Berlayar Imaji di Pantai Klayar, Lautan dan Tebing Karang Pacitan yang Magis

Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur. Pacitan terkenal akan sebutan kota kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain sebutan itu, ternyata Pacitan juga memiliki daerah yang sangat indah dan strategis.

Kota ini memiliki latar teluk Pacitan sehingga membuat kota Pacitan menjadi lebih memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Khususnya pada bidang pariwisata dan ekonomi.

Ikon pariwisata Pacitan

piknikasik.com

Pengunjung yang sedang berlibur di kota Pacitan, tidak boleh melewatkan salah satu ikon pariwisata Pacitan yang sangat indah. Wisata ini adalah Pantai Klayar.

Pantai Klayar memiliki pesona yang sungguh luar biasa sehingga Anda dijamin akan terkagum-kagum atas apa yang Anda lihat. Pantai ini akan memberikan kesan tersendiri kepada masing-masing pengunjung.

Ada yang terkesan akan suasana pantai yang sepi sehingga membuat tenang, pantainya yang alami, pasirnya yang putih dan agak kecoklatan, serta terkesan akan karang yang gagah dengan bentuk menjorok ke laut.

Semua itu akan Anda rasakan ketika Anda datang dan berkunjung ke kawasan Pantai Klayar.

Hal yang pasti akan dapat membuat Anda tertarik saat bermain ke Pantai Klayar adalah semburan air laut yang keluar dari sela-sela karang.

Kenapa bisa begitu? Karena di bawah tebing terdapat air laut yang bergelombang sehingga semburan itu ke atas melalu sela-sela karang.

Hal itu terjadi karena arus air laut yang ada di bawah karang lebih tinggi sehingga terjadilah semburan diantara sela-sela karang.

Kejadian ini sering membuat para pengunjung heran namun tetap senang karena memiliki keunikan tersendiri. Apalagi untuk diabadikan untuk mengambil foto dan video dengan latar belakang laut yang sangat indah.

Tebing Karang indah

piknikasik.com

Salah satu keindahan yang dimiliki Pantai Klayar adalah adanya sebuah tebing yang tingginya mencapai 50 meter di wilayah barat pantai.

Tebing karang itu sungguh indah serta menjadi ciri khas bagi pemandangan Pantai Klayar. Selain itu, Anda juga bisa melihat fenomena dimana air laut memancar ke atas hingga setinggi 10 meter.

Pancaran ini terjadi karena semburan tinggi dari air laut yang ada di bawah karang dan bebatuang dan keluar melalui celah-celah karang.

Fenomena unik dan langka ini patut untuk Anda nikmati. Keindahan lainnya yang harus Anda lihat adalah sunset. Fenomena sunset di pantai ini benar-benar memanjakan mata.

Pohon kelapa di pinggir pantai juga menghiasi keindahan Pantai terutama saat terjadi fenomena sunset.

Rute dan lokasi

tempatwisataindonesia.id

Untuk pergi ke Pantai Klayar, Anda harus pergi ke Desa Kalak, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Rute nya juga ternyata tidak terlalu sulit. Anda mungkin hanya akan menemukan beberapa jalan yang memiliki lintasan kurang mulus.

Namun untuk keseluruhan, rute dan lokasi Pantai Klayar ini tidak terlalu sulit dan mudah ditemukan.

Jika Anda berada di arah kota Jogja, Anda bisa menuju kota Wonosari di Gunungkidul. Setelah itu, Anda harus melanjutkan perjalanan Anda ke Pracimantoro, hingga ke Giribelah.

Setelah Anda melewati daerah Punung, Anda akan mengikuti jalan menuju pantai dengan mengikuti papan arah dengan tulisah Pantai Klayar.

Beda lagi jika Anda berada di arah kota Solo. Untuk lebih mudahnya, Anda cukup menuju daerah Pracimantoro.

Dari daerah ini Anda cukup lurus saja hingga mencapai daerah Giribelah, belok kanan hingga sampai di daerah Kalak. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti rute yang ada di papan arah di pinggiran jalan.

Baca juga:

Padang Rumput Sadengan Banyuwangi, Bak Hamparan Karpet Alami yang Asri

 

Fasilitas memadai

hoteldanwisata.com

Ketika berlibur ke Pantai Klayar, Anda akan merasakan serta mendapatkan beberapa fasilitas yang cukup memadai.

Salah satu nya adalah tersedianya kamar mandi serta toilet yang bersih sehingga Anda tidak perlu bingung ketika ingin membersihkan diri setelah main di kawasan pantai.

Ada juga musholla yang ditujukan kepada umat Islam yang akan melakukan sholat 5 waktu. Jadi Anda tidak bingung lagi untuk tempat sholatnya.

Warung-warung pinggir jalan juga banyak tersedia untuk Anda yang kelaparan dan haus saat berlibur.

Sayangnya, kawasan wisata Pantai Klayar belum memiliki fasilitas hotel atau penginapan lainnya.

Namun, jika Anda tetap ingin menginap dengan suasana Pantai Klayar, Anda bisa meminta izin mendirikan tenda atau camping. Laporlah kepada pengelola wisata Pantai Klayar sebelum mendirikan tenda.

Bagaimana? Keindahan dan pesona yang ada di Pantai Klayar sangatlah menjadi daya tarik sendiri bagi semua pengunjung.

Tidak perlu jauh-jauh untuk dapat menikmati keindahan pantai yang memukau. Karena di Pacitan, Anda dapat mendapatkan pesona pantai yang memuaskan.

**

Ciptakan pengalaman liburan berkesan dan nyaman bersama agen travel wisata Jari Adventure. Hubungi

HP : 0812-22279979

WA : 0877-78906999

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.