Baturraden, Tawarkan Aneka Lokasi Wisata Menarik Bagi Pengunjung

Semarang dan Magelang merupakan dua kota di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik tersendiri dengan wisata budaya maupun lokasi-lokasi bersejarahnya. Kedua kota tersebut selalu menyedot perhatian wisatawan saat akhir pekan maupun selama musim liburan.

Namun, jangan salah. Jawa Tengah ternyata memiliki obyek-obyek wisata lain yang tak kalah menariknya dari kedua kota tersebut. Salah satu lokasi wisata yang patut dikunjungi adalah Barurraden. Baturraden merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Daerah ini adalah sebuah resort wisata yang menawarkan panorama alam yang cantik dan juga berbagai legenda rakyat, salah satu yang terkenal adalah lutung kasarung.

Cukup menarik untuk dikunjungi bukan? Untuk mengenal lebih jauh tentang lokasi wisata Baturraden, berikut ulasan yang patut untuk disimak:   

Lokasi wisata Baturraden terletak di sebelah selatan Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sekitar 640 meter di atas permukaan laut dan 6 km dari puncak Gunung Slamet. Lokasi wisata ini berjarak hanya sekitar 15 km saja dari Kota Purwokerto.

Karena letaknya yang berada di lereng gunung, obyek wisata Baturraden memiliki hawa yang sangat sejuk dan cenderung dingin di malam hari dan tentu saja menyajikan pemandangan alam yang sangat molek.

Tak perlu takut kesulitan mencari tempat menginap di sini karena di lokasi wisata ini tersedia banyak hotel, penginapan bahkan camping ground untuk para wisatawan. 

Tak begitu sulit mencapai tempat wisata yang indah ini. Anda bebas memilih baik menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Dengan kendaraan pribadi Anda bisa mencapai lokasi wisata Baturraden dari arah Purwokerto sekitar 15 menit saja. Usahakan memakai jasa sopir yang sudah mahir karena selama perjalanan akan banyak dijumpai tanjakan dengan tingkat kemiringan sekitar 30 derajat.

 

Baca Juga : Travel Wisata Dieng – Spot-spot Menarik di Dieng

 

Bagi pengguna jasa transportasi umum, Anda bisa naik angkot dari terminal Purwokerto dengan jurusan Baturraden. Anda bisa turun di terminal lokasi wisata Baturraden. 

Saat berlibur di lokasi wisata Baturraden, Anda bisa mengunjungi beberapa lokasi yang menarik untuk bersenang-senang.  Yang pertama yaitu Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturraden.

Berupa pemandian air panas yang mengandung belerang dan dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, kedua pancuran ini merupakan lokasi wisata yang paling banyak diminati wisatawan.

Sembari berendam di air yang mencapai suhu hingga 70 derajat Celsius, Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan yang hijau. Anda juga bisa mencoba pijat sulfur yang ditawarkan dengan harga 7500 rupiah saja per 15 menitnya.  

Di pusat lokasi wisata Baturraden, Anda bisa menemukan telaga sunyi yang berupa mata air yang jernih. Meski  air di telaga ini terasa segar dan sejuk, Anda tak diperbolehkan berenang ataupun mandi di lokasi. Larangan ini diberlakukan sebagai wujud menjaga keselamatan pengunjung.

Di Baturraden ternyata juga ada kebun binatangnya lho. Kebun binatang di sini dikenal dengan sebutan Kaloka Widya Mandala yang digunakan sebagai sarana wisata edukasi.

Tempat ini dihuni oleh berbagai macam binatang baik dari dalam maupun luar negeri. Beberapa spesies yang ada di sana diantaranya, sapi kaki lima, orang utan, ayam kate, elang, ayam mutiara, rusa, beruk, buaya, ular, kaswari, kambing kaki tiga, landak, iguana, cendrawasih, kelelawar, gajah, monyet dll.

Lokasi wisata Baturraden diresmikan pada 17 Mei 1995 oleh Bupati Banyumas pada masa itu, Bapak H. Djoko Sudantoko.

Spot wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Teater Alam Baturraden. Bangunan ini dibuat seperti pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia yang didirikan di atas lahan seluas 600 meter.

Mudah sekali menemukan bioskop ini karena letaknya yang persis berada di samping pintu masuk tempat wisata Baturraden.

Bioskop unik ini tentu saja tak menayangkan film-film keluaran Holywood melainkan film tentang alam dan budaya tanah air Indonesia seperti film tragedi tsunami, cerita budaya TMII, atau peristiwa Gunung Merapi.

Durasinya pun cukup singkat, hanya sekitar 10 sampai 15 menit saja per filmnya. Teater alam Baturraden ini sengaja dibuat mirip pesawat terbang  dengan tujuan agar pengunjung yang belum pernah naik pesawat terbang bisa merasakan sensasi naik pesawat sambil menonton film di layar yang telah disediakan di dalam pesawat. Untuk bisa mencoba wahana yang unik ini, Anda cukup membayar 5000 rupiah saja.

Bagi Anda yang ingin berkemah, lokasi wisata Baturraden juga menyediakan area khusus untuk aktifitas ini yang diberi nama bumi perkemahan atau camping ground.

Di sinilah biasanya acara-acara outbound di gelar. Bumi Perkemahan juga pernah dijadikan lokasi Jambore Nasional Gerakan Pramuka pada 2001 silam.

Satu kawasan tapi menawarkan beberapa lokasi wisata yang menarik, di Baturradenlah tempatnya. Cukup menarik bukan? Yuks, ramai-ramai berkunjung ke lokasi wisata Baturraden.  (jari Adventure-Det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.