Berdiri Kokoh Hingga Kini, 10 Istana Termegah di Bumi yang Tak Lekang Waktu

Dulu, sistem pemerintahan di banyak negara menganut sistem kerajaan. Namun, siapa sangka? Masih banyak negara yang meneruskan sistem kerajaan atau monarki hingga saat ini.

Bukti nyata dari sistem kerajaan yang tak lekang oleh waktu adalah bangunan-bangunan khas kerajaan yang masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Ada banyak kastil dan istana kerajaan megah yang masih berdiri hingga sekaran. Bahkan beberapa di antaranya telah menjelma menjadi wisata sejarah yang mengagumkan.

Bagi Anda yang penasaran dengan istana-istana menakjubkan yang ada di dunia, mari kita simak berikut ini.

1.    Imperial Palace

Untuk istana yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Imperial Palace biasa dikenal dengan nama Edo Castle.

Istana yang berada di Jepang tepatnya Chiyoda, Tokyo ini dulunya berfungsi sebagai Istana Kekaisaran Tokyo yang dibangun pada tahun 1457.

Meskipun sudah berumur ratusan tahun, namun bangunannya tetap berdiri kokoh dan memiliki arsitektur kerajaan yang khas.

2.    Winter Palace

Istana selanjutnya yang tak kalah keren adalah Winter Palace yang berada di Saint Petersburg, Rusia. Istana ini juga biasa disebut dengan nama Istana Musim Dingin.

Winter Palace dibangun di antara tahun 1754 dan 1762 sebagai tempat kediaman resmi bagi penguasa monarki di Rusia.

Hingga saat ini, bangunan istana masih berdiri kokoh dan megah dengan warna cat yang cantik sehingga menambah daya Tarik para pengunjung.

3.    The Grand Palace

Sejak abad ke -18, The Grand Palace merupakan istana yang berfungsi sebagai kediaman keluarga kerajaan Thailand.

Untuk mengunjungi istana ini, Anda perlu datang ke Na Phra Lan Rd, Khwaeng Phra Borom Maha Ratchawang, Ket Phra Nakhon, Krung Maha Nakhon, Bangkok, Thailand.

Dulunya, istana ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Rama I di tahun 1782 silam.

4.    Neuschwanstein Palace

Dengan lokasi yang berada di puncak pegunungan teatnya di dekat Hohenschwangau dan Füssen, Bayern, Jerman membuat kastil ini sering menjadi daya Tarik pengunjung.

Tak hanya bangunan yang menakjubkan, namun pemandangan di sekitar kastil juga sangat indah. Kastil ini dibangun pada tahun 1869 oleh Raja Ludwig II dan Bavaria.

5.    Topkapi Palace

Istana Topkapi dulunya dibangun sebagai kediaman Sultan Mehmet II sekaligus menjadi titik sentral dari Kekaisaran Ottoman selama hampir 600 tahun lamanya.

Istana ini dibangun pada tahun 1459 dengan perintah dari Sultan Mehmed II. Arsitektur dan interior dari Topkapi Palace patut diacungi dua jempol.

Sebagai bangunan yang telah berusia ratusan tahun, istana ini seakan tak lekang oleh waktu. Topkapi Palace berada di Istanbul Turki.

6.    Palacio Nacional da Pena

Memiliki rencana untuk berkunjung ke Portugal? Maka Anda bisa memasukkan Palacio Nacional da Pena ke dalam itinerary Anda.

Istana ini terletak di São  Pedro de Penaferrim, Sintra, Portugal. Bangunan ini telah ada sejak tahun 1836 dan kini telah terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Bangunan istana ini cukup berwarna sehingga terlihat lebih wow.

7.    Buckingham Palace

Siapa sih yang tidak tahu dengan Buckingham Palace? Istana ini adalah tempat tinggal resmi dari ratu Inggris di Kota London.

Dulunya bangunan ini berfungsi sebagai balai kota dari Duke of Buckingham di tahun 1703. Setelah tahun 1837, akhirnya bangunan ini beralih fungsi menjadi kediaman Ratu Victoria.

baca juga:

Persiapan Liburan Musim Semi, Ajak Anak-anak ke Taman Hiburan Terbaik Ini

 

8.    Puri Saren

rentalmobilbali

 

Negara kita negara Indonesia dulunya terdiri atas beragam kerajaan di setiap daerah. Salah satu yang masih berdiri kokoh dan menakjubkan adalah Istana Puri Saren yang ada di Ubud, Bali.

Dulunya, Puri Saren berfungsi sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Ubud. Kini, istana ini masih ditinggali oleh garis keturunan keluarga dari kerajaan Ubud.

9.    Istana Siak Sri Indrapura

batiqa

 

Masih di Indonesia, Istana Siak Sri Indrapura yang ada di Provinsi Riau nyatanya masih berdiri megah. Kesultanan Siak Sri Indrapura yang memerintah pada tahun 1723 meninggalkan istana ini.

Dibangun oleh arsitek asal Jerman dengan gaya bangunan istana sedikit terpengaruh oleh budaya Eropa dan campuran Melayu.

10.  Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

wikimedia

 

Semua pasti tahu tentang kota Yogyakarta yang hingga kini masih mempertahankan kesultanannya. Salah satu peninggalannya adalah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang berada di Kota Yogyakarta.

Bangunan ini didirikan oleh Pangeran Mangkubumi, sebagai Sultan Hamengkubuwono 1 di tahun 1755. Meskipun kesultanan ini telah resmi masuk dalam bagian Republik Indonesia, namun kompleks istana ini masih berfungsi sebagai kediaman sultan.

Semua istana kokoh nan megah di atas patut untuk Anda ketahui. Ini membuktikan bahwa waktu bukan penghalang kokoh dan megahnya suatu istana kerajaan. Jadi, istana mana yang menarik perhatian Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.