Tergoda Lezatnya Nasi Jinggo khas Bali

Nasi Jinggo – Jari adventure – Bali memang terkenal dengan tempat wisata alamnya yang selalu berhasil memikat hati siapapun yang berkunjung kesana. Namun ada yang tak kalah menarik dari Pulau Dewata ini, apalagi kalau bukan kulinernya. Nasi Jinggo adalah salah satu makanan khas yang banyak dicari wisatawan ketika berkunjung ke Bali. Porsinya yang kecil membuat siapa saja yang memakannya pasti ingin nambah. Tak jarang, banyak pelanggan akhirnya harus memakan 4 hingga 5 porsi agar kenyang.

Nama nasi jinggo sendiri mulai dikenal sekitar tahun 1980 – an dan dijual di kawasan Gajah Mada, Denpasar. Daerah tersebut memang ramai orang berlalu – lalang karena di Jalan Gajah Mada terdapat Pasar Kumbasari yang beraktivitas selama 24 jam. Berawal dari sana, akhirnya banyak orang – orang pasar yang begadang dan membutuhkan makanan sebagai pengganjal perut.  

Asal mula Nasi Jinggo

Nasi jinggo pertama kali dijajakan oleh sepasang suami istri yang berjualan dari sore hingga malam hari. Dari mulut ke mulut, Nasi Jinggo mereka pun akhirnya mulai banyak diketahui orang karena rasanya yang nikmat. Tak hanya dijual sebagai makanan khas, nasi yang satu ini biasanya juga digunakan untuk perayaan ulang tahun, rapat dan upacara keagamaan seperti ngaben.

Jinggo berasal dari bahasa Hokkien yang artinya “seribu lima ratus”. Memang pada realitanya, ketika nasi jinggo populer pada saat sebelum krisis moneter, nasi tersebut umunya dijual dengan harga seribu lima ratus. Isinya terdiri dari nasi putih satu kepalan tangan, lengkap dengan lauknya berupa ayam suwir, serundeng, sambal dan lain – lain. Biasanya disajikan dengan daun pisang untuk menambah aroma khas yang harum sehingga menjadi kenikmatan tersendiri ketika menyantapnya. Rasa nasinya juga tidak jauh beda dengan nasi kuning atau pun nasi uduk, sama – sama pulen dan gurih.

Kini nasi jinggo sudah menjadi salah satu ikon kuliner di Bali, tak heran tentunya berkat rasanya yang enak. Tak hanya wisatawan lokal, turis mancanegara yang berkunjung ke Bali pun selalu menyempatkan diri untuk mencicipi nasi yang satu ini.

Rekomendasi Tempat Makan Nasi Jinggo Yang Enak Di Bali

Nasi Jinggo Simpangan

Terletak di daerah Jimbaran, rumah makan ini bernama Nasi Jinggo Simpangan Pak Alit dan Bu Kasih. Yang membuat warung nasi jinggo ini tak pernah sepi pengunjung adalah ayam suwirnya yang sangat empuk, apalagi ditambah dengan nasi jinggonya yang masih hangat, mendengarnya saja sudah bisa membuat kita membayangkan betapa enaknya ya.  Nasinya yang gurih dan rasanya yang tidak berminyak, siap menggoyang lidah anda. Rata – rata pengunjung yang datang selalu jatuh hati dan ketagihan dengan sambalnya. Menu lain yang menjadi adalan telur rebus setengah matang yang disajikan dalam gelas layaknya STMJ.

Nasi Jinggo yang Halal

Bagi anda yang muslim tak perlu khawatir, karena Nasi Jinggo Simpangan tidak menggunakan daging babi sebagai campuran lauknya. Warungnya sangat sederhana, mirip seperti angkringan. Jam bukanya pun hampir sama dengan angkringan, yakni pukul 7 malam hingga 1 dini hari.

baca juga: Batagor Bandung, Jajanan Khas Bandung, Jawa Barat yang Enaknya Kebangetan

Dalam sehari, pemilik bisa membuat hingga 300 bungkus. Berbeda lagi ketika musim liburan tiba, nasi jinggo akan disediakan sebanyak 1000 bungkus. Pak Alit dan Bu Kasih juga menerima pesanan ketika ada acara, seperti pernikahan, ulang tahun, maupun selametan. Lokasi tepatnya berada di Banjar Simpangan Jalan Uluwatu 109, Bukit Jimbaran. Bila anda pergi berwisata ke Bali, jangan lupa untuk mampir kesini.

 

Tips kuliner Nasi Jinggo

  • Sesuaikan selera

Penyuka Nasi Jinggo yang pedas mungkin tak ada masalah dengan sambal. Tetapi, bagi pengunjung yang sensitif dengan rasa pedas, lebih baik langsung memesan tanpa sambal kepada penjual agar bisa menikmati Nasi Jinggo dengan lebih enak.

  • Pilih yang halal

Bagi kaum muslim yang ingin menyantap kuliner Nasi Jinggo, perhatikan baik – baik dengan reputasi halal yang dimiliki penjual. Bila perlu cari info sebanyak – banyaknya tentang rekomendasi penjual Nasi Jinggo yang halal.

Selamat menyantap Nasi Jinggo yang sedaapp!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *