Bak Tanah Khayalan, Wujudkan Mimpi ke Kawah Ijen Dengan 9 Tips Ini

Meskipun menjadi kawasan wisata yang sudah ngehits di kalangan traveler, Kawah Ijen tetap tidak membosankan untuk dikunjungi.

Kawah Ijen memiliki pesona yang sangat banyak, salah satunya adalah blue fire yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Blue fire ini hanya ada 2 di dunia, lho! Tentu saja salah satunya di Kawah Ijen ini.

Pantas saja, tak hanya traveler lokal, Anda juga bisa berjumpa dengan turis asing yang penasaran dengan blue fire.

Kawah Ijen memang selalu ramai akan pengunjung. Namun, itu bukan berarti Anda tidak perlu menyiapkan segala persiapan sebelum mendaki.

Agar perjalanan Anda berjalan lancar, ikuti beberapa tips ke Kawah Ijen yang akan kita simak berikut ini.

1. Memilih Tanggal Perjalanan

Truvel for Hotels

Memilih tanggal yang tepat akan mempermudah perjalanan Anda saat pergi ke Kawah Ijen. PIlihlah tanggal yang tidak ramai agar Anda tidak terjebak macet.

Apalagi Kawah Ijen diminati oleh banyak wisatawan. Jika Anda memilih tanggal yang tidak tepat, maka kemungkinan besar Anda tidak mendapatkan penginapan yang Anda ingin.

Jika Anda ingin berkemah di alam bebas, Anda bisa mendirikan tenda di camping ground yang ada di kawasan Paltunding.

2. Memilih Waktu Tepat

ijentamansari.com

 

Indonesia memiliki 2 musim, kemarau dan juga hujan. Untuk pergi ke Kawah Ijen, pastikan Anda pergi di musim kemarau karena cuaca lebih bersahabat serta pemandangan yang Anda dapatkan lebih memukau.

Kondisi fisik dan mental Anda juga tidak terlalu ditantang di musim kemarau.

Jika Anda memilih di musim hujan, tentu saja ada banyak hambatan seperti terjadinya hujan atau jalanan licin. Ada banyak resiko yang harus Anda hadapi.

3. Persiapkan Fisik

 

Menempuh perjalanan selama 3 jam tentu membutuhkan fisik yang baik. Jalur yang menanjak dan berpasir akan menjadi rintangan Anda selama perjalanan.

Tentu saja tenaga Anda akan terkuras. Jangan sampai kondisi Anda drop karena kelelahan. Oleh karena itu, persiapkan kondisi kesehatan Anda dan latih tubuh Anda seperti olahraga setiap hari sebelum mendaki.

4. Menyiapkan Kendaraan

Kendaraan yang aman akan menjamin keselamatan Anda. Rute menuju kawasan Kawah Ijen penuh dengan belokan dan ada beberapa jalan yang berlubang.

Kondisi kendaraan yang baik akan memudahkan Anda dalam berkendara. Jangan lupa untuk mengisi full bensin kedaraan Anda di pertamini terakhir sebelum Paltunding. Lokasinya tepat di depan puskesmas Sempol.

5. Persiapan Pakaian dan Perlengkapan

Tak hanya kondisi fisik dan mental, persiapan pakaian dan perlengkapan juga tidak boleh sembarangan. Anda harus membawa jaket yang tebal agar terhindar dari kedinginan.

Gunakan Celana Quickdry agar celana cepat kering saat terkena air hujan saat hujan turun tiba-tiba. Bawalah Jas hujan meskipun Anda datang di musim kemarau. Cuaca di gunung tidak bisa ditebak.

Gunakan sepatu gunung untuk menghindari lecet pada kaki. Sepatu gunung juga membuat kaki lebih nyaman.

Jangan lupa menggunakan kupluk, sarung tangan, serta masker dan kacamata yang berfungsi menyaring udara dari asap belerang. Usahakan gunakan tisu yang basah di dalam masker.

6. Makanan dan Minuman

Tidak ada yang tau kondisi tubuh saat perjalanan. Persediaan makanan dan minuman harus cukup agar Anda terhidar dari lapar dan haus.

Anda bisa membelinya di sekitar kawasan wisata sebelum mulai mendaki.

7. Kompor Portable

Jika Anda memilih camping, maka kompor portable akan menyelamatkan Anda ketika Anda kelaparan. Bawalah lengkap dengan gas nya ya! dengan kompor ini Anda bisa memasak air atau mie instant saat lapar bersama teman-teman.

8. Persiapkan Uang Cash

Bawalah uang cash yang cukup karena kawasan Kawah Ijen tidak terdapat ATM. Uang cash bisa mempermudah Anda saat membeli barang atau membayar tiket.

9. Berangkat Lebih Awal untuk Blue Fire

Untuk bisa menyaksikan blue fire ternyata membutuhkan perjuangan. Anda harus datang lebih awal dan tidak boleh membuang waktu.

Jangan sampai telat untuk tiba ke dasar kawah. Ada banyak wisatawan yang tertarik dengan blue fire, oleh karena itu jangan sampai Anda telat dan tidak kebagian pesona blue fire.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.