Berkilauan Bak Permata, 5 Pantai Menyala yang Fenomenal Bikin Merinding

Pantai sering kali menjadi destinasi utama para wisatawan untuk berlibur. Pantai bisa memberikan ketenangan bagi siapa saja.

Bahkan rasa stress dan penat sekalipun bisa menghilang jika sudah menginjakkan kakinya di pantai. Anda bisa melakukan banyak aktivitas di pantai.

Seperti berjemur, berenang, bermain pasir, snorkeling dan diving, serta aktivitas lainnya. Pantai di beberapa tempat memiliki keunikan tersendiri dari pemandangannya.

Contohnya adalah pantai yang airnya bisa mengeluarkan cahaya. Apakah ada?

Tentu ada! Pantai dengan air yang bercahaya biasanya disebabkan oleh bioluminesensi. Apa itu? Bioluminesensi adalah sebuah fenomena bilogis dari makhluk hidup tertentu yang bisa mengeluarkan cahaya.

Contohnya adalah jamur, flagellate serta plankton. Mereka bisa membuat air laut bercahaya apalagi saat malam hari. Pantai-pantai apa saja yang mengalami fenomena seperti ini? ini dia pembahasannya.

1. Mosquito Bay, Puerto Rico

BBC.com

Pantai pertama dengan fenomena air laut bercahaya adalah Mosquito Bay. Pantai ini terletak di Puerto Rico dan paling terkenal dari pantai lainnya.

Panorama di kawasan pantai ini sangat menakjubkan karena lautnya bisa bercahaya. Fenomena ini disebabkan oleh bioluminesensi dari lebih dari 700 ribu dinoflagellate di pantai ini.

Makhluk kecil ini membuat air menjadi terang berwarna biru bercahaya. Terlihat sangat jelas dikala malam. Anda bisa berenang di tempat ini dengan panorama yang sangat indah.

2. Pantai Pulau Vaadhoo, Maldives

dailymail.co.uk

 

Maldives merupakan kawasan yang sering menjadi idaman para wisatawan yang ingin belibur.

Maldives memiliki keindahan yang luar biasa, jadi Anda jangan kaget kalau tempat ini sering dikunjungi banyak orang dari seluruh penjuru negara.

Ada salah satu pulau di Maldives yang memiliki air pantai yang bercahaya yaitu pulau Vaadhoo. Pantai ini akan bercahaya di malam hari seakan-akan bertabur bintang.

Fenomena ini disebabkan oleh Ostracod Crustaceans, organisme laut berupa phytoplankton yang membuat air laut ini bercahaya.

Jika Anda menginjak pasir atau bermain airnya, maka organisme ini akan menempel di kulit Anda. Bahkan Anda bisa membuat jejak kaki yang bercahaya.

3. Pantai Teluk Toyama, Jepang

thetempest.co

Ternyata Jepang juga memiliki pantai yang airnya bisa bercahaya di malam hari. Pantai Teluk Toyama memiliki pantai yang bercahaya yang disebabkan oleh watasenia scintillans.

Makhluk ini adalah sejenis cumi dengan ukuran 7 cm yang tubuhnya bisa mengeluarkan cahaya biru.

Hewan ini kerap muncul di tepi pantai sehingga sering terlihat sebagai tebaran neon biru yang menawan.

4. Teluk Mision, Amerika Serikat

dailymail.co.uk

Amerika Serikat terkenal akan kota dan bangunannya yang menjulang tinggi. Namun, tidak ada salahnya jika Anda pergi ke pantainya agar jauh dari kebisingan kota.

Teluk Mission yang ada di kawasan San Diego, California ini bisa menjadi tujuan Anda. pantai ini memiliki air yang terlihat bercahaya dengan warna biru ketika malam hari.

Fenomena ini disebabkan oleh ganggang laut yang berwarna biru sehingga membuat air laut menjadi warna serupa.

Baca juga:

Tersihir Pesona Mistis, 5 Pantai Legendaris di Nusantara yang Sarat Mitos

 

5. Pantai Pulau Tasmania, Australia

abc.net.au

Lokasi pantai yang satu ini terletak di pulau Tasmania, di Austalia. Pantai yang ada di kota Hobart ini memiliki cahaya kebiruan di air lautnya apalagi ketika malam hari.

Cahaya di air lautnya berasal dari kumpulan organisme yang bernama noctiluca scintillans. Jumlah nya bisa mencapai milyaran organisme sehingga membuat pantai ini terlihat sangat indah.

Pantai ini terlihat indah di siang hari, dan terlihat menakjubkan di malam hari.

***

Bergabung bersama pengguna Jari Adventure tour and travel dan dapatkan keuntungan menarik, diskon harga paket, dan update promo terbaru dengan penawaran harga terhemat ke berbagai destinasi di Indonesia dan mancanegara.

Hubungi HP : 0812-22279979 dan WA : 0877-78906999 untuk memberikan Anda info paket wisata dan tour selengkapnya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.