Bertualang di Akhir Pekan, Taklukkan 5 Gunung Terpopuler Versi Pendaki Jaman Now

Liburan jangan melulu ke pantai. Sesekali tidak ada salahnya menghabiskan waktu di atas puncak gunung. Gak cuma pemandangan indah, tetapi kamu juga bisa sekaligus berolahraga kardio mendaki puncak dan mendapatkan kepuasan sudah sukses menaklukkan gunung yang kamu incar. Ajak teman – temanmu untuk camping bareng di beberapa destinasi gunung populer berikut:

Gunung Panderman

tiketmurahsamarinda

 

Berada di kawasan kota wisata Batu, pengunjung yang ingin naik ke gunung Panderman tak perlu repot. Pasalnya, bagi pemula bisa naik kendaraan roda dua atau roda empat. Kemudian, meneruskan dengan pendakian berjalan kaki sampa ke puncaknya. Dibutuhkan waktu sekitar 1 – 2 jam karena tingginya mencapai 2045 mdpl. Cocok untuk pemula karena trekking di sini masih lumayan santai.

Gunung Prau

Berada di Wonosobo, Jawa Tengah. Gunung yang memiki ketinggian sekitar 6565 mdpl ini di beberapa bagian ada yang curam. Sehingga diharapkan para pendaki lebih berhati – hati dan waspada. Selain itu, untuk mencapai puncak masih tidak terlalu ekstrim, yaitu butuh sekitar 2 – 2,5 jam pendakian. Mau coba?

Gunung Lawu

tempat

 

Berada di wilayah kota Magetan, Gunung Lawu memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Terutama saat event Suro. Masyarakat lokal akan naik menuju puncak Hargo Dalem, Hargo Dumilin, hingga Hargo Dumilah. Gunung setinggi 3265 ini memiliki keistimewaan dengan napak tilas perjuangan gerilya Jenderal Sudirman yang sarat misteri.

Gunung Rinjani

onmywaytofreedomland

 

Rinjani merupakan gunung impian bagi setiap pendaki. Lokasinya ada di Pulau Lombok, NTB yang indah dan mengagumkan. Menggapai puncak, siapa sangka di tengah gunung Rinjani ada sebuah danau yang indah. Dikenal dengan Danau Sagara. Saat berkemah kamu akan dimanjakan pemandangan indah yang menghipnotis seolah enggan pulang.

Gunung Semeru

tempat

 

Belum pendaki sejati jika belum ke Semeru. Kearifan masyarakat lokal, berpadu budaya khas setempat dan pemandangan indah menjadikan Gunung Semeru sebuah perjalanan yang istimewa. Apalagi, tepat di dalam gunung ada sebuah danau indah yang dikenal dengan Ranu Kumbolo.

baca juga:

Negeri di Awan Memang Nyata, Desa Wae Rebo Buktinya!

 

Gunung Bromo

Masih dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tengger dan Semeru, obyek wisata gunung Bromo menjadi favorit pelancong yang ingin melepaskan penat dan stres karena pekerjaan.

Pemandangan kontur bukit – bukit yang menghijau begitu menyegarkan pandangan dan menghilangkan sejenak segala dilema hidup. Pelancong yang datang, tak bisa melewatkan golden moment di mana matahari mulai terbit dari ufuk timur. Tak terlalu repot untuk menggapai puncak bromo, karena bisa menaiki kuda yang disewa dengan biaya Rp 100 rb – Rp 150 rb.

Gunung Merbabu

Merbabu adalah gunung terindah di Jawa Tengah. Memiliki ketinggian hingga 3142 mdpl dengan pemandangan belantara yang menakjubkan. Ada hutan pinus, padang bunga edelweis, hingga padang savana rumput yang akan membisu indera penglihatan dan tak bisa berpaling lagi.

Ada beberapa jalur yang berbeda untuk menyaksikan keindahan Gunung Merbabu dari segala sudut. Misalnya untuk melihat padang savana ilalang, pengunjung bisa mendaki dari jalur Selo dan Suwanting. Sementara, yang ingin menyaksikan kawah, dapat mendaki dari jalur Thekelan, Wekas dan Chuntel.

Gunung Papandayan

Beralih ke Garut, Jawa Barat, Gunung Papandayan wajib kamu taklukkan dengan ketinggian mencapai 2665 mdpl. Melihat panorama kota Garut dari puncak Papandayan kamu akan dimanjakan pemandangan terindah di Jawa Barat.

Menuju jalur di kaki gunung, sudah banyak hotel dan resort yang menyediakan akomodasi mewah dan lengkap. Pemandangan yang paling spektakuler di Gunung Papandayan adalah hutan mati. Di sini juga sering menjadi lokasi pemotretan foto prewedding.

Gunung Sindoro

Berdekatan dengan Gunung Prau dan Gunung Sumbing, berdiri kokoh menjulang Gunung Sindoro dengan ketinggian 3150 mdpl. Sindoro merupakan favorit para pendaki yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Jogja. Jalur favorit yang ditempuh melewati Kledung di kota Temanggung.

Gunung Sumbing

Setelah mampu mencapai puncak Gunung Sumbing, banyak pendaki yang merasakan sulit move on dan susah tidur. Bukan merupakan gangguan, dalam arti mereka selalu teringat keindahan gunung Sumbing dan selalu rindu untuk kembali ke sana.

Selain Gunung Sumbing, ada Gunung Slamet dan Gunung Sindoro yang menjadi favorit para pendaki dengan sebutan triple S. Sumbing menduduki peringkat gunung tertinggi nomor 2 di Jawa Tengah dengan ketinggian 3371 mdpl.

***

Jelajahi wisata alam rimba Indonesia dengan menaklukkan puncak – puncak tertinggi bersama teman. Di atas puncak gunung kamu bakal lebih mensyukuri keindahan yang tersaji di depan mata. Luar biasa indah dan meneduhkan hati. Yuk, siapkan diri untuk bertualang ke pendakian berikutnya bersama Jari Adventure..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *