Awas Terpesona Seksinya Pantai Sahi, Kab Natuna, Kepulauan Riau

Pantai Sahi mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Natuna, namun masyarakat Indonesia sendiri tidak banyak yang tahu. Terletak 25 kilometer dari ibukota Kabupaten Ranai.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sahi

Untuk menuju pantai ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor yang memakan waktu kurang lebih satu jam. Sama seperti namanya, Pantai Sahi berada di Pulau Sahi, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.  

Dari Ranai, anda harus mengikuti rute menuju Pantai Tanjung dan lurus hingga terlihat sebuah pulau kecil dengan batu besar sebagai ikonnya, ya disitulah letak Pantai Sahi.

Apa Saja Yang Ditawarkan Oleh Pantai Sahi?

Arti kata sahi menurut bahasa Melayu ialah toples, bila dilihat dari kejauhan maka anda akan terlihat sebuah batu di tengah laut yang menyerupai bentuk toples. Bukan hanya sekedar batu biasa, di bagian depan terdapat lubang sehingga bentuknya seperti goa.  Asal-usulnya mirip dengan malin kundang, hanya saja yang ini dikutuk menjadi pulau. Ada-ada saja, ya.

Yang menyenangkan jika datang ke pantai ini adalah ketika anda berkunjung saat air laut sedang surut, sehingga anda dapat menyeberang menuju pulau hanya dengan berjalan kaki. Tetapi tak perlu khawatir, anda tetap dapat menikmati keindahan Pantai Sahi ketika air laut sedang pasang, dengan bermain air di sekitaran pantai misalnya. Jarak antara bibir pantai dengan pulau tidaklah jauh, hanya sekitar 300 meter. Jauh-jauh ke Pantai Sahi, anda harus menikmati pesona alam bawah lautnya yang dijamin akan memanjakan mata. Salah satu caranya adalah dengan olahraga snorkeling, selama snorkeling anda disajikan pemandangan terumbu karang yang masih asri karena jarang dijamah oleh manusia, bahkan warga sekitar pun.

Yang menjadi nilai plus dari objek wisata ini ialah spot berupa pemandangan Gunung Ranai dari kejauhan. Bak paket wisata yang lengkap, anda bisa menikmati dua keindahan alam Natuna sekaligus. Jangan lupa untuk mengabadikan momen selama berlibur disana dan upload ke sosial media atau menulis review tentangnya, hitung-hitung juga mempromosikan surga alam Indonesia yang masih tersembunyi.

Baca juga: Mari Berlibur Bersama Orang Tersayang di Telunas Beach, Karimun!

Tips Untuk Anda Yang Ingin Berkunjung :

Membawa Antibiotik

Walaupun memiliki air yang jernih, di sekitaran pantai terdapat banyak bebatuan karang. Pertolongan pertama jika anda menginjak karang adalah membersihkan luka, dan kalau memungkinkan jangan lupa bersihkan dengan cairan kimia atau antibiotik. Jadi tak ada salahnya membawa antibiotik untuk berjaga-jaga bila anda atau kerabat terkena batu karang.

Bagi Anda yang Tidak Bisa Berenang, Tak Perlu Ambil Pusing

Selain berwisata di sekitaran pantai, anda juga bisa menyeberang menuju Pulau Sahi. Untuk menyeberang, tak perlu pandai berenang karena air disana hanya sepinggang orang dewasa. Meski begitu kita harus berhati-hati ketika menyeberang karena  keselamatan tetap nomor satu.

Menjaga kelestarian lingkungan

Mengingat isu global dan lingkungan yang kian hangat diperbincangkan, beberapa daerah di pesisir terpencil di Indonesia banyak menjadi perhatian. Termasuk Pantai Sahi di Kab. Natuna, Kepri. Kawasan ini merupakan area yang dijaga dan dilestarikan oleh pemerintah lokal. Sudah sepatutnya sebagai pengunjung yang baik, kita turut membantu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan maupun sampah bekas kemasan makanan / minuman terbuat dari plastik.

Mengawasi anak – anak

Bagi pengunjung yang membawa anak – anak kecil, disarankan untuk selalu mengawasi dan tidak membiarkan anak – anak bermain sendiri di tepi pantai tanpa pengawasan. Gulungan ombak yang terkadang datang secara tiba – tiba dapat membahayakan keselamatan, sehingga sebaiknya patuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekitar pantai. Bisa bermain pasir, bermain sepak bola / bola tangan, bermain mencari kerang, maupun berfoto.

Tidak berenang terlalu jauh

Kawasan pantai sahi yang berbatasan langsung dengan samudera di laut lepas, bisa membahayakan bagi keselamatan Anda ketika berenang. Sebaiknya, tetap waspada dan tidak berenang terlalu ke tengah. Di kawasan ini penyelamat pantai merupakan petugas swadaya lokal. Namun, alangkah baiknya jika tetap menjaga kewaspadaan dan berhati – hati untuk mencegah hal – hal yang tidak kita inginkan.  

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *