Berlibur di Pantai Tanjung Lesung, Banten

Salah satu keuntungan Indonesia sebagai negara kepulauan adalah memiliki pantai-pantai dengan pemandangan yang elok. Entah itu pantai yang masih alami alias perawan maupun pantai yang sudah terjamah. Di Jawa Barat, ada sebuah pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan baik dari Jakarta maupun Banten sebagai tempat untuk melepas penat. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih hingga terlihat kontras dengan hijaunya pepohonan yang berjejer di tepi pantai. Warna putih pasir, hijau daun serta birunya air laut bila dipadukan akan tercipta pemandangan alam yang luar biasa indah. Ya, Pantai Tanjung Lesung namanya. Ingin tahu lebih jauh tentang Pantai Tanjung Lesung ini dan aktifitas apa yang bisa dilakukan disana? Berikut ulasannya…    

Pantai Tanjung Lesung berada di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Diberi nama Pantai Tanjung Lesung karena bentuk daratan tempat wisata ini menjorok ke laut seperti ujung lesung. Lesung ini sendiri merupakan alat tradisional untuk menumbuk padi yang biasanya terbuat dari kayu.

Untuk mencapai tempat wisata ini, Anda yang berasal dari Jakarta bisa memilih diantara dua rute berikut ini:

Rute pertama bisa ditempuh dari Tol Tangerang-Merak.  Kemudian ambil jalur keluar melalui pintu gerbang tol Serang Timur. Perjalanan di lanjutkan ke arah kota Serang kemudian ke kota Pandeglang dan Labuan hingga sampai di Pantai Tanjung Lesung.

Sedangkan unutk rute kedua, Anda tetap bisa mengambil jalur tol Jakarta-Merak tapi keluar melalui tol Cilegon. Lanjutkan perjalanan menuju pesisir Anyer sampai kea rah Labuan hingga tiba di lokasi.

Berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Keuntungan membawa kendaraan sendiri adalah Anda bisa dengan leluasa menghabiskan waktu di pantai. Namun, jika Anda memilih menggunakan tansportasi umum, pilihlah bus jurusan Terminal Labuan. Setiba di terminal, perjalanan ke Pantai Tanjung Lesung bisa dilanjutkan dengan menggunakan ojek.

 

Baca Juga : Pulau Umang Banten, Wisata Pulau Yang Mempesona

 

Apa sih yang bisa dilakukan saat berlibur di Pantai Tanjung Lesung?

Dengan panjang garis pantai mencapai 15 meter, kondisi pantai ini mirip dengan pantai Bali hingga banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di sana. Landainya hamparan pasir di Pantai Tanjung Lesung ini juga mendukung untuk melakukan berbagai macam kegiatan air, seperti  snorkeling, menyelam, jet ski, banana boat, memancing, kano, bahkan paintball. Anda juga tak perlu repot-repot menyiapkan peralatan karena pihak penyelenggara biasanya sudah menyediakannya. Bagi yang memiliki jiwa petualang, Anda bisa menikmati wahana outbound yang tersedia di kawasan wisata pantai ini. Anda juga bisa bersepeda, bermain voli, berjalan santai maupun berlari kecil menyusuri pantai diiringi deburan ombak dan sepoinya angin. Menghabiskan waktu di Pantai Tanjung Lesung ini pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tak hanya menikmati panorama alamnya saja, Anda juga bisa berpartisipasi melestarikan terumbu karang yang ada di Pantai Tanjung Lesung. Di sini, Anda akan belajar dan mempraktekkan tata cara membudidayakan terumbu karang. Tertarik? Anda bisa langsung ke Liwungan yang berada di sekitar Pantai Tanjung Lesung. Mengajak serta buah hati untuk mengikuti kegiatan konservasi terumbu karang ini sangat bermanfaat karena anak-anak akan diajarkan lebih peduli dan mencintai alam sekitar.

Pantai Tanjung Lesung juga menawarkan wisata budaya yang ciamik. Sembari menyusuri perkampungan nelayan Cipanon ataupun kampung Cikadu, Anda akan mengenal kebiasaan dan kebudayaan penduduk asli pantai. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan debus dan tarian api khas Banten. Alunan lesung akan menyambut Anda kala masuk ke kampung budaya ini. Bahkan, Anda juga bisa memainkannya. Cukup seru bukan?  

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat cara para nelayan menangkap ikan serta belajar tentang teknik memancing secara tradisional yang biasa mereka lakukan hingga proses pengolahannya. Menariknya, Anda juga bisa belajar berkebun di kawasan pantai ini. Betempat di kampung Cikadu, Anda akan diajari teknik berkebun di ladang sayuran dan kebun salak yang tersedia.

Setiap pantai biasanya menawarkan pemandangan sunset yang istimewa, tak terkecuali Pantai Tanjung Lesung. Pemandangan indah ini nampak kala matahari tenggelam di balik anak Krakatau. Pesona sunset di pantai ini merupakan salah satu yang terindah hingga sayang jika dilewatkan begitu saja.

Dengan menikmati panorama pantai yang indah dan melakukan berbagai aktifitas menarik di Pantai Tanjung Lesung, kelelahan fikiran dan fisik Anda pun akan segera sirna. Sekembalinya berlibur  Anda bisa bekerja kembali dengan lebih fresh. Selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.