Bikin Jadwal yuk! 7 Langkah Sederhana Merencanakan Perjalanan ke Eropa

Sebelum dapat menikmati keajaiban Eropa yang mengesankan, ada beberapa persiapan penting yang mesti dilakukan.

Logistik yang terlibat dalam perencanaan mungkin terlihat membosankan atau bahkan melelahkan tetapi semakin kita siap semakin besar pula peluang kita untuk perjalanan yang sempurna dan sesuai harapan.

Itulah sebabnya membuat perencanaan sebelum melakukan perjalanan ke Eropa penting untuk dilakukan.

Tidak perlu membuang waktu lama untuk pengaturan karena ada cara-cara sederhana untuk merencanakan perjalanan ke Eropa sehingga kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati keindahan Eropa. Cek langsung bocorannya, yuk!

 

1. Lengkapi semua dokumen sebelum keberangkatan

Jika belum memiliki paspor, dibutuhkan setidaknya satu hingga satu setengah bulan untuk mengurusnya.

Menggunakan layanan yang dipercepat memang dapat memangkas waktu tetapi memerlukan biaya tambahan. Jadi yang terbaik adalah mengurus paspor sebelum perjalanan.

Jika sudah memiliki paspor, periksa kadaluwarsanya. Beberapa negara Eropa mengharuskan masa berlaku paspor enam bulan ke depan setelah tanggal perjalanan.

Semua perusahaan rental mobil mengahruskan driver untuk memiliki lisensi yang valid di negara asalnya, jadi periksa juga masa berlaku SIM. Bila perlu persiapkan SIM internasional karena beberapa rental mobil di Eropa juga memberlakukan dokumen ini sebagai syarat.

 

2. Tetapkan anggaran

Saat merencanakan perjalanan ke Eropa, buat anggaran sedini mungkin bahkan sebelum kamu mengatahui tujuan, tanggal, atau rencana perjalanan.

Beberapa tujuan dapat lebih murah dari lainnya tetapi ada banyak cara untuk melakukan penghematan besar-besaran, seperti bepergian di luar musim, memilih akomodasi murah atau merencanakan perjalanan lebih singkat.

Tetapkan anggaran sejak dini maka kamu akan terhindar dari kekecewaan. Menggunakan bantuan aplikasi anggaran perjalanan dapat membantu menghitung pengeluaran setelah kamu mulai melakukan pemesanan.

 

3. Pilih tujuanmu

Setelah mengantongi budget, langkah selanjutnya adalah mementukan tujuan. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk memangkas banyaknya tujuan adalah memilih situs tertentu yang ada dalam daftar ‘must-see’ kemudian merencanakan liburan di sekitarnya.

Cara lainnya adalah memilih sebuah tempat dimana sedang diselenggarakan acara musiman seperti festival atau liburan lokal yang bisa kamu ikuti atau saksikan.

Jangan lupa untuk memeriksa cuaca sebelum menentukan tujuan.

 

4. Buat jadwal kasar

Buat sketsa perjalanan harian dari penelusuran situs atau kota-kota yang benar-benar ingin dikunjungi kemudian cari tahu mana saja yang sekiranya dapat dicapai dengan anggaran dan waktu yang tersedia. Setelahnya baru lakukan pemesanan.

Jika ingin mengunjungi banyak negara atau kota di Eropa tetapi anggaran terbatas maka pertimbangkan untuk memilih pelayaran. Tetapi jika kerumitan pengaturan perjalanan yang dihindari maka memesan tur grup adalah alternatif terbaik.

baca juga:

Tips Hemat Travelling Rame-rame ke Raja Ampat

 

5. Pesan tiket pesawat

Karena tiket pesawat mungkin akan menjadi bagian paling mahal dari perjalanan, kamu sebaiknya memesannya sebelum akomodasi dan transportasi.

Hal ini memungkinkan untuk lebih fleksibel dengan waktu sehingga penghematan utuk penerbangan pun dapat dilakukan.

Periksa berbagai situs pemesanan untuk memastikan kamu memiliki berbagai pilihan. Kamu juga dapat mengatur lansiran tarif untuk mengetahui harga penerbangan terendah.

 

6. Pertimbangkan untuk membeli asuransi perjalanan

Ada beberapa jenis asuransi perjalanan dan waktu terbaik untuk membelinya adalah tepat setelah kamu meletakkan deposit besar pada perjalanan, baik yang mencakup tiket pesawat, paket perjalanan, atau DP hotel.

Setelah mengetahui seberapa banyak uang yang dibayarkan di muka, kamu bisa membeli asuransi untuk menjaminnya. Sebelum melakukan pembelian, baca dengan teliti cetakan kecil di polis dan bandingkan dengan polis asuransi perjalanan lainnya.

Periksa apakah asuransi perjalanan yang kamu beli sudah mencakup pertanggungan kesehatan untuk melihat apakah kamu mnedapatkan perlindungan di luar negeri. Jika tidak ada mungkin kamu perlu untuk membeli asuransi kesehatan tambahan.

 

7. Urus keperluan logistik sebelum keberangkatan

Uang, telepon, penjaga rumah, pengasuh hewan peliharaan adalah beberapa logistik utama yang mesti kamu selesaikan beberapa minggu sebelum tanggal keberangkatan.

Hubungi perusahaan kartu kredit untuk memberi tahu mereka bahwa kamu akan bepergian ke luar negeri. Periksa apakah dikenakan biaya untuk menggunakan kartu tersebut di luar negeri.

Ketahui juga lokasi ATM di tujuan. Cari tahu juga paket telepon yang dapat melakukan panggilan di luar negeri dan biayanya.

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan dengan baik, kamu bisa melakukan packing dan menikmati perjalanan ke Eropa yang selama ini kamu idam-idamkan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.