Beda Banget! Negara dengan Tradisi Pemberian Hadiah yang Unik

Siapa sangka, tradisi pemberian hadiah tak hanya bisa Anda temukan di Indonesia. Setiap negara memiliki budaya dan tradisi pemberian hadiah yang berbeda.

Bahkan, Anda bisa saja menemukan tradisi yang cukup aneh namun menarik. Salah satunya adalah di perdesaan Soviet Rusia.

Masyarakat setempat menganggap sepotong kayu bakar adalah hadiah paling berharga untuk diberikan kepada seseorang. Menarik, bukan?

Niat baik untuk memberi hadiah tentu sangat terpuji. Bagi Anda yang ingin memberikan hadiah kepada teman yang berada di luar negeri, patut untuk mencari tahu tradisi pemberian hadiah dari tempat asalnya.

Untuk itu, mari kita simak tradisi unik pemberian hadiah yang bisa Anda temukan di berbagai negara.

 

Inggris

Meskipun lambang dari 75 tahun kehidupan pernikahan di Inggris adalah berlian, namun tradisi masyarakat ketika bertukar hadiah bukanlah sebuah perhiasan.

Kebiasaan membeli dan menukar tiket lotere di negara dengan julukan the black country ini lebih tinggi dibandingkan negara lainnya.

Itulah sebabnya, tiket lotere telah menjadi sebuah tradisi saat akan memberikan hadiah untuk seseorang di Inggris.

 

China

China terkenal dengan permainan angkanya. Contohnya adalah angka 4 yang dikaitkan dengan pertanda buruk karena sebutan dari angka 4 mirip dengan kata “kematian”.

Selain itu, Anda pasti sering melihat angpau atau amplop identic dengan warna merah berisi hadiah seperti uang.

Anak-anak biasanya akan menaruh amplop mereka di bawah bantal selama 7 hari 7 malam sebagai symbol pengharapan untuk keberuntungan.

Di China, ulang tahun tidak dirayakan secara resmi hingga orang tersebut berusia 60 tahun.

 

India

Sama halnya dengan Indonesia, gerakan menggunakan tangan seperti memberi uang, menyentuh, atau memberikan hadiah kurang pantas menggunakan tangan kiri.

Untuk tradisi pemberian hadiah di India, mata uang atau jumlah benda yang ganjil menunjukkan keberuntungan.

 

Israel

Sedikit berbeda dari negara lain yang senang memberikan kartu ucapan terimakasih atau catatan, Israel ternyata tidak memiliki kebiasaan umum seperti itu.

Orang Amerika sering kali bertukar hadiah selama Hanukkah. Namun, masyarakat Israel lebih memilih untuk tinggal dan tidak menerima hadiah satu sama lain.

 

Italia

Tradisi pemberian hadiah untuk anak-anak di Italia bisa dibilang cukup menggemaskan. Anak Italia akan diberikan kunjungan Santa dan mengisi stocking di akhir Epiphany.

Uniknya, mereka tidak menukarkan hadiah karena menganggap Tindakan ini sedikit norak.

 

baca juga:

Kue Srikaya Hingga Sup Tulang, Sedapnya 8 Makanan Khas Jambi yang Layak Dipuji

 

Jepang

Dalam hal pemberian hadiah, Jepang ternyata memiliki tradisi yang kental. Salah satu nya ialah mereka menetapkan bahwa hadiah harus ditolak sebanyak 3 kali sebelum mereka menerimanya.

Selain tradisi tersebut, pada tanggal 14 Maret setiap pria umumnya akan mengembalikan nilai hadiah yang mereka terima sebanyak 3 kali lipat.

Ingatlah tradisi ini saat akan memberikan hadiah kepada teman yang ada di Jepang agar tidak terkejut bila hadiah Anda tertolak, ya!

 

Native Amerika

Biasanya, tuan rumah dari sebuah perayaan lah yang akan menerima hadiah dari tamu yang datang. Namun, Amerika memiliki etika pemberian hadiah yang bertolak dengan budaya di negara lainnya.

Salah satunya ialah selama pernikahan dan perayaaan powwow (tidak mengakui adanya perayaan ulang tahun), para tamu lah yang mendapatkan hadiah dari sang tuan rumah.

Wah, harus sering-sering datang ke acara Amerika ya!

 

Rusia

Rusia selalu merayakan tahun baru lebih meriah daripada perayaan yang mereka lakukan saat Natal. Kebanyakan orang menganggap hadiah yang paling cocok bagi orang Rusia ialah Vodka, yang diisyaratkan sebagai “isyarat yang tidak imajinatif”. Namun, tak sedikit orang yang mengaggap isyarat ini sebagai sebuah penghinaan.

 

Amerika Selatan

Kebanyakan masyarakat Amerika Selatan menghindari benda tajam seperti pisau dan gunting sebagai hadiah perayaan. Itu karena mereka menganggap benda tajam sebagai tanda bahwa Anda akan memutus hubungan dengan nereka.

Di akhir malam Natal, anak Argentina umumnya meninggalkan sepatu di tempat tidur untuk diisi dengan berbagai hadiah kecil.

Berbeda dengan masyarakat pemukiman tepi laut di Brasil yang akan mengirimkan hadiah bunga, buah, bahkan perhiasan ke laut demi penghormatan pada Dewi Air.

 

Itulah beberapa tradisi pemberian hadiah yang unik di berbagai negara. Tradisi apa lagi yang Anda ketahui?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.