Bak di Nepal, Desa Butuh Magelang Menawarkan Keindahan Alam

Terletak di Magelang, Desa Butuh yang dihuni sekitar 610 KK dan 2.500 jiwa serta berlokasi yang berjarak kurang lebih 20 kilometer, sekitar setengah jam perjalanan dari Kota Magelang menggunakan sepeda motor.

Apabila kamu menggunakan mobil melalui jalan Bandongan dan jalan raya Kaliangkrik hanya membutuhkan satu jam perjalanan.

Desa Butuh ini memiliki susunan rumah yang bertingkat dengan latar belakang Gunung Sumbing yang gagah serta panorama yang indah & udara yang sejuk untuk membuat siapa saja kagum dengan desa Butuh ini.

Pekerjaan mayoritas masyarakat Desa Butuh adalah petani yang menanam berbagai sayuran mulai dari kentang, wortel, kol dan sayuran lainnya.

Di Desa Butuh ini kamu akan merasakan suasana yang tak jauh berbeda dengan desa-desa di kaki Pegunungan Himalaya, Nepal.

 

Panorama Mengagumkan

Dengan pemandangan panorama alam seperti gunung hingga asupan udara yang asri dan sejuk akan memberi nilai tambah untuk Desa Butuh sebagai tempat wisata yang tengah viral di social media ini.

Kalau kamu berkunjung ke desa ini, cobalah datang saat matahari terbit kamu akan mendapatkan pemandangan yang semakin istimewa.

Ditambah lagi, ada sungai yang terbentang dan membagi dua dusun sehingga menggambarkan suasana dan kekayaan alam pemandangan yang indah.

Permukiman ini terbentuk ketika terjadi perkembangan penduduk dan jauh sebelumnya merupakan ladang pertanian warga dengan kontur tanah yang menanjak naik ke arah Gunung Sumbing.

Semakin lama pertumbuhan penduduk semakin pesat sehingga mereka membangun rumah dengan menyusuri jalur ke Gunung Sumbing dan menyajikan pemandangan serta suasana yang persis dengan Nepal.

Rumah warga yang dibangun ala terasering dan mengikuti kontur kaki Gunung Sumbing ini membuat siapa saja menjadi tertarik apalagi desa ini sangat instagramable banget.

Selain itu desa Butuh memiliki udara yang sangat sejuk & bersih yang membuat siapa saja tetap betah untuk berlama-lama di Desa Butuh sambil minum secangkir kopi hangat dan gorengan.

 

Sebelum dijuluki Nepalnya Indonesia, dusun ini sempat disebut mirip suasana di Rio de Janeiro yang ada di Brasil.

Ataupun Tibet di Tiongkok sebagai desa yang tengah viral. Desa Butuh ini merupakan basecamp bagi pendaki Gunung Sumbing.

Nah, untuk masuk ke desa ini kamu hanya perlu merogoh kantong Rp. 2.000 dan biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor & Rp. 5.000 untuk mobil.

Tersedia Homestay dan Akomodasi lainnya

Mungkin untuk kamu yang tak hanya sekedar singgah dan ingin menginap di Desa Butuh, bisa kok! Karena desa ini sudah menyediakan penginapan sederhana semacam homestay yang akan bermalam di desa ini.

Sebelumnya desa cantik ini menjadi jalur favorit pendaki Gunung Sumbing karena langsung mengarah ke Puncak

Sejati dan banyak spot-spot menarik yang tak kalah indah untuk disinggahi dan dijadikan tempat peristirahatan sementara untuk para pendaki.

Meskipun jalur yang ditempuh bisa dikatakan menanjak namun masih nyaman untuk dilewati apalagi suasana sekitar yang masih asri, segar udara pegunungan membuat pendaki menjadi jalur desa Butuh ini sebagai jalur favorit.

 

baca juga:

Dikenal Kota Tragedi, Buktikan Wisata Hiroshima yang Jelita

 

Tempat Wisata Alternatif di Gunung Sumbing

Kalau kamu memutuskan untuk menginap di Desa Butuh, Magelang. Ada baiknya kamu juga berwisata di sekitar kaki Gunung Sumbing karena wisata alam ini tak kalah cantik dengan desa Butuh.

1.   Silancur Highland atau Gardu Pandang Silancur.

Wisata ini terletak di dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik hanya butuh menempuh perjalanan sekitar 18km untuk tiba di tempat eksotis ini.

Silancur Highland memiliki pemandangan pegunungan yang menakjubkan dan ada satu spot foto kece yang menarik banyak wisatawan yaitu taman bunga warna warni yang terhampar di kaki Gunung Sumbing.

Selain itu kamu juga akan melihat miniatur rumah hobbit di tengah-tengah taman bunga sehingga pas untuk dijadikan background foto.

 

2.   Air Terjun Mangli

Air Terjun ini masih terletak di daerah Mangli. Dengan air terjun yang elok dan jernih sehingga tempat yang pas untuk kabur dari hiruk pikuk perkotaan.

Di sini kamu akan menemukan belasan air terjun seperti air Terjun Bima, Nakula-Sadewa hingga Janaka yang siap menyambut wisatawan dengan guyuran air yang segar dan jernih.

 

3.   Mangli Sky View

Tempat ini menjadi spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbit maupun sunset. Karena kamu akan menemukan keindahan gunung sumbing sebagai panorama indah untuk berfoto.

Berada di ketinggian 1.570 Mdpl tempat ini begitu sejuk dan saat malam akan terasa dingin sehingga pas untuk kamu yang ingin merasakan jauh dari suara bising kendaraan maupun polusi udara.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.