Bertemu Paus Orca, 5 Destinasi Melihat Paus Terbaik di Dunia

Ingin merasakan liburan dengan sensasi berbeda? Menonton paus orca secara langsung di lautan bebas akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi setiap orang.

Tak hanya itu, nikmati pemandangan indah dan kegiatan seru lainnya yang bisa Anda lakukan saat berada di lokasi tersebut.

Untuk bertemu paus di alam secara langsung, maka Anda harus lebih dekat dengan mereka. Selain cerdas, paus juga dapat mempelajari kita sebagai manusia.

Anda akan dipandu oleh pemandu wisata yang akan bertanggung jawab untuk berbagai hal, seperti kapan paus dapat ditemukan dan membuat hewan lebih rileks agar berperilaku semakin menarik untuk disaksikan, memilih jenis perahu yang akan digunakan, dan sebagainya.

Apa saja destinasi menonton paus yang terbaik di dunia, simak berikut ini.

1.      Baja California Sur – Meksiko

Tempat yang lebih dikenal sebagai Akuarium Dunia ini tak hanya menyimpan banyak ikan warna-warni, kura-kura hingga lumba-lumba, namun Anda juga dapat bertemu dengan paus biru hingga paus abu-abu, lho!

Biasanya, paus bungkuk akan muncul dan bermain di antara Laut Cortez dan Samudra Pasifik saat masuk bulan Desember hingga Februari. Mereka sering terlihat dekat dengan pantai dengan kelompok besar.

Suara indah yang mereka nyanyikan tentu akan terdengar jelas saat Anda berenang.

Tujuan utama para paus di tempat ini ialah 3 laguna utama, yaitu laguna Magdalena Bay, San Ignacio dan Scammon.

Pemerintah Meksiko sendiri sangat ketat untuk mengatur akses laguna serta melindungi mereka agar tidak terganggu oleh datangnya manusia.

Terkadang, paus datang untuk berkontak dengan manusia hingga mendekati kapal.

 

2.      Hermanus, Western Cape – Afrika Selatan

Ketika berkunjung ke daratan Afrika Selatan, jangan lewatkan Hermanus di Western Cape untuk menonton atraksi dari paus. Penampilan megahnya bisa Anda lihat pada bula September dan Oktober.

Atraksi dari paus raksasa ini membuat banyak penonton terkagum-kagum. Selain melihat dari dek kapal, Anda juga bisa melihat kelompok paus dari puncak tebing di garis pantai.

Paus kanan selatan sering kali muncul di perairan ini. Pola unik di kepala mereka menjadi salah satu penanda untuk mengidentifikasi mereka.

 

3.      Teluk Hudson, Manitoba – Kanada

Menjadi rumah bagi populasi paus beluga terbesar di dunia, Teluk Hudson wajib Anda kunjungi. Paus ini terkenal ramah dan mudah bergaul dengan manusia, terlihat selalu tersenyum dan berkumpul di teluk pada musim panas.

Anda dapat memilih beberapa pilihan tur, seperti snorkeling Bersama paus, atau mendengar percakapan mereka melalui hydrophones.

Garis pantai Teluk Hudson umumnya menjadi tempat popular bagi kelompok beruang kutub, sehingga Anda juga dapat bertemu dengan mereka meski tidak terlalu dekat.

Untuk lebih aman, pengunjung dibawa dalam Polar Rovers yang khusus untuk melihat para paus.

Waktu puncak untuk menonton paus di tempat ini adalah bulan Oktober dan November.

 

4.      Taman Laut St Lawrence, Saguenay – Quebec, Canada

Taman laut yang satu ini berada di sekitar kota kecil Tadoussac. Terdapat banyak spesies paus berkumpul pada bulan-bulan musim panas.

Anda bisa bertemu 13 spesies cetacea temasuk hewan terbesar di bumi yang mendiami perairan Sungai St Lawrence. Bahkan, paus beluga dapat Anda temukan di sini sepanjang tahun.

Berlibur di tempat ini menjadi kegiatan paling menyenangkan. Anda dapat beristirahat dan melihat atraksi hewan-hewan secara natural. Burung, anjing laut, dan paus melewati perjalanan ribuan mil untuk sampai ke tempat ini. Anda bisa memberi makan mereka.

Tak hanya itu, tempat ini dikelilingi oleh pemandangan spektakulier dan menjadi bagian dari rute fjord yang melintasi Saguenay Fjord. Tebing yang mengelilingi pantai serta kota kecil bersejarah akan menambah pengalaman Anda.

Aktivitas lain seperti hiking, bersepeda, serta berkuda dapat Anda lakukan di sini Bersama keluarga.

baca juga:

8 Tempat Wisata Favorit Untuk Menghasilkan Foto Liburan yang Viral di Medsos

 

5.      St. Anthony, Newfoundland – Canada

Perairan yang satu ini dihuni oleh 22 spesies ikan paus seperti orca, paus biru, paus sperma, hingga paus bungkuk.

Mereka seakan berpesta di sepanjang pantai Bersama cumi dan capelin. Waktu terbaik untuk melihat atraksi spektakulernya adalah bulan Mei hingga September yang puncaknya berada di bulan Juli dan Agustus.

Salah satu tempat terbaik untuk melihat atraksi mereka adalah Great Northem Peninsula. Tak hanya paus, pemandangan gunung es yang menakjubkan juga dapat Anda lihat di sekitar bulan Juni.

Melihat atraksi paus yang menakjubkan memang impian semua orang. Hewan terbesar di bumi ini memang terkenal ramah sehingga banyak wisatawan yang rela pergi jauh untuk mengunjungi mereka.

Dari ke 5 tempat di atas, mana dulu yang akan Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.