Banyak Masjid dan Kuliner Halal, Inilah 10 Destinasi Terbaik Khusus Traveller Muslim

Tak mau kalah dengan wisatawan lain, traveller yang beragama muslim juga banyak yang melanglang buana untuk menambah pengalaman budaya di negara lain dan berlibur untuk rileksasi. Sayangnya, di sejumlah negara masih terdapat diskriminasi terhadap traveller yang beragama muslim.

Hal ini terjadi setelah adanya beberapa peristiwa teror yang mengatas – namakan Islam di negara – negara Eropa dan Amerika. Bahkan, kamar hotel seperti Airbnb juga sempat dilanda isu melarang traveller muslim untuk menginap.

Sementara di sebagian yang lain traveller muslim mungkin sempat mendapatkan kesulitan dalam sejumlah hal, namun menurut Global Muslim Travel Index (GMTI) melaporkan penelitian yang mengejutkan pada 2018. Laporan ini menyebutkan bahwa ada sejumlah destinasi liburan yang ramah terhadap wisatawan muslim.

Dilansir dari CrescentRating, laporan ini mencakup 4 hal di antaranya ada tempat sholat, hotel, kuliner halal dan lingkungan yang nyaman serta kemudahan akses. Siapa tahu, Anda bisa berniat untuk liburan ke negara – negara yang ramah traveller muslim berikut:

1. Singapura

Segala fasilitas yang modern, lengkap dan nyaman dapat dinikmati dengan aman dan tanpa takut diskriminasi oleh traveller muslim. Selain itu, pihak berwenang di Singapura juga sangat responsif menindak laporan. Di sejumlah tempat wisata populer juga sudah disediakan tempat sholat atau quiet room.

2. Thailand

Mengingat Thailand sebagai salah satu destinasi yang terpopuler di dunia karena tarif yang terjangkau dan berbagai atraksi wisata budaya maupun wisata alamnya, maka tidak heran jika traveller muslim juga banyak yang melancong ke Negeri Seribu Pagoda ini.

Meski mayoritas beragama Budha tetapi Thailand sangat ramah pelancong muslim. Di berbagai tempat masih banyak dan mudah menemukan kuliner halal atau tempat untuk sholat/ quiet room. Selain itu, ada banyak fasilitas yang memberikan layanan internet, komunikasi dan moda transportasi umum yang cepat dan mudah dijangkau.

Pintar – pintarlah menemukan tempat yang ramah wisatawan muslim di Thailand melalui pencarian Google.

3. Inggris

Tak perlu repot menemukan berbagai tempat akomodasi ramah pelancong muslim di Inggris. Hal ini karena di Inggris moda transportasinya sangat memadai. Ada bus pariwisata yang siap mengantar untuk berkeliling kota bahkan tour di sejumlah tempat – tempat yang bepengaruh di Inggris. Kemudian, wisatawan juga bisa menemukan kamar hotel atau akomodasi yang menyediakan tempat ibadah atau setidaknya kuliner halal. Cobalah bersepeda untuk mengeksplorasi London lebih dalam. Misalnya seperti Museum lilin Madame  Tussauds, Museum Sejarah London, Menara London, dan sebagainya.

4. Jepang

Negara yang ramah pelancong muslim berikutnya adalah Jepang. Warga lokal Jepang sendiri sangat ramah dalam menyambut turis asing, tanpa memandang ras, atau agama. Terutama pada tahun 2020 mendatang, Jepang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020 dan mulai berbenah dalam hal fasilitas atau kenyamanan wisatawan. Termasuk bagi pelancong muslim. Pemerintah Jepang menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat kuliner yang halal, masjid dan penginapan.

5. Taiwan

Keuntungan wisata di Taiwan bagi traveller muslim adalah adanya aplikasi berupa HalalGo! Aplikasi ini memudahkan wisatawan muslim mencari berbagai fasilitas yang memudahkan liburan. Seerti mushola dan toilet khusus. Nah, di Bandara Internasional Taoyuan Taiwan, dan Stasiun Taipei semua hal ini sudah komplit tersedia. Untuk urusan makan yang halal, di Taiwan juga sudah banyak pedagang yang menjajakan menu suci dan halal.

6. Hong Kong

Banyak dihuni oleh tenaga kerja asal Indonesia, Hong Kong rupanya juga memiliki strategi khusus untuk menjamu wisatawan asal Indonesia yang kebanyakan adalah beragama muslim. Dari segi akomodasi, ada banyak tempat yang bisa dipilih dan soal beribadah, tercatat ada sekitar 6 masjid besar di seluruh bagian Hong Kong. Makanan halal bisa dijumpai di kantin – kantin masjid atau stasiun kereta api.

***

Nah, sudah punya rencana mau plesiran ke mana? Apalagi, negara – negara yang ramah pelancong muslim di atas? Pastikan untuk merancang liburan Anda yang paling berkesan dengan agen travel wisata yang sudah berpengalaman dan profesional. Jari Adventure siap membantu Anda mewujudkan perjalanan wisata impian ke sejumlah destinasi di Asia Tenggara dan mancanegara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *