Belum Lengkap Kalau ke NTT, Tanpa Tengok Wisata Atambua!

Liburan ke Atambua, Nusa Tenggara Timur yang merupakan perbatasan Indonesia-Timor Leste bisa jadi pengalaman menarik yang tak boleh dilewatkan apalagi bagi kamu yang suka berpetualangan. Nah sebelum ke Atambua ada lima hal harus kamu ketahui sebelum pergi kesana.

 

1.   Pesawat

Cara paling tepat pergi ke Atambua adalah dengan naik pesawat. Wisatawan dari berbagai kota di Indonesia bisa terbang ke Kupang. Dari bandara El Tari Kupang ada pesawat baling-baling Wings Air ke Bandara AA Bere Tallo di Atambua dua kali sehari pada pukul 08.20 WITA dan 11.20 WITA dengan asumsi terbang bulan Juli adalah Rp. 3,5 juta PP.

 

2.   Transportasi

Kalau sudah di Atambua memang ada kendaraan umum namun untuk cara terbaik adalah dengan menyewa mobil agar bisa jalan-jalan. Untuk estimasi sewa mobil Avanza atau Innova dengan sopir adalah Rp. 500 ribu per hari. Namun apabila menjelajah sampai perbatasan atau jauh dari Atambua akan ada tambahan uang bensin.

 

3.   Hotel

Untuk hotel, Atambua masih baru ada hotel lokal yang masih dibawah kelas bintang 3 dengan pilihan budget berkisar Rp. 200 ribu – 600 ribu. Hotel paling terkenal di Atambua adalah hotel matahari, King Star, Timor Hotel dan Permata Atambua.

 

4.   Makanan

Kalau mencari makan maka harus ke Alun-alun Atambua. Disana akan ada kuliner nasi goreng babi. Tapi tenang saja untuk wisatawan Muslim ada banyak yang berjualan Nasi Padang, Soto Lamongan dan Pecel Ayam. Dan sedangkan bila kamu ingin mencicipi masakan khas Atambua kamu bisa ke Pojok Lokal Mak Ona di Pasar Senggol yang berjualan Jagung Boseh yang dibuat dengan ditumbuk dan di kukus lalu lauknya dengan teri dan bunga pepaya, Ubi Kukus isi gula merah dan sambal Luat yang pedes.

 

5.   Komunikasi

Satu-satunya sinyal yang bisa diandalkan di Atambua adalah dari provider Telkomsel bahkan ditengah kota Atambua kualitas 4G masih terjaga dengan baik. Namun ketika sudah ke pinggir Kab. Belu kualitasnya menurun di bawah 4G tapi masih bisa berkomunikasi dengan lancar.

 

Nah kalau kamu mau live Instagram berarti harus menuju ke Pos Perbatasan Motaain karena sinyalnya masih kuat.

 

Setelah ngobrol apa saja yang perlu disiapkan saat menuju Atambua, sekarang giliran kita bahas wisata yang wajib dicoba saat di Atambua.

 

1.   Teluk Gurita

Teluk ini menyuguhkan pemandangan yang mempesona dan sudah lama digunakan sebagai pelabuhan alami sejak zaman dulu. Dari Kota Atambua jarak Teluk Gurita sekitar   18 km. Perairan yang tenang dikelilingi dengan perbukitan menarik untuk menenangkan pikiran. Selain itu kamu bisa memancing, menyewa perahu dan memancing di danau konkas yang berada tak jauh dari teluk Gurita.

 

2.   Pantai Atapupu

Dikenal dengan nama pantai Sukaerlaran atau pantai pasir putih dengan pantai yang dibalut pasir putih dan rindangnya pepohonan bakau yang asri. Air lautnya yang dangkal serta pasir halus cocok untuk bermain-main air sambil menikmati pemandangan alam. Apalagi jika matahari terbenam, kamu bisa menikmati sunset yang indah yang tak kalah romantis seperti pantai di Bali lho.

 

3.   Kolam Susuk

Dilihat dari namanya saja sudah unik pasti akan membuat kamu penasaran untuk melihat kolam ini. Tak bisa dipungkiri Kolam Susuk ini memiliki warna air yang tampak putih akibat pantulan cahaya matahari dan langit yang berawan serta tanah berwarna putih yang berada di dasar kolam. Lalu dikelilingi panorama Sanana yang hijau serta air danau yang jernih, kamu bisa menikmati pemandangan yang menenangkan dan damai saat berada di kabupaten Belu.

 

4.   Pantai dan Bukit Tuamese

Perjalanan menuju tempat ini sekitar 2 jam dari Kota Atambua dengan pantai yang bersih dan sepi dari pengunjung, kamu bisa menikmati keindahan alam di Atambua.

 

Sedangkan tak jauh dari pantai tua maumese  ini memiliki gugusan perbukitan eksotis yang dialiri dengan perairan biru dengan hijaunya perbukitan yang berbingkai putihnya pasir pantai.

 

5.   Pantai Motadikin

Pantai ini menjadi ikon objek wisata favorit saat berkunjung ke Kabupaten Belu. Dengan hamparan pasir putih serta hijaunya pepohonan kelapa. Destinasi Pantai Motadikin bisa digunakan untuk berenang dan berjemur di pinggir pantai. Apalagi pantai ini berbatasan dengan ombak samudera Hindia yang bisa dijadikan tempat surfing.

 

Nah itu 5 tempat wisata paling hits di Atambua dengan keindahan nan eksotis yang cocok banget untuk liburan bersama keluarga. Selamat jalan-jalan di Atambua.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.