Megahnya Benteng Marlborough, Tempat Bersejarah Peninggalan Penjajah

Benteng MarlboroughJika traveler berkesempatan melancong ke Bengkulu, kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Benteng Marlborough. Tembok pertahanan terbesar di Asia ini dulunya merupakan peninggalan Pemerintahan Inggris saat penjajahan terjadi.

Saat itu, benteng ini didirikan oleh East India Company pada tahun 1713 hingga 1719, di bawah pimpinan gubernur Joseph Callet. Konon benteng pertahanan Inggris ini diklaim menjadi yang terkuat di wilayah timur, setelah benteng St. George di Madras, India. Uniknya lagi, benteng ini didirikan di atas bukit buatan yang menghadap Kota Bengkulu dan memunggungi Samudera Hindia.

Lokasi Benteng Marlborough

Berada di jalan Jenderal Ahmad Yani, Bengkulu, Anda dapat memilih berbagai sarana transportasi untuk menuju ke sini. Dari bandara, pengunjung dapat menggunakan taksi, sedangkan dari terminal Panorama cukup gunakan angkot berwarna hijau dan berhenti di jalan Suprapto, kemudian dilanjutkan menaiki angkot berwarna kuning yang menuju Benteng Marlborough.

Benteng yang masih berdiri kokoh ini memiliki gaya arsitektur abad ke-18, yang berbentuk seperti kura-kura. Anda akan melihat beberapa jembatan yang menghubungkan bagian ujung dan pusat, serta jembatan di atas parit yang membentuk seperti ekor. Tidak ketinggalan jembatan yang menghubungkan jalan masuk, yang dulunya dapat diangkat dan diturunkan. Begitu juga batas dinding terluar yang masih terlihat seperti parit-parit jaman dahulu yang dibiarkan alami, tanpa tersentuh usaha untuk melakukan perbaikan atau renovasi.

Berada di satu kawasan wisata dengan Pantai Paderi dan Pantai Zakat, Benteng Marlborough yang letaknya tidak terlalu jauh ini sering ramai oleh pengunjung. Tidak hanya menjadi destinasi wisata, tapi juga dijadikan sebagai referensi mengenal sejarah. Ada berbagai bangunan menarik di dalam benteng ini, sebut saja bastion, yaitu sebuah bangunan menjorok yang ada di setiap sudut gedung. Fungsinya adalah untuk bersembunyi saat akan menyerang musuh.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Tentang Festival Tabuik di Pariaman, Sumatera Barat

Revaline

Ada juga revaline yang merupakan sebuah bangunan di atas parit dan memiliki tiga sudut. Bangunan ini terhubung dengan benteng melalui sebuah jembatan. Buat Anda yang menyukai hal-hal berbau seram dan mistis, tidak ada salahnya menyempatkan mengintip ruang tahanan. Salah satu ruang yang paling menyeramkan ini dulunya digunakan sebagai tempat menampung para tahanan di masa penjajahan.

Selain itu terdapat juga gudang persenjataan yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan persenjataan pasukan Inggris. Salah satunya adalah empat buah meriam yang digunakan untuk peperangan dan diletakkan di tempat terpisah. Dua meriam berada di sebelah utara, dan dua lainnya ada di sebelah timur.

Fungsi Benteng Marlborough

Seperti benteng-benteng pertahanan pada umumnya, Benteng Marlborough ini juga dilengkapi dengan sebuah terowongan. Dibangun di bawah tanah dengan lebar dua meter dan panjang kurang lebih enam meter, terowongan ini difungsikan sebagai jalur aman untuk keluar masuk benteng. Konon, terowongan ini sebenarnya sangat panjang dan bahkan memiliki beberapa cabang yang berujung ke Pantai Paderi, Pantai Zakat, dan Istana Gubernur. Namun seiring berjalannya waktu, terowongan ini tertutup oleh tanah dan hanya tersisa sepanjang enam meter ini saja.

Jika Anda menuju ke belakang benteng, terlihat tiga makam yang bertuliskan Thomas Parr, Charles Muray, dan satu makam yang tidak dikenal. Juga terdapat prasasti nisan bertuliskan nama, anggak, dan tahun kematian para pasukan Inggris yang gugur di medan perang. Terlepas dari kesan mistik yang banyak diceritakan oleh masyarakat sekitar Benteng Marlborough ini, tidak menghalangi banyak wisatawan untuk datang, baik melihat-lihat peninggalan sejarah atau sekadar menikmati keindahan alam dari atas ketinggian.

Tips wisata ke Benteng Marlborough

Bagi Anda yang berkunjung pertama kali ke Benteng Marlborough harus siap-siap terpesona dengan kemegahan dan luasnya benteng pertahanan ini. Di setiap sudut lokasi benteng menawarkan pemandangan alam Ternate yang sangat indah. Nun jauh di sana paduan panorama lautan dan gunung Gamalama seakan menyambut para pelancong dengan senyuman dan mengundang untuk selalu datang kembali setiap liburan. Liburan ke Benteng Marlborough memang seru, tapi jangan lupa untuk mengikuti tips-tips wisata ke Benteng Marlborough berikut ya…

  1. Cuaca di Ternate bisa dibilang sangat panas dan gerah. Percuma Anda membawa baju-baju tebal seperti jaket, atau sweater. Lebih baik, kenakan saja pakaian yang berbahan adem dan menyerap keringat seperti T-shirt berbahan katun.
  2. bawa juga pelindung kepala dari teriknya sinar matahari seperti topi atau payung. Jangan lupa juga untuk membawa kacamata hitam karena kebanyakan tempat wisata di Ternate merupakan benteng-benteng peninggalan sejarah yang berlokasi di tepi laut dengan konsep terbuka atau tanpa atap.
  3. siapkan sebotol air minum di dalam tas agar Anda tidak kekurangan cairan ketika berkeliling di sekitar Benteng Marlborough. Kekurangan cairan atau dehidrasi bisa menyebabkan para pengunjung tiba-tiba pingsan atau sakit kepala.
  4. menjaga kebersihan di sekitar lokasi Benteng Marlborough adalah kewajiban setiap pengunjung. Tanggung jawab dan kesadaran masyarakat ketika mengunjungi salah satu cagar budaya dan situs peninggalan sejarah ini harus selalu dipertahankan agar anak-cucu kita kelak juga bisa turut menyaksikan bukti peninggalan sejarah di masa lalu bangsa Indonesia. Buang sampah pada tempatnya dan jangan mencorat-coret tembok/benteng.

**

  1. megah dan luasnya Benteng Marlborough membutuhkan daya tahan fisik untuk bisa berkeliling. Kenakan sepatu atau alas kaki yang nyaman agar Anda bisa bebas melangkah dan leluasa untuk bergerak.
  2. membeli suvenir di sekitar Benteng Marlborough tidak begitu sulit. Di sekitar tempat wisata, umumnya sudah banyak para pedagang oleh-oleh yang menyajikan produk lokal khas Ternate. Antara lain seperti kaos T-shirt, aksesoris, serta yang unik adalah rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan pala yang mungkin jarang tersedia di tempat lain.
  3. mengunjungi tempat wisata tidak akan afdol tanpa menikmati sajian kuliner khas daerah Ternate. Di daerah ini sangat populer jenis kuliner dari bahan ikan atau sea food mengingat lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut Samudera Hindia.
  4. Dijamin berlibur ke Ternate, jika tidak ekstra perawatan kulit, bisa-bisa kulit Anda akan lebih cokelat bukan karena tanning tapi sering terpapar sinar matahari. Jadi, untuk urusan pakaian, disarankan untuk memakai pakaian yang tertutup seperti lengan panjang atau celana panjang. Dan terapkan sunblock atau tabir surya setiap 2 jam sekali untuk melindungi kulit. Cuaca di Bengkulu yang tergolong panas dapat membuat kulit terbakar dan perih.
  1. Selain itu, jangan lupa untuk menyempatkan membaca cerita-cerita sejarah yang telah dirangkum di lokasi wisata tersebut untuk menambah pengetahuan.

Apabila Anda ingin melanjutkan liburan dengan menikmati Pantai Paderi dan Pantai Zakat, ada beberapa tempat penginapan di sekitar Benteng Marlborough yang dapat dimanfaatkan untuk beristirahat. Nah tidak ada salahnya lho menyempatkan waktu luang untuk mengunjungi tempat bersejarah ini, sebelum menutup akhir tahun ini. Selamat berlibur! (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *