Berwisata ke Hong Kong Setelah Pandemi, Bagaimana Tipsnya?

Mulai tanggal 15 Juli, aturan social distancing yang terbaru mulai disebarluaskan. Meskipun sudah diterapkan aturan New Normal dan mulai diperbolehkan berkunjung ke lokasi wisata, Anda harus tetap berhati-hati dan mengikuti protokol yang berlaku.

Hingga kini, Hong Kong tetap memiliki pegangan terbaik dalam menekan wabah Covid-19. Setelah serangan gelombang ketiga, Pemerintah akhirnya mengumumkan Langkah baru untuk social distancing.

Salah satunya ialah kelompok harus dibatasi 4 orang saja. Banyak lokasi usaha yang harus ditutup setidaknya selama 7 hari.

Daripada bingung ketika berlibur ke Hong Kong, simak apa saja yang bisa Anda lakukan saat berada di Hong Kong.

 

1.      Pertemuan Kelompok

Sebagai bentuk adanya social distancing, pertemuan hanya dibatasi sebanyak 4 orang saja setiap kelompok. Ini berlaku 7 hari mulai tanggal 15 juli lalu.

Batas pengumpulan juga berlaku untuk acara penting seperti pernikahan, dimana hanya dibatasi 20 orang tanpa pelayanan makan dan minum.

Satu-satunya pengecualian dari aturan yang baru ialah aktivitas kendaraan umum dimana penumpang harus menggunakan masker. Jika tidak, akan dikenai denda maksimum $ 5.000.

 

2.      Restoran

Meski restoran mulai menjalankan aktivitasnya kembali, namun mereka hanya diizinkan untuk layanan takeaway mulai pukul 6 sore hingga 5 pagi.

Restoran bisa tetap buka untuk pelayanan makan siang, namun setiap meja hanya dibatasi 4 orang saja, dimana tiap restoran diberikan kapasitas 50% dari jumlah sesungguhnya.

Anda juga diwajibkan menggunakan masker setiap saat, tentunya selain saat makan dan minum.

Sebelum memasuki restoran, Anda akan melewati pemeriksaan suhu badan dan mengisi formulir pernyataan Kesehatan.

 

3.      Bar

Tak hanya restoran, bar di Hong Kong juga akan bersiap buka. Bedanya, mereka diperintahkan untuk tutup selama 7 hari lamanya. Tak pandang bulu, bar seperti klub malam, bar karaoke, serta ruang pesta juga serta merta terkena imbasnya.

Bar akan dibuka kembali sekitar 21 Juli, namun sementara waktu jika Anda ingin menikmati minuman di rumah, Anda bisa memesan minuman yang bisa dibawa pulang dengan melalui jasa pemesanan.

 

baca juga:

Tempat Wisata Terbaik di Istanbul untuk Menyempurnakan Liburan Pasca Pandemi

 

4.      Gyms

Sama seperti bar yang ditutup selama 7 hari di seluruh kota, pusat kebugaran juga harus ditutup.

Itu karena tempat dan fasilitas wisata di luar ruangan seperti lapangan tenis, lapangan olahraga, bowling, area barbekyu, lokasi perkemahan, serta banyak lagi yang lainnya akan ditutup untuk umum hingga tanggal 21 Juli.

Olahraga merupakan hal yang penting. Meski Gyms tutup, Anda tetap disarankan untuk berolahraga di rumah. Banyak video olahraga yang bisa Anda ikuti. Atau coba cari tahu apakah lokasi gym kesayangan Anda menyediakan kelas virtual yang bisa Anda ikuti di rumah.

 

5.      Salon Kecantikan

Meski bukan fasilitas olahraga, salon kecantikan masuk dalam golongan bisnis yang harus ditutup. Untungnya, Anda masih bisa memotong rambut di salon rambut atau pangkas rambut terbuka.

Jika Anda akan memotong rambut, maka Anda harus melewati pengecekan suhu tubuh serta mengisi formulir pernyataan Kesehatan dan harus menggunakan masker.

Jika Anda merindukan perawatan kuku, kini Anda bisa menunggu di rumah untuk mendatangkan manikur yang bisa melayani di rumah. Manikur dengan layanan di rumah masih diizinkan beroperasi selama mengikuti aturan social distancing.

 

6.      Hotel, Spa, dan Kolam Renang

Tidak perlu buru-buru untuk membatalkan pesanan staycation Anda karena banyak hotel yang diperbolehkan beroperasi dengan mengikuti prosedur Kesehatan dan keselamatan yang ketat.

Namun, ini tidak berlaku untuk kolam renang umum maupun kolam renang hotel. Tempat ini khususnya akan ditutup selama 7 hari. Termasuk juga spa, pemandian, dan tempat pijat.

 

7.      Penutupan Destinasi Wisata

Adanya wabah memang mengharuskan destinasi ditutup sementara. Setelah berbulan-bulan ditutup, Hong Kong Disneyland dan Ocean Park dibuka sejak bulan Juni. Namun kini harus ditutup selama 7 hari untuk menjaga jarak sosial dengan aturan terbaru.

Hal ini juga berlaku untuk bioskop, museum, tempat pertunjukan, dan perpustakaan.

Meski ada banyak lokasi yang tutup, masih banyak hal yang bisa Anda lakukan di rumah ketika berada di Hong Kong. Mulai dari mengatur lemari pakaian, menonton saluran Netflix, hingga meditasi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.