Berlibur ke Danau Toba, Satu Dari 10 Kawasan Wisata Prioritas

Sudah pernah berkunjung ke kawasan wisata Danau Toba? Danau yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan salah satu danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Memiliki luas hingga  1.145 kilometer persegi, Danau Toba terlihat seperti lautan yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Tak hanya itu, danau ini juga disebut-sebut sebagai yang terluas di Asia Tenggara,  dan juga sebagai danau yang terdalam di dunia dengan kedalaman tak kurang dari 450 meter.  Ingin tahu lebih jauh tentang Danau Toba yang ditetapkan sebagai salah satu dari 10 kawasan wisata prioritas ini? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Danau Toba memiliki Pulau Samosir yang berada di tengahnya. Pulau yang memiliki luas hampir sama dengan luas negara Singapura ini memiliki dua danau kecil yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Selain itu, pulau ini juga didiami oleh suku Batak Samosir yang dikenal masih memegang teguh kepercayaan leluhur dan menjalankan berbagai ritual yang biasa dilakukan nenek moyangnya.

Pulau Samosir sebagai salah satu daya tarik kawasan wisata Danau Toba memiliki dua desa yang menjadi jujukan wisatawan, yakni Desa Tomok dan Desa Tuktuk. Anda bisa mengunjungi banyak obyek wisata menarik di Desa Tomok. Sedangkan Anda yang butuh tempat menginap, segera kunjungi Desa TukTuk karena desa ini menawarkan berbagai penginapan yang siap menampung Anda dan keluarga.

Selain Pulau Samosir, kawasan wisata Danau Toba juga menawarkan keindahan alam yang berupa hutan pinus yang ada disekeliling danau serta beberapa air terjun, dan pemandian air hangat di dalam hutan. Panorama di sekeliling danau yang begitu menakjubkan ditambah dengan udara yang sangat sejuk akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di sana.

Tak hanya sekedar wisata alam yang memiliki pemandangan yang indah, kawasan wisata Danau Toba juga memiliki nilai mistis tersendiri bagi warga Batak yang tinggal disekitarnya. Mereka mempercayai bahwa danau ini merupakan tempat tinggal tujuh dewi suku Batak atau yang biasa disebut dengan Namborru. Oleh karenanya, masyarakat akan berdoa dan meminta izin terlebih dahulu setiap kali akan melakukan kegiatan di sekitar danau agar kegiatannya bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan berkah.  

 

Baca Juga : Deretan Tempat Wisata di Pulau Morotai Yang Wajib Dikunjungi (Bag.1)  

 

Banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan saat Anda berada di kawasan wisata Danau Toba ini. Waktu yang Anda butuhkan untuk menjelajah danau pun bakal tak cukup bila hanya sehari saja. Kegiatan seru pertama yang patut Anda lakukan saat berada di Danau Toba adalah berlayar. Anda bisa menyewa kapal kemudian berlayar ke Pulau Samosir dan merasakan pengalaman yang luar biasa ini. Bersama rombongan yang berjumlah 20 hingga 25 orang, Anda bisa berlayar hingga seharian penuh dan meminta berhenti di spot-spot yang menarik untuk dikunjungi. Selama berlayar, Anda bakal disuguhi pemandangan Danau Toba dan sekelilingnya yang luar biasa indah yang cocok sekali untuk jadi obyek foto. Anda juga bisa menyaksikan wisatawan lain yang sedang berjetski maupun bermain banana boat di danau.

Tak hanya berkeliling dengan kapal, mengenal sejarah Batak pun tak kalah menarik dilakukan saat Anda berada di kawasan wisata Danau Toba ini. Seluk beluk suku Batak ini bisa Anda pelajari saat berkunjung ke Pulau Samosir. Anda bisa mengunjungi desa Tomok yang memiliki wisata bersejarah semacam Makam Raja Sidabutar, Museum Huta Bolon di Simanindo dan Batu Persidangan di Ambarita. Agar lebih jelas, dibahas satu-satu ya.

Saat berkunjung ke Makam Raja Sidabutar, Anda akan melihat keunikan yang berupa batu besar tanpa sambungan dihiasi dengan ukiran wajah sang raja di batu makamnya. Bagi yang belum tahu, Raja Butar adalah orang pertama yang mendiami Tomok. Untuk memasuki area makam, Anda diwajibkan memakai kain ulos yang sudah disediakan oleh petugas di pintu masuk.

Museum Huta Bolon wajib Anda kunjungi bila benar-benar tertarik dengan seluk beluk suku Batak. Di sini, Anda bisa melihat rumah adat Batak Simanindo peninggalan Raja Sidauruk yang dijadikan museum budaya Batak saat ini. Meseum ini memiliki koleksi benda-benda yang berkaitan erat dengan budaya Batak seperti pakaian adat, kain ulos dan juga peti mati yang berisi boneka Sigale-gale.

Mampir ke Desa Ambarita juga tak kalah menariknya dengan dua tempat sebelumnya. Anda bisa menjumpai  Batu Persidangan di desa ini. Batu yang berbentuk seperti meja ini dulunya digunakan untuk mengeksekusi tahanan. Mereka yang terbukti melakukan kejahatan seperti membunuh, mencuri dan memerkosa akan dihukum pancung di meja ini.

Berlibur tanpa belanja bagaikan makan sayur tanpa garam. Hambar rasanya. Makanya, bila Anda ingin mencari oleh-oleh atau buah tangan, Anda bisa mengunjungi toko sovenir yang bertebaran di Pulau Samosir, Parapat, Balige dan tempat-tempat lain sekitar kawasan wisata Danau Toba. Toko-toko ini menjual kain ulos, gitar khas Batak, kaos, gantungan kunci dan aneka suvenir lainnya. Asyiknya, di sini Anda bisa menawar untuk mendapatkan barang incaran.  

Selamat berlibur di kawasan wisata Danau Toba. Semoga liburan Anda menyenangkan!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *