Berhias Bukit dan Pantai, 6 Wisata Toboali yang Harus Kamu Kenali

Pernah mendengar kota Toboali? Kota Toboali merupakan salah kota sekaligus Ibu Kota dari Kabupaten Bangka Selatan. Untuk menuju kota ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Pangkal Pinang. Luas kotanya mencapai 1.460,36 km. Lalu, mengapa kota ini harus masuk dalam list destinasi Anda pada liburan kali ini?

Kota Toboali memang masih belum banyak dikenal oleh wisatawan. Ternyata, kota ini kaya akan panorama alam dan sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Selain itu, kini Toboali telah masuk dalam salah satu destinasi wajib untuk wisatawan yang sedang berkunjung ke Pulau Bangka.

Apa saja destinasi wisata yang ada di kota Toboali? Inilah pembahasannya.

1.    Benteng Toboali

Destinasi pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Benteng Toboali. Benteng ini merupakan destinasi sejarah yang terletak tak jauh dari pusat kota. Berkunjung ke benteng ini hanya cukup menempuh sekitar 10 menit perjalanan hingga sampai ke benteng peninggalan Belanda yang satu ini.

Benteng Toboali berada di atas bukit kecil dan menghadap langsung kea rah laut. Benteng ini dibangun di tahun 1825 silam dan bertujuan untuk melindungi pertambangan timah dari serangan yang datang dari arah laut. Ketika tahun 1942 hingga 1945, benteng ini sempat dikuasai oleh Jepang.

Kini benteng ini hanya tersisa reruntuhannya saja. Konon, ruangan-ruangan di dalamnya digunakan sebagai barak prajurit, Gudang, ruang administrasi, dapur, hingga tempat menyimpan makanan.

2.    Pantai Nek Aji

Selanjutnya ada pantai Nek Aji yang berada di belakang Benteng Toboali. Pantai ini masuk dalam salah satu pantai andalan dengan panorama indah serta suasananya yang nyaman. Bibir pantai dengan pasir yang putih membuat pantai ini menjadi incaran wisatawan. Bahkan, pantai Nek Aji tak jarang dijadikans ebagai lokasi digelarnya sebuah acara seperti festival laying-layang ketika digelar Toboali City On Fire.

Dalam acara ini, Pantai Nek Aji bisa ramai mendadak dan dipadati oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Meskipun diterpa teriknya matahari, Anda tak perlu khawatir karena dapat berteduh di bawah deretan pepohonan rindang.

3.    Batu Belimbing

Batu Belimbing menjadi salah satu destinasi yang kini tengah naik daun di Toboali. Lokasinya tak jauh dari pusat kota, namun tidak sedekat lokasi dari kedua destinasi di atas. Batu Belimbing terletak di jalan Pasiban Kampung Lalang, Kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Berkunjung ke wisata ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor dari pusat kota.

Nama wisata ini memang tergolong unik. Dinamakan batu belimbing karena berukuran cukup besar dengan irisan yang mirip seperti buah belimbing yang timbul secara alami. Hal ini terjadi karena adanya curah hujan selama ratusan tahun yang akhirnya mengikis batu tersebut.

4.    Pantai Batu Perahu

Tak jauh dari lokasi Batu Belimbing, ada pantai bernama Pantai Batu Perahu yang bisa Anda kunjungi dengan berjalan kaki. Pasir pantainnya memang tak begitu putih bersih, namun panorama indah dari bebatuan granitnya memang sangat memanjakan mata. Bahkan, terdapat sebuah batu granit berukuran besar yang berbentuk layaknya perahu dengan tinggi mencapai 3 meter dan lebar 5 meter. Hal ini lah yang membuat pantai ini diberi nama Pantai Batu Perahu.

Baca juga:

Pulau Buaya Hingga Ikan Bakar Terlezat! Kunjungi 7 Destinasi Wisata di Sorong Ini

 

5.    Pantai Batu Kapur

Pantai yang satu in masih berada dalam garis pantai yang sama dengan Batu Perahu. Suasana pantai juga dipenuhi oleh bebatuan granit yang berada di bibir pantainya. Pantai ini diberi nama Batu Kapur bukan karena jenis dari bebatuan yang ada di sini, namun banyaknya hewan serangga yang disebut dengan nama kapur oleh warga setempat. Serangga ini sering kali muncul di sore hari di musim tertentu.

6.    Pantai Batu Kodok

Pantai yang satu ini juga memiliki pemandangan indah dari hiasan bebatuan granit yang tersebar di pinggiran pantai. Sesuai Namanya, batu dengan bentuk mirip kodok juga menyebabkan pantai ini diberi nama Pantai Batu Kodok.

Beberapa destinasi wisata di atas tentu wajib Anda kunjungi ketika berkunjung ke Bangka Selatan. Aksesnya juga sangat mudah untuk Anda jangkau. Oleh karena itu, jangan lupa untuk Anda kunjungi dan selamat berlibur!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.