Mengagumi Bangunan Historis Indonesia, Ada yang Bentuknya Mirip Penyu!

Indonesia tidak hanya dikenal dengan wisata alam tapi juga wisata sejarah yang mempesona jadi jangan sampai kamu melewatkan wisata yang satu ini.

Tak hanya mengetahui masa lalu tempat berdirinya, kamu juga bisa mengetahui peranan apa yang diemban dan pengaruh identitas bangsanya.

 

Nah kalau kamu penasaran apa saja bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi untuk liburan. Dan berikut ini tujuh bangunan bersejarah di Indonesia.

 

Istana Bogor

Istana Bogor atau lebih tepatnya Istana Kepresidenan Indonesia yang diresmikan pada tahun 1950. Bangunan bersejarah ini bisa ditemukan di daerah Bogor Tengah.

Dibangun pada tahun 1744, terdiri atas tiga tingkat. Dulunya Istana Bogor ini bernama Buitenzorg atau Sans Souci dan diperuntukkan sebagai rumah peristirahatan.

Perancang dan dibangun oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff. Istana Bogor ini pernah dibangun kembali tanpa ada tingkatannya.

Karena menyesuaikan situasi daerah yang sering terkena gempa di tahun 1850.

 

Gedung Sate

goodnewsfromindonesia

Bangunan bersejarah di Indonesia ini dibangun tahun 1920. Memiliki ciri khas yaitu ornamen enam tusuk sate yang berada di atas menara sentral.

Angka ini sebagai simbol dari enam juta Gulden yang dihabiskan untuk pembangunan. Gedung sate ini berada di Jalan Diponegoro.

 

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, Gedung sate memiliki peran sebagai pusat pemerintahan Hindia Belanda setelah Batavia yang tak memenuhi syarat sebagai pusat pemerintahan.

Gedung Sate terbilang cukup megah dan memiliki nilai budaya serta nilai sejarah tinggi.

 

Candi Borobudur

nusadaily

Candi Borobudur ini telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia dan telah dikunjungi banyak orang.

Didirikan pada masa Raja Samaratungga dari wangsa Syailendra di tahun 825 M. Bangunan ini memiliki ketinggian mencapai 42, dengan 10 tingkat.

Dimana tingkatannya mewakili kamadhatu (manusia yang terikat hawa nafsu), rupadhatu (manusia yang sudah terbebas dari hawa nafsu tapi terikat rupa dan bentuk) dan arupadhatu (manusia yang terbebas dari nafsu, rupa dan bentuk).

 

Arsitektur Borobudur bernama Gunadarma menambah 2.672 panel relief sehingga jumlah panel relief setara dengan panjang 6 kilometer.

Candi Borobudur ini bercorak agama Buddha berhias 504 patung buddha dengan kubah utama yang dikelilingi 72 patung buddha, dimana masing-masing patung duduk dalam sebuah stupa yang berlubang.

 

baca juga:

Konon Ada Bunker Rahasianya, 6 Stasiun Peninggalan Belanda Bergaya Art deco

 

Lawang Sewu

tempo

Bangunan ini dulunya menjadi kantor perusahaan kereta api hindia timur pada masa Belanda. Lawang Sewu sendiri berada di pusat kota Semarang, Jawa Tengah.

Nama Lawang Sewu berarti seribu pintu dalam bahasa jawa dan dulunya gedung ini bernama Het hoofdkantoor van de Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij.

Karena cukup sulit masyarakat sekitar menyebut gedung ini Lawang Sewu, nama ini begitu melekat hingga sekarang karena memiliki banyak pintu meskipun tidak mencapai jumlah seribu.

 

Keraton Surakarta

travelspromo

Di Jawa Tengah kamu tak hanya menemukan Lawang Sewu saja melainkan bangunan bersejarah lainnya tepatnya di Kota Surakarta yakni Keraton Surakarta.

Bangunan ini terkenal sebagai ikon kota Solo dan didirikan pada masa keraton Susuhunan Pakubuwono Kedua pada tahun 1744 dan berfungsi sebagai kediaman raja.

Namun sekarang keraton ini tak hanya sebagai kediaman, melainkan juga sebagai tempat koleksi patung, pusaka dan senjata kerajaan.

Keraton Kasunan Surakarta memiliki warisan budaya seperti upacara adat, tarian sakral dan musik serta produk budaya lokal yang sudah dikenal yaitu sekaten dan malam suro.

 

Benteng Rotterdam

ARSY Tours & Travel

 

Benteng ini dibangun oleh kerajaan Gowa-Tallo di tahun 1545 oleh Raja Gowa yang bernama I Manrigau Daeng Bonto Karaeng.

Bangunan sejarah di Indonesia ini sering dikunjungi untuk wisata. Dan oleh masyarakat sekitar dikenal sebagai Benteng Ujung Padang yang memiliki bentuk seperti penyu.

gema

Kerajaan Gowa-Tallo memilih bentuk bangunan seperti penyu karena sifat penyu yang mampu hidup di dua alam sehingga mencerminkan kerajaan Gowa-Tallo pernah berjaya di darat maupun lautan.

travelspromo

Dulunya pada masa kekuasaan Belanda, Benteng Rotterdam ini digunakan sebagai gudang penyimpanan rempah hasil rampasan dari Indonesia bagian timur.

Dan pada masa sekarang benteng ini dijadikan salah satu wisata sejarah di Kota Makassar dan menjadi rumah bagi Museum La Galigo yang menyimpan semua benda-benda peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.