Banyak Wisata Halal, Coba Singgahi 9 Destinasi Terfavorit untuk Traveller Muslim

Liburan adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang. Sebagian orang bahkan menyiapkan diri untuk berlibur ke luar negeri.

Bagi Anda yang muslim, tentu akan sedikit pilih-pilih negara yang akan dikunjungi karena tidak semua negara ramah akan wisatawan muslim.

Apalagi dengan adanya kontroversi di kalangan masyarakat asing mengenai muslim. Makanan juga menjadi poin penting.

Tidak semua restoran di luar negeri memiliki tulisan halal. Hal ini membuat Anda harus berhati-hati saat memilah makanan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kini dunia pariwisatwa sudah membuat berbagai paket wisata halal untuk Anda yang beragama muslim.

Jika Anda berencana untuk berwisata ke luar negeri, Anda bisa berkunjung ke beberapa destinasi wisata halal dunia yang akan kita bahas berikut ini.

1.    Jepang

Umat muslim di negara Jepang memang tergolong minoritas. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kini Pemerintah Jepang sedang membidik wisatawan muslim dari Indonesia.

Sekarang Jepang banyak dikunjungi oleh wisatawan muslim dari berbagai negara. Itu karena, ada banyak fasilitas umum untuk wisatawan muslim yang mudah ditemui.

Bahkan, mulai dari Bandara Narita saja Anda sudah bisa menemukan fasilitas tersebut. Di Tokyo, ada sebuah masjid untuk wisatawan muslim.

Memang tidak semegah masjid yang ada di Indonesia, namun masjid itu sudah termasuk besar dan megah bagi Jepang. Namanya Camii Mosque, berada di Oyama-cho, Shibuya.

Ada banyak restoran yang sudah bersetifikasi halal di Jepang. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir untuk meragukan kehalalan makanan yang berada di Jepan. Cukup cari saja yang sudah berlebel halal.

2.    Turki

Siapa sih yang tidak ingin berkunjung ke Turki? Mayoritas masyarakat Turki adalah muslim sehingga Anda tidak perlu ragu lagi.

Bahkan, negara ini telah menciptakan standar pelayanan bagi umat muslim yang dinamakan Turkey Standards Institution (TSE).

Standar ini membuat setiap hotel harus mematuhi peraturan berlaku untuk mendapatkan sertifikasi halal. Kini, sudah ada 50 hotel halal yang ada di Turki.

Kota-kota favorit wisatawan muslim di seluruh dunia adalah Istanbul, Aydin, Izmir, dan Ankara.

3.    Malaysia

Malaysia kini berhasil menduduki posisi pertama dalam Mastercard-Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017.

Prestasi ini membuktikan bahwa Malaysia siap dan sigap dalam perkembangan wisata kuliner, hotel, pengobatan, dan belanja yang halal.

Kini, Malaysia paling menonjol dalam bidang destinasi pengobatannya. Dibuktikan dengan hampir satu juta pasien muslim datang ke Malaysia untuk berobat.

Selain itu, fasilitas ibadah di Malaysia juga sangat lengkap. Anda tidak akan kesulitan saat mencari makanan halal di sini.

4.    Maroko

Wisata ke Maroko bisa memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk Anda. Ada beberapa masjid unik dengan bentuk kotak serta ukiran khas Maroko yang cantik.

Selain itu, ada juga destinasi muslim popular di padang pasir Sahara. Rasakan sensasi menaiki unta di tengah padang pasir. Anda juga harus berkunjung ke Kasbah Eit Beb Haddou serta Marakesh saat berada di Maroko.

Baca juga:

Wisata Camping Keluarga untuk Maksimalkan Libur Lebaran, Ini 8 Lokasinya

5.    Thailand

Thailand sering kali dikunjungi oleh masyarakat muslim. Kini, Thailand meningkatkan perkembangan wisata halal di daerahnya.

Salah satunya dengan membangun hotel bintang lima Al Meroz yang ada di Bangkok. Selain itu, hotel ini juga digunakan untuk prosesi pernikahan Islam dengan fitur yang islami.

Anda tidak akan menemukan alcohol di sini, serta kolang renam dan gym mengalokasikan waktu tertentu bagi tamu pria dan wanita.

Wisatawan muslim yang datang ke Thailand juga semakin meningkat. Makanan halalnya juga tidak sulit untuk ditemukan. Ada sekitar 160 ribu produk berlabel halal hingga 15 tahun terakhir.

6.    Dubai

Dubai adalah negara impian semua orang. Banyak sekali hotel berfasilitas halal yang bisa Anda temukan di sini.

Bahkan, Pemerintah setempat kabarnya akan menetapkan aturan terkait standarisasi halal di Dubai. Makanan dan minuman halal di Dubai juga mudah untuk Anda temui.

7.    Inggris

Kini, Inggris telah melakukan sejumlah perbuahan serta inovasi untuk wisatawan muslim. Salah satunya adalah kegiatan Visit My Mosque.

Ada banyak masjid di Inggris yang mengalami perbaikan serta perluasan area. Sejak tahun 1990, Inggris telah memiliki 452 masjid dan meningkat hingga beberapa tahun terakhir.

Makanan halal di Inggris juga sudah cukup mudah untuk di termukan karena beberapa restoran telah bersertifikasi halal.

8.    Korea Selatan

Negara yang satu ini sangat digemari oleh para K-Popers dunia. Wisata di Korea juga kini meningkat pesat. Apalagi didukung dengan beragam budaya dan keindahan alam di Korea yang mempesona.

Anda bisa berkunjung ke Nami Island, GyeGyeongbok Palace, Jayu Park, serta Seoul Tower karena merupakan wisata halal Korea untuk umat muslim.

Ada banyak hidangan tradisional korea di Jeonju. Jangan lupa untuk mencoba masakan halalnya seperti bibimbab.

9.    Jerman

Masyarakat muslim di Jerman sangat minim, tapi termasuk cukup banyak. Makanan halal tidak sulit untuk Anda temukan di sini.

Banyak restoran yang menyajikan makanan halal di Jerman, rata-rata adalah warga Turki. Supermarket Halalkauf di Kota Koln bisa Anda kunjungi untuk mencari bahan makanan yang sesuai Syariah Islam.

Bagaimana? Masih bingung memilih negara mana saja yang akan Anda kunjungi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.