Berkelana Ke Wisata Kampung Durian di Wonosalam, Jombang

Siapa yang tak menyukai buah durian. Rasanya yang legit serta aromanya yang khas telah banyak memikat hati pecinta buah-buahan.

Sayangnya, durian sering dibandrol dengan harga yang mahal dan agak sedikit sulit didapat terutama saat musim durian belum tiba.

Berbicara tentang buah tropis yang satu ini, ternyata ada kampung khususnya lho di Jawa Timur yang juga berfungsi sebagai tempat wisata.

Ya, kampung durian ini berada di Desa Sumber, Kecamatan Wonosalam,  Jombang, Jawa Timur, tepatnya berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Jombang.

Bagi para duren mania, wisata kampung durian di Wonosalam ini bisa Anda kunjungi untuk melepas penat sambil menikmati durian sepuas Anda.  

Wisata kampung durian di Wonosalam

Wisata kampung durian di Wonosalam biasanya ramai dikunjungi saat musim panen  durian tiba yaitu sekitar September hingga Februari.

Di kampung ini akan banyak penjual durian yang menjajakan hasil panenya di sepanjang jalan. Durian asli Wonosalam dikenal dengan nama durian Bido yang terkenal dengan kelezatannya dan juga rasanya yang pahit manis.

Durian Bido ini berdaging tebal, berwarna kuning dan aromanya sangat wangi dengan isi atau ponggenya kecil. Pantas saja, wisata kampung durian di Wonosalam ini menjadi buruan para penikmat durian. Namun sayangnya, harga durian Bido ini agak sedikit mahal dibanding dengan durian jenis lainnya.

Wisata petik durian

Selain membeli dari pedangan di pinggir jalan, Anda juga bisa merasakan sensasi memetik buah durian sendiri sebelum menyantapnya.

Namanya saja kampung durian, buah yang diberi nama sesuai dengan ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri ini bisa ditemukan hampir di setiap jengkal kebun warga.  

Berkunjung ke wisata kampung durian di Wonosalam kala panen memang banyak untungnya. Selain bisa puas menikmati durian dengan harga yang lebih murah, Anda juga bisa menyaksikan festival durian yang rutin digelar oleh pemerintah Kabupaten Jombang setiap tahun sekali.

Festival Durian

Saat Festival Durian, warga Wonosalam mengadakan acara syukuran yang dikenal dengan nama kenduren sebagai salah satu bentuk syukur warga akan hasil panen yang melimpah.

Mereka juga mengharapkan hasil panen durian akan semakin membaik di tahun-tahun mendatang. Dalam kenduren, warga masing-masing desa mengusung tumpeng durian yang diarak keliling lapangan dan setelah selesai acara biasanya durian-durian ini bebas dimakan siapa saja.      

 

Baca Juga : Tempat Rafting arung jeram murah dan asyik di Jawa Timur

 

Jenis-jenis durian

Selain durian Bido, taman wisata yang berada di lereng Gunung Asmoro ini menawarkan banyak jenis durian seperti durian susu, durian montong, durian kerikil, durian bawor, dan masih banyak lagi.

Harga  durian ini bervariasi  dan biasanya dipatok sesuai dengan ukuran buah. Anda bisa membeli buah ini dari harga mulai 20 ribu hingga 125 ribu per buahnya. Saat musim panen, durian-durian ini biasanya bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah.

Akses lokasi dan transportasi

Wisata kampung durian Wonosalam bisa di tempuh melalui beberapa jalur, diantaranya dari Jombang dan dari Malang. Bagi Anda yang mengambil rute dari Jombang, setelah dari alun-alun kota Jombang, ambil arah menuju ke Mojoagung yang berjarak sekitar 30 Km, dilanjutkan ke arah Wonosalam yang berjarak sekitar 10 Km.

Atau bisa lewat Tebuireng menuju Mojowarno dilanjutkan ke Wonosalam. Dari Malang, Anda bisa menempuh rute Malang-Batu-Pujon-Ngantang-Kandangan-Pengajaran-Wonosalam  atau Malang-Batu-Pujon-Ngantang-Kandangan-Ngoro-Bareng-Wonosalam. 

Wisata di sekitar wisata kampung durian Wonosalam

Tak jauh dari lokasi wisata kampung durian Wonosalam, Anda juga bisa mampir ke dua wisata goa, yaitu Goa Sriti dan Goa si Golo Golo. Goa-goa ini masih sangat alami sehingga hanya bisa dicapai dengan jalan kaki dengan medan yang lumayan berat.

Sepanjang perjalanan menuju goa, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang indah serta pedesaan yang asri. Siapkan saja fisik yang prima jika benar-benar ingin sampai ke lokasi goa ya…

Jika Anda memang tertarik untuk mengunjungi wisata kampung durian Wonosalam, sebaiknya datang ke lokasi saat panen raya durian.

Selain bisa mendapatkan harga durian  yang lebih murah, Anda juga bisa menikmati durian secara gratis saat digelarnya festival.

Namun, Anda harus tetap memperhatikan keselamatan diri saat berebut durian sebab saat berdesakan kulit durian yang berduri bisa saja melukai Anda.  

Tertarik mencicipi buah durian dari wisata kampung durian Wonosalam? (Jari Adventure-Det)

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

2 thoughts on “Berkelana Ke Wisata Kampung Durian di Wonosalam, Jombang

  • March 28, 2016 at 10:05 am
    Permalink

    aseekkk. duriaann.
    ini buah kesukaan saya ini. jadi ngilerr 🙂

    Reply
    • March 28, 2016 at 2:27 pm
      Permalink

      hehehe
      bisa langsung main ke daerah Jombang, kampung durian mas 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *