Diselimuti Teka-teki, Inilah 5 Bangunan Paling Misterius di Dunia

Bangunan Paling Misterius di Dunia – Di seluruh dunia, banyak terdapat bangunan terbuat dari batu atau zaman neolitik. Di masa lampau, bangunan terbuat dari batu merupakan lambang dari sebuah kejayaan dan kemakmuran para penguasa. Hingga kini bangunan- bangunan tersebut masih berdiri kokoh dan menjadi tempat tujuan wisata. Ini dia deretan bangunan batu terkenal yang menyimpan misteri di seluruh dunia:

Piramida Giza di Mesir

Piramida terlihat berada di tengah gurun pasir. Namun, sejatinya Piramida berada di perkotaan besar yang memiliki akses transportasi dan akomodasi memadai.

Pada zaman Firaun, yaitu sekitar 3000 – 4000 tahun sebelum Masehi, ia memerintahkan para rakyat untuk membangun sebuah bangunan yang tinggi agar ia bisa melihat Tuhan. Maka, dibangunlah piramida – piramida raksasa yang membutuhkan begitu banyak pekerja dan juga biaya.

Hingga kini ada sekitar 138 piramida, dan yang terbesar adalah Piramida Giza. Giza merupakan piramida yang berada di pinggir kota Mesir. Dinobatkan sebagai piramida terbesar dan tertinggi mencapai 146,5 meter dan lebar 138.5 meter

Tembok Besar China

Masih menggunakan bahan baku batu alam, tembok besar Cina atau benteng pertahanan kaisar Dinasti Ming berada di urutan kedua. Dibangun pada abad ke -7 dan mengerahkan tenaga sekitar 10.000 orang pekerja. Benteng ini membentang di atas pegunungan hingga 21.000 kilometer. Mulai dari distrik Shanhaiguan hingga Lop Lake. Pada tahun 1987, UNESCO menetapkannya sebagai situs warisan dunia.

Machu Picchu

Pada sekitar abad ke-15, suku Inca yang berada di atas gunung Machu Picchu membangun sebuah kota yang sangat unik. Terbuat dari batu tetapi dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Termasuk pemandian, pipa – pipa serta pemakaman dan tempat persembahan pada leluhur. Terletak di distrik machupicchu, kota Aguas Calientes, Prov. Urubamba, Cusco, Peru, Amerika Selatan. Untuk menjangkau lokasi yang ada di atas gunung, pengunjung dapat menaiki cable car atau kereta gantung yang berhenti tepat di atas lokasi.

Cappadocia, Turki

Lembah, ngarai dan perbukitan mungkin sudah umum di jumpai di mana – mana. Tetapi, Cappadocia, di Turki memiliki keunikan tersendiri.

Bukit – bukit batu membentuk semacam kerucut yang unik. Pada masa lalu, batu – batu ini dijadikan rumah penduduk dan menara. Hamparan luas Cappadocia bahkan menjadi tempat wisata unik untuk mengendarai balon udara di atasnya. Para pengunjung yang menikmati panorama indah Cappadocia ketinggian, tentu akan memiliki kenangan terbaik dalam perjalanan wisata.

Cappadocia, memiliki luas mencapai beberapa kota dan wilayah. Misalnya Ihlara Valley, Uchisar, Urgup,Goreme dan Avanos. Kota –  kota tersebut juga memiliki banyak bangunan terbuat dari rumah batu dan gua – gua batu yang dilubangi. Ingin merasakan sensasi menginap di dalam lubang? Tersedia banyak hotel untuk dicoba bermalam.

Stonehenge

Bangunan yang masih menyimpan misteri tentang bagaimana cara membangunnya dan siapa yang membangun ada di kota Wiltshire, Inggris. Tepatnya di 13 km utara kota Salisbury.

Stonehenge adalah batu – batu menjulang yang dijajar melingkar, kemudian di atasnya juga terdapat batu raksasa yang saling terhubung membentuk lingkaran. Dibangun pada 3000 tahun sebelum masehi. Arkeolog memperkirakan bangunan ini merupakan tempat pemujaan. Tetapi, ada pula yang menyebutkan ini adalah pemakaman. Bahkan, ada pula yang menyebut jika stonehenge adalah tempat persembahan atau pengorbanan manusia kepada leluhur.

Baca juga: Menakjubkan! 7 Tempat Wisata New York yang Bikin Ngebet Liburan

Deretan Patung Moai

Masih bangunan terbuat dari batu. Di Amerika Selatan, tepatnya Chili, ada sebuah pulau yang bernama Easter. Di sini banyak dijumpai patung – patung berupa wajah setinggi 4 meter dengan berat rata – rata puluhan ton. Bahkan yang terbesar disebut patung moai Paro setinggi 10 meter dan mencapai berat 82 ton. Total ada sekitar 87 patung yang semua menghadap ke daratan dan membelakangi pantai.

***

Umumnya bangunan terbuat dari batu peninggalan masa lalu memiliki berat yang mencapai berton – ton dan sangat sulit untuk menemukan cara bagaimana orang – orang bisa mengangkut dan membawa batu – batu berukuran berat mendaki gunung atau bahkan menyeberangi pulau.

Kemungkinan yang terjadi, dahulu daratan masih luas dan rata sehingga belum berada di gunung atau perairan. Atau mungkin juga, pada zaman dahulu nenek moyang kita masih memiliki bentuk dan ukuran tubuh yang tinggi dan besar. Sehingga tidak sulit untuk mengangkut batu – batu berbobot puluhan ton dan membentuk bangunan. Tapi, tidak ada yang tahu pasti untuk mengungkap fakta sebenarnya. Hanya mampu, meninggalkan misteri pada bangunan batu terkenal di seluruh dunia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *