Dunia Serasa Milik Sendiri, Berwisata ke 7 Pulau Tak Berpenghuni Paling Mempesona

Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah lebih dari 1.700 pulau. Namun, jumlah pulau berpenghuni di Indonesia hanya sekitar 30 hingga 35 persen saja. Sisanya tentu tidak berpenghuni atau tidak terjamah tangan manusia.

Indonesia yang memang terkenal akan kekayaan alam dan keindahannya membuat pulau tak berpenghuni ini ternyata memiliki pesona yang indah. Dari beberapa pulau yang tak berpenghuni ini bahkan ada yang sudah dijadikan destinasi wisata masyarakat lokal.

Biasanya harus menggunakan jalur laut sebagai transportasinya untuk dapat sampai ke pulau tersebut. Apa sajakah pulau tak berpenghuni namun mempesona tersebut? mari kita simak berikut ini.

  1. Pasumpahan

Area Pulau Pasumpahan berada di sisi barat Negara Indonesia. Kepulauan tropis ini berada di wilayah administrative Kotamadya Padang, Sumatera Barat.

Pulau Pasumpahan memiliki pemandangan yang eksotis dan pantainya yang indah. Airnya terlihat jernih dan dikelilingi oleh banyak pohon di pinggir pantai. Hamparan daratan berpasir putih dan lautan hijau biru ini menjadi pemandangan yang sangat indah dan dapat memanjakan mata Anda.

Stress dan penat saat perjalanan akan hilang ketika sudah sampai dan disuguhi keeksotisan Pulau Pasumpahan. Di sini Anda juga dapat snorkeling dan menikmati keindahan bawah laut pulau ini.

  1. Nipa

Selanjutnya adalah Pulau Nipa yang letaknya terluar dari Indonesia yaitu dekat dengan wilayah Singapura. Dari sisi geografis, Pulau Nipa terletak di wilayah administrative Kotamadya Batam, Kepulauan Riau dengan luas sekitar 62 hektar.

Keindahan Pulau Nipa yang belum terjamah tangan manusia ini dapat menjadi salah satu destinasi bagi para traveling dan pecinta alam yang suka dengan tempat unik dan baru.

Sangat disayangkan, pulau ini nyaris saja tenggelam pada tahun 2000 akibat penambangan pasir yang berlebihan untuk reklamasi Negara Singapura. Namun, kini Pulau Nipa ini dijaga ketat oleh TNI Angkatan Laut sehingga terjaga keamanannya.

  1. Pulau Cemara Besar

Sesuai dengan namanya, pulau ini ditumbuhi dengan pohon cemara hampir di seluruh daratannya. Pulau Cemara Besar terletak di Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah.

Dengan pohon cemara yang sangat banyak, tidak heran jika pulau ini terkenal akan kesejukannya. Air lautnya juga bersih dan jernih sehingga Anda dapat menghabiskan waktu dengan aktivitas snorkeling atau menyelam.

Keindahan alam bawah lautnya masih terjaga sehingga dapat membuat Anda semakin nyaman untuk berwisata di sini.

  1. Pulau Pombo

Pulau Pombo memiliki bentuk daratan yang sangat unik jika dilihat dari atas. Kenapa dinamakan dengan Pulau Pombo? Itu karena pulau ini banyak ditemukan spesies Burung Pombo sehingga nama pulau ini pun dinamakan Pulau Pombo.

Pulau ini terletak sekitar 5 km dari Pulau Ambon. Pulau ini juga sebagai kawasan konservasi baik daratan maupun lautannya sehingga menarik bagi para wisatawan.

Anda dapat mengamati burung yang menghuni pulau tersebut serta dapat tracking, berenang, snorkeling, hingga diving di laut bebas nya.

  1. Mandiki

Kalau Pulau yang satu ini memiliki keindahan yang tidak ada duanya. Terletak di semenanjung barat Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini dapat memanjakan mata Anda dan kagum atas keindahannya.

Di sini, Anda akan disuguhkan dengan bebatuan indah sebagai ciri khasnya di beberapa bagian pulau.

Itu sebabnya pulau ini juga sering disebut dengan nama Pulau Batu. Bagi Anda yang suka berpetualang, pulau ini sangat cocok untuk Anda.

  1. Intata

Letak Pulau Intata termasuk dalam 11 pulau terluar di kawasan Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki keindahan dan pemandangan yang eksotis. Kawasan ini juga berbatasan langsung degan wiilayah perairan Filipina.

Anda dapat berwisata ke pulau ini sebagai pengalaman baru yang tidak terlupakan. Air lautnya jernih dan berwarna biru hijau tosca serta pasirnya yang putih dan lembut akan membuat Anda rileks dan santai. Daerahnya juga masih alami serta sejuk.

Baca juga:

Pulau Basing, Eksotisme Pangkalpinang yang Tersembunyi

 

  1. Selayar Bawean

Pulau tak berpenghuni terakhir yang dapat menjadi pilihan wisata Anda adalah Pulau Selayar Bawean yang terletak di seberang utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Dikenal dengan banyak nama yaitu Pulau Boyan (Bahasa Melayu) atau Pulau Majeti yang artinya Pulau Putri. Dapt dilihat pulau ini memilki keunikan karena terlihat seperti sebuah pulau jika air laut sedang pasang, akan tetapi terlihat seperti gunung ketika air laut surut. Bagaimana? Anda tertarik untuk berwisata ke pulau ini?

***

Yes, liburan kemana pun, pastikan Anda menggunakan jasa agen travel wisata berpengalaman, Jari Adventure. Akomodasi, transportasi dan segala kebutuhan perjalanan wisata Anda, dapat terlaksana dengan pelayanan prima. Jadikan pengalaman wisata lebih bermakna dan bebas ribet dengan Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *