Pantai Sakera, Wisata Bekarang di Pulau Bintan

Pantai Sakera – Berbicara tentang pantai, Anda jangan sampai melewatkan Pantai Sakera. Baru mendengar namanya saja sudah dapat membayangkan keindahan dan kesejukannya. Secara spontan pasti kita langsung meng-imajinasikan hempasan ombak yang bergelombang, keindahan pasir putih di pinggir pantai, angin yang semilir dan pastinya  gak pernah ketinggalan yang namanya minum es kelapa muda yang menjadi ciri khas saat berwisata ke pantai.

Bintan memang sangat kaya akan pantai-pantainya yang bersahabat. Tapi salah satu pantai yang mempesona adalah Pantai Sakera. Bagaimana tidak menarik? Air surut di Pantai Sakera ini bisa mencapai 2 kilometer (KM) dari pinggiran pantai lho ditambah lagi terdapat hamparan karang yang lumayan luas juga lho.

Pantai Sakera memang terdengar tidak begitu familiar bagi para wisatawan, hal ini dikarenakan para wisatawan lebih sering mendengar bahwa Pulau Bintan lebih dikenal dengan daerah khusus wisatawan seperti Lagoi.

Tiket masuk terjangkau

Tapi ternyata, meskipun Pantai Sakera kurang begitu populer, Pantai Sakera juga gak kalah seru untuk kita jelajahi kok. Selain terjangkau Pantai Sakera ini sangat cocok untuk mengisi weekend Anda. Udara yang sangat segar ditambah keindahan tumbuhan bakau menambah nilai estetika di sepanjang Pantai Sakera. Dan yang lebih uniknya lagi ada  banyak wisatawan ketika sudah puas berenang ataupun berendam mereka tidak langsung pulang. Mereka menunggu datangnya air surut,  ketika  air menurun dari ketinggiannya mereka turun ke pantai untuk berjalan di atas karang. Wahh kebayang kan bagaimana serunya berwisata pantai di sini?

Selain itu ada sesuatu yang lebih unik lagi lho, sudah bisa menebak? Kalau belum, yuk kita intip beberapa ulasan menarik seputar Pantai Sakera.

Pesona wisata pantai

 

Konon sebagian pengunjung yang hoby nya bekarang mereka sangat menggunakan waktu luang untuk datang berlibur ke Pantai Sakera. Rugi rasanya datang ke Sakera kalau hanya untuk berenang tapi tidak berkarang. Melakukan petualang sambil bekarang di Pulau Bintan memang disarankan pergi ke Pantai Sakera, di mana para wisatawan bisa menuntaskan hasrat bertualang yang tidak akan dijumpai di pantai-pantai lain.

Istilah Bekarang sendiri mungkin masih terlalu asing di telinga. Bekarang apa ya? Bekarang sendiri menurut masyarakat lokal tidak hanya sekadar mencari lauk pauk seperti memancing ikan, menjaring, mencari siput, tutut, dan lain-lain, melainkan para wisatawan juga dapat memperoleh hiburan ketika air laut sudah mulai surut. Pada waktu sore hari, air laut di tepi pantai akan mulai surut sehingga para wisatawan akan lebih mudah dan leluasa menikmati keindahan pantai sekaligus melihat pemandangan terbenamnya matahari menuju ke peraduan di ufuk barat Pantai Sakera.

Bekarang

Bekarang adalah kegiatan untuk mencari kerang, ketam, gonggong, dan teripang. Hal ini bisa kita lakukan ketika air laut sudah surut. Hal ini tidak pernah disia-siakan oleh para pengunjung, karena kalau rejeki bisa-bisa kita mengantongi banyak kerang segar. Dan yang lebih asyiknya ini semua gratis alias kita tidak dipungut biaya sama sekali. Wahh gimana lumayan kan bisa menghemat kocek. 

Baca Juga: Serunya Jelajahi Pesona Pulau Bintan

Dan ternyata aktivitas bekarang ini bukan cuma dilakukan oleh para wisatawan. Warga setempat yang tinggal di daerah pesisir Pantai Sakera juga sering melakukan aktivitas bekarang. Karena hal ini bisa dikatakan sangat lumayan kan karena hitung-hitung warga setempat bisa menghemat uang belanja karena hasil dari bekarangnya bisa dijadikan lauk di rumah.

Fasilitas

Pantai Sakera terkenal cukup aman, tapi tetap diperlukan pengawasan yang cukup ekstra jika anak-anak yang berenang. Di Pantai Sakera kita juga bisa menemukan fasilitas-fasilitas yang cukup memadai, wisatawan bisa menikmati aktivitas mengayuh kano di pantai. Untuk biaya sewa cukup dengan harga 25.000/jam.

Perahu kano sendiri merupakan atraksi wisata andalan para pelancong karena bisa mengayuh kano untuk menyusuri keindahan pesisir pantai hingga ke daerah yang sedikit menjauh dari bibir pantai. Perahu kano juga dapat dijadikan sebagai sarana olahraga bagi para wisatawan yang ingin mencoba jenis olahraga baru sambil berlibur di pantai.

Sementara itu, bagi  para wisatawan yang senang bermain olahraga tidak perlu khawatir. Lantaran, di kawasan Pantai Sakera telah tersedia bagi Anda yang hoby bermain futsal, silakan mencoba bermain futsal dengan berkelompok atau bersama keluarga di sekitar bibir pantai yang berpasir putih.

 

Sebuah lapangan futsal tersedia bagi para wisatawan yang ingin berolahraga dengan lapangan futsal berlantaikan pasir di tepi pantai. Dan bagi Anda yang juga punya hoby Outbound dapat mencoba hiking ataupun menjelajahi kawasan hutan di sekitar pantai tanpa perlu takut tersesat karena selalu ada pemandu wisata yang siap menemani.

Tips berwisata di Pantai Sakera:

Berwisata di sekitar pantai, memang sangat mengasyikkan dan seru. Namun, jangan sampai keceriaan liburan berubah menjadi kecemasan karena terlalu asyik bermain di pantai hingga lengah dengan bahaya yang mengintai. Nah, coba intip yuk beberapa hal yang perlu diperhatikan selama berlibur di sekitar kawasan Pantai Sakera berikut:

1. Perhatikan cuaca

Berlibur di sekitar kawasan pantai, jangan sampai melupakan tentang cuaca. Tentu Anda tidak ingin liburan yang diharapkan memperoleh kegembiraan berubah menjadi suram karena terguyur hujan atau angin kencang. Cobalah untuk memperhatikan prakiraan cuaca sebelum merencanakan liburan ke pantai.

2. Bawa alas

Jangan lupa untuk menyediakan alas berupa tikar atau selimut untuk lesehan di sekitar pantai. Umumnya di kawasan pantai memang sudah disediakan semacam gazebo atau tempat duduk santai bagi para pelancong. Namun, akan lebih afdol jika membawa sendiri dari rumah, sekadar berjaga-jaga jika di kawasan pantai tidak tersedia sarana dan fasilitas bagi pengunjung.

3. Perbekalan

Untuk wisatawan yang membawa keluarga besar dan anak-anak, sediakan pula camilan yang sehat seperti irisan buah segar atau camilan roti sandwich yang praktis.

4. minum banyak air putih

Kawasan pantai sudah sangat lumrah jika memiliki suhu yang panas dan cuaca terik. Baik orang dewasa maupun anak-anak disarankan untuk selalu menjaga asupan cairan dengan meminum setidaknya 1-1,5 liter air agar kondisi tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi saat bermain di pantai.

***

Wah, gimana teman-teman, sudah mulai terpikat untuk melancong ke  Pantai Sakera. Dijamin liburan akan terasa seru dan tidak akan menyesal pastinya. Untuk lokasi pantai juga tidak terlalu jauh kok,

Akses transportasi

Pantai Sakera terletak di barat laut Pulau Bintan , Pantai Sakera bisa kita tempuh dengan jarak waktu sekitar 2.5 jam dari kota Tanjung Pinang, dan kurang lebih 15 menit dari Kota Tanjung Uban.

Ayo buruan isi hari libur Anda dengan mengunjungi Pantai Sakera, dijamin kepenatan yang terkumpul selama satu pekan lamanya akan terbayar jika Anda mengunjungi Pantai Sakera, karena Pantai Sakera adalah tempat yang paling favorit untuk melewatkan sore yang tenang sambil menikmati sunset mata Anda akan dimanjakan oleh keindahan Pantai Sakera. (Jari adventure-det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *