Ayo.. Berani Menyelam! 5 Wisata Diving di Sulawesi yang Alam Bawah Lautnya Keren Banget

Bicara tentang tempat menyelam di Sulawesi, orang pasti akan segera menebak Bunaken. Padahal, selain Bunaken ternyata masih ada banyak spot – spot diving spektakuler lain di Sulawesi. Soal keindahan alam bawah laut, pulau yagn dijuluki Celebes ini memang juaranya di seluruh dunia. Nah, kalau kamu hobi diving, wajib nih mengunjungi 5 tempat wisata menyelam di Sulawesi berikut:

1. Pulau Togean atau Togian

cloudfront.net

Berjarak sekitar 90 km dari Teluk Tomini, Sulawesi Tengah, Pulau Togean siap menyambut dengan keramahannya. Memang perjalanan cukup panjang dan melelahkan, tapi itu semua sepadan dengan keindahan yang ditawarkan. Dijamin gak akan menyesal!

Kedatangan di Pulau Togean kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih yang berbatasan dengan perairan biru nan jernih. Maklum saja,  pulau yang juga dikenal dengan nama Togian ini masih belum banyak kunjungan turis. Padahal, Pulau Togean merupakan satu – satunya pulau di Indonesia yang berstruktur terumbu karang besar yang terkonsentrasi dalam satu wilayah. Jadi, penyelam akan lebih mudah mengeksplorasi biota bawah lautnya. S

Moda transportasi laut kapal ferry yang menjangkau Pulau Togean, berangkat dari kota Gorontalo dan Ampana.

2.  Pulau Kadidiri

bstatic.com

Berada tak jauh dari Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Berdirilah Pulau Kadidiri yang masih virgin. Datang ke pulau terpencil ini bakal membuatmu serasa di film Castaway.  Semua penat dan stres bakal hilang dan terlupakan sejenak karena terhipnotis panorama alam yang dramatis. Pulau Kadidiri merupakan obyek favorit untuk penyelam amatir atau profesional.

Masih menjadi satu wilayah dengan Kep. Togean, pemandangan alam bawah laut tidak perlu ditanyakan lagi. Ditambah lagi, perairan dangkal begitu jernih dan bening. Sampai – sampai kamu bisa melihat ke dasarnya dengan mata telanjang.

Pertimbangkan cuaca untuk mengunjungi Pulau Kadidiri. Disarankan datang pada bulan April – November. Pasalnya, cuaca cerah dan jarak pandang  bisa menjangkau hingga 40 meter. Wahh.. jadi langsung pengen berangkat!

3.  Pantai Tanjung Karang

blogspot.com

Keindahan Pantai Tanjung Karang tak bisa dibantah lagi. Pesisir pantai yang berpasir putih menjadi penglipur lara dan penghapus gundah. Berjarak sekitar 37 km ke timur ibukota Palu. Di tengah perjalanan, pengunjung bisa menikmati wisata kota tua Donggala. Sebuah kota mungil yang masih melestarikan arsitektur bangunan gedung dan rumah bergaya Belanda di pulau Celebes. Berasa sedang jalan – jalan ke Eropa. Keunggulan lain Pantai Tanjung Karang, air lautnya begitu tenang dan jernih. Cocok untuk berenang atau bermain ke pantai mengajak anak – anak.

4. Taman Laut Takabonerate

blogspot.com

Diam – diam, taman laut yang ada di Sulawesi Selatan, Kec. Takabonerate, Kep. Selayar ini didaulat sebagai posisi ketiga atol terbesar di muka bumi. Bahkan, sempat masuk nominasi situs warisan dunia UNESCo yang wajib dilestarikan pemerintah. Perlu diketahui, atol merupakan gugusan pulau karang yang mengelilingi sebuah laguna. Sudah pasti soal berenang dan keindahan alam mata pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa biru gradasi yang memukau.

Baca juga:

Selain Santorini, Kunjungi Pulau Ini Untuk Paket Liburan Bareng Keluarga ke Yunani

 

5. Pantai Bira

eljohnnews.com

Datang ke Bulukumba, Sulawesi Selatan, pelancong jangan sampai melewatkan keelokan Pantai Bira yang sudah mendunia. Di sisi terujung kota Makassar, pasir putih yang terhampar tampak memukau pandangan yang berpadu dengan hamparan laut nan biru.

Siapa saja yang memandang bakal terhipnotis dan sementara hilang semua gundah gulana. Pantai Bira juga ideal untuk menyaksikan eksotisme sang surya terbenam ataupun baru saja terbit di perbatasan cakrawala dan laut.

Keunikan Pantai Biru yang tak ada duanya adalah perairan lautan yang memiliki 3 gradasi warna. Yaitu biru muda, tosca hingga biru gelap. Benar – benar dramatis dan membuat mulut menganga karena takjub.

Di akhir pekan atau liburan long weekend, sudah bisa dipastikan Pantai Bira akan dipenuhi wisatawan. Namun, selain bermain sepuasnya di Pantai Bira, pengunjung dapat mencoba island hopping ke pulau – pulau kecil yang lain seperti Pulau Kambing dan Pulau Liukang.

***

Nah, tak sabar ingin segera menghamburkan diri ke pantai – pantai surga diving yang elok di Sulawesi? Pastikan untuk mempersiapkan liburan Anda sebaik mungkin bersama agen travel wisata yang berpengalaman. Jari Adventure siap mengakomodir kebutuhan wisata Anda.

Mulai dari hotel, tiket pesawat, sewa kendaraan, atraksi wisata dan tour guide lokal yang berpengalaman. Nikmati keindahan obyek wisata di seluruh Nusantara bersama agen travel wisata berpengalaman, Jari Adventure. Kualitas dan layanan prima untuk perjalanan wisata Anda yang paling berkesan. Selamat berlibur..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *