Beragam Aktivitas Menarik di Wakatobi

Wakatobi yang merupakan sebuah singkatan dari Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko merupakan sebuah  kabupaten yang terletak di Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi sendiri mulai terkenal karenamenjadi tempat wisata yang cukup popular, baik di kalangan wisatawan Indonesia maupun mencanegara. Apalagi jika bukan menawarkan berbagai keindahan alamnya yang masih alami dan mempesona. Simak deh ulasan beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan oleh rekan traveler yang ingin mengunjungi Wakatobi.

Melihat Pemandangan Wakatobi dari Bukit Tomia

Karena ada banyak karang besar yang ditemukan pada bagian tanahnya, Bukit Tomia diperkirakan merupakan dasar laut pada berates tahun yang lalu. Dari atas bukit ini, rekan traveler dapat secara lebih leluasa menikmati pemandangan Wakatobi beserta segala keindahan laut dan daratan yang ditawarkan.

Tempat ini masih sepi dari pengunjung, sehingga kebersihan bukit masih sangat bersih dan terjaga dengan baik . Hasilnya pengunjung pun dapat merasa nyaman tinggal lama-lama di tempat ini. Suasana sejuk dan cukup sepi bisa menjadi lokasi yang tepat untuk dapat menenangkan hati dan pikiran.

Snorkeling dan Diving

Snorkeling adalah hal pertama yang tentunya ada di benak para wisatawan ketika mengunjungi tempat wisata ini. Memiliki air laut yang begitu bening, traveler dapat melihat keindahan dunia bawah laut yang ada di Wakatobi, hanya dengan melakukan snorkeling saja. Dijamin kamu akan terkagum-kagum melihat pesona pemandangan dunia bawah laut, yang dihiasi oleh koral warna-warni.

Baca Juga: Wisatawan Bisa Lakukan Hal Menarik Ini Di Labuan Bajo

Ingin lebih menantang? Gunakan peralatan khusus menyelam untuk mendapatkan pengalaman baru, dengan ber-diving ria di Wakatobi ini. Kamu pun bisa melihat secara lebih jelas dan dekat semua penghuni yang hidup di bawah laut. Jangan lupa untuk membawa kamera khusus yang bisa digunakan merekam di bawah air, sehingga semua keindahannya dapat diabadikan.

Untuk spot snorkeling-nya sendiri, tersebar di mana-mana dan bisa dengan mudah dijangkau sesuai dengan pilihanmu. Demi mendapatkan pengalaman snorkeling yang luar biasa, Pulau Hoga dan Pulau Tomia merupakan tujuan yang paling populer dan paling direkomendasikan untuk dicoba. Pulau Hoga sendiri adalah sebuah pulau yang tidak begitu besar dan letaknya ada di dekat Kaledupa.

Menonton Tarian Khas Suku Buton

Di Wakatobi juga sangat kaya akan seni dan budayanya, di mana tarian khas suku Buton bisa disaksikan untuk menambah pengetahuan dan inspirasi para wisatawan. Tarian yang dimaksud antara lain adalah tarian perang suku Buton, yang disebut juga dengan tarian Eja-Eja, di mana anak-anaklah yang biasa memperagakannya. Tarian lainnya yang juga cukup populer di Wakatobi adalah tarian Mborira, dengan latar belakang seorang pria perantau pulang ke kampung halaman dan memilih seorang wanita untuk dijadikan istri.

Melakukan Kunjungan ke Desa Suku Bajo

Desa Suku Bajo amatlah unik karena rumah mereka yang didirikan di atas laut dan tidak di daratan atau di atas pulau. Hal ini berawal dari sifat asal penduduk di sana yang tidak punya tempat tinggal tetap dan selalu nomaden, karena tinggal di perahu. Saat menyambangi Wakatobi, kunjungan akan terasa lebih sempurna, bila Desa Bajo ini masuk di dalam daftar destinasi. Para traveler juga bisa melihat bahkan kegiatan anak-anak suku Bajo yang luar biasa dalam bermain futsal di atas air.

Mencoba Kuliner Khas Wakatobi

Liburan di Wakatobi bukan hanya tentang keindahan pantai dan kehidupan bawah lautnya, melainkan juga makanan khas Wakatobi yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain. Kasuami adalah makanan pokok masyarakat Wakatobi, yang berbahan utama singkong atau ubi kayu. Bahan makanan ini akan dimasak dan diparut dengan memanfaatkan cetakan kerucut.

Ikan parende biasa disajikan sebagai menu pendanmping kasuami. Biasanya sajian ini berupa ikan bakar yang sudah diberi bumbu khas, yaitu saus yang terbuat dari buah belimbing. Selain dibakar, ikan parende pun bisa dinikmati dalam bentuk sup yang memberikan sensasi segar dan tentunya sangat lezat.

Kamu juga bisa melahap makanan pokok masyarakat Indonesia, yang diolah dalam bentuk yang berbeda. Dikenal dengan nama Luluta, nasi yang dimasak di dalam bambu ini mengguggah selera. Selain melalui melalui proses pembakaran, bumbu santan dan campuran kerang-kerangan makin menambah kelezatan cita rasanya.

Ayo berkunjung ke Wakatobi sekarang juga! (Jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *