Belanja Murah di Pusat Grosir Cililitan Jakarta

Pusat Grosir Cililitan  Para shopping mania pasti tahu bila Jakarta adalah surga bagi mereka untuk menghamburkan uang. Pusat perbelanjaan dan mall-mall bertebaran di seluruh wilayah Jakarta dan bahkan sudah terbagi dalam beberapa kategori mulai high-end (mewah) sampai cheap (murah). Di Jakarta Timur sendiri terdapat sebuah pusat perbelanjaan yang besar yang masuk dalam golongan murah yaitu Pusat Grosir Cililitan atau biasa disebut PGC. Pusat perbelanjaan dengan total luas pertokoan sebesar 1,9 hektar ini tepatnya beralamat di Jl. Mayjen Sutoyo No. 76, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur. Informasi lebih jauh tentang Pusat Grosir Cililitan bisa Anda lihat dalam postingan berikut ini…

Sejarah

Pembangunan Pusat Grosir Cililitan memakan waktu dua tahun yaitu mulai 2002 hingga 2004. Sebelumnya, lahan tempat berdirinya Pusat Grosir Cililitan ini adalah Terminal Cililitan, yang kemudian dipindahkan ke samping bangunan Pusat Grosir Cililitan setelah pusat perbelanjaan ini selesai dibangun. Namun dalam pengembangannya, Pusat Grosir Cililitan ditambah dengan membangun Pusat Grosir Cililitan 2 pada tahun 2006 yang berada di atas Terminal. Jadi semenjak PGC 2 dibangun, Terminal Cililitan berada di bawah gedung. Sejak beroperasi pada Januari 2007, Pusat Grosir Cililitan menjadi pusat perbelanjaan pertama yang berada di atas terminal dan terintegrasi secara langsung dengan Halte Transjakarta Cililitan. Pengunjung bisa mengakses halte busway melalui tangga dari lantai 2 PGC menuju jembatan penyeberangan yang sudah tersambung dengan tangga.

Pusat Belanja

Pusat Grosir Cililitan kemudian muncul sebagai pusat perbelanjaan pelopor yang mempunyai halte busway yang berada di dalam gedung pada 2009. Melalui tangga dari lantai 2 dan jembatan penyebrangan, pengunjung dapat mengakses koridor Tranjakarta ke Koridor 7: Kp. Melayu – Kp. Rambutan, PGC 1 – Ancol dan juga PGC 1 – Harmoni. Sedangkan dari halte yang berada di dalam gedung, korodor Tranjakarta yang dapat diakses pengunjung adalah Koridor 9A: PGC 2 – Grogol 2 (Bus Gandeng) dan Koridor 10: PGC 2 – Tanjung Priok.  

Akses transportasi

Tak hanya dilalui oleh Transjakarta, Pusat Grosir Cililitan juga dilewati oleh Bus Kopaja, mikrolet, bus sekolah dan berbagai kendaraan umum lainnya. Keuntungan ini diperoleh karena Pusat Grosir Cililitan berada di perempatan lampu merah Cililitan.

Baca Juga: 100 Terbesar Dunia: Mall Taman Anggrek, Grand Indonesia Shopping Town, Mal Artha Gading

Selain itu, tak begitu jauh dari Pusat Grosir Cililitan terdapat terminal Trans Halim yang dapat mengantar pengunjung menuju ke Bandara Halim Perdanakusuma dan juga ke daerah sekitar bandara. Ada pula bus Agra Mas Bandara yang melayani pengunjung untuk bepergian ke Bandara Soekarno-Hatta.     

Pembagian blok/lantai

Pusat Grosir Cililitan mempunyai 10 lantai yang terbagi ke dalam 6 lantai pertokoan dan 4 lantai parkir. Agar Anda tak kebingungan saat berbelanja di sana, berikut informasi berdasarkan letak lantai yang bisa Anda jadikan acuan:

Basement: Perlengkapan Motor, Parkir Motor, Aksesoris

Lower Ground: ATM Center, Foodcourt, Apotek, VCD, Busana

Ground: Pusat Informasi, Mc Donald’s, KFC, A&W Restaurant, Pizza Hut, Baksi Lapangan Tembak, Papabuns, Don’s Burger. Dunkin Donuts, D’Crepes, Hollanda Bakery, Busana, Halte Walk (Solaria, Bengawan Solo Coffe, Bakso Pukul Kota Malang, Potatao Corner, Sate Mak Syukur, Bread Lover, Bogana Putri)

Klasifikasi produk yang dijual berdasarkan lantai:

1: Busana, sepatu

2: Busana, sepatu, akses menuju hate Busway Cililitan, terapi ikan aquacita

3: Counter HP, Service HP, Pulsa HP, Elektronik, Johny Andrean Training Center, Foodcourt

3A: Parpika, Foodcourt, mainan anak, aksesoris, distro, pusat tas dan sepatu, elektronik,

5: Parking, secretariat PP PGC

6: parking, Kantor Marketing, Kantor pengelola, Sinergi Fitness, KP, Indosat

6A: Parking, Kantin, Gerai Samsat, Masjid As-Sinah

Perkembangan pusat perbelanjaan

Pusat Grosir Cililitan yang dikembangkan oleh PT. Wahana Cipta Sejahtera ini menyediakan beragam fasilitas untuk menambah kenyamanan pengunjung, seperti lahan parkir yang luas, lift khusus barang, lift khusus penumpang, Escalator, tempat ibadah/masjid, Banking dan ATM Center, CCTV, Ful Air conditioner, Terminal transit, Akses langsung Shelter Busway, Gerai, Food Court, Samsat untuk kemudahaan pengurusan surat-surat kendaraan, dan Penjagaan keamanan selama 24 jam.

Terdapat pula fasilitas yang diberi nama Halte Walk. Fasilitas terbaru dari PGC yang berada di PGC2, Halte Walk mengusung tema “Makan, Nongkrong, Gaul”. Di sini tersedia fasilitas free WiFi Zone yang terdapat di sepanjang Halte Walk yang dapat diakses pengunjung secara gratis. DI tempat ini juga tersedia banyak tempat makan dan ada halte Tranjakarta.

Jam operasional

Bagi Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Pusat Grosir Cililitan, pusat perbelanjaan ini buka mulai Senin hingga Jumat mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB. Sedangkan untuk weekend (Sabtu/Minggu), pusat perbelanjaan beroperasi dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.

Akses menuju ke PGC pun relatif gampang karena dapat dijangkau oleh berbagai angkutan umum dan juga sudah terintregasi dengan terminal Cililitan dan juga shelter Busway Koridor 7, 9 dan 10. Bagi pengguna kendaraan pribadi, Anda tak perlu menghadapi kesulitan mencari lahan parkir karena di PGC tersedia rea parkir yang nyaman dan sangat memadai.  

Bosan hanya berkeliling di kaasan Pusat Grosir Cililitan, Anda dapat mencari tempat nongkrong yang berada dekat lokasi, seperti Largo Cafe’, Ayam Bakar Klaten Kemang, atau bisa juga mencoba ke Pejaten Village. Di sekitar PGC juga terdapat beberapa hotel, seperti Hotel Santika TMII dan Hotel Kaisar.    Tunggu apalagi? Mari belanja ke Pusat Grosir Cililitan. (jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *