiNE Tataraning Lumaku’’ tak lupa dengan arti yang sangat bernilai ‘Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan’

Museum ini juga menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram, selain itu disini juga ada berbagai macam batik. Jadi buat kalian yang penasaran bagaimana kehidupan budaya Jawa kuno museum ini tepat sebagai jawabannya.

***

Tertarik mengunjungi museum – museum di atas untuk berwisata sejarah dan mendapat pengetahuan baru? Kemana pun liburannya, pastikan hanya Jari Adventure yang akan mengakomodir kebutuhan perjalanan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.