Asyiknya Nikmati Durian Tebal dan Harum di Warso Farm

Warso Farm – Durian yang dijuluki raja dari segala buah mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Bau khas dan rasanya yang tajam membuat buah ini selalu dicari ke manapun. Nah buat kalian para pengemar durian yang kebetulan sedang berada di daerah Bogor, ada satu tempat yang patut dicoba. Objek wisata Warso Farm di kawasan Rancamaya merupakan surga bagi penggila durian.

Lokasi Warso Farm

Perkebunan yang diberi nama sesuai dengan pendirinya ini terletak di desa Cihedeung, Kecamatan Cipelang, Kabupaten Bogor. Lokasi perkebunan inin cukup mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan umum. Namun jalannya yang kecil dan berkelok-kelok memerlukan kewaspadaan lebih dari pengemudi.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh untuk menuju perkebunan ini. Jalur pertama melalui Cihideung, dan jalur kedua melalui Pasar Caringin yang biasa dipilih oleh traveler dari Jakarta. Kedua jalur ini bisa ditempuh baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tanda paling jelas ketika akan mencapai tempat ini adalah patung durian dan patung buah naga berukuran besar di pinggir jalan.

900 Pohon Durian di lahan 8,5 hektar

Perkebunan dengan luas 8,5 hektar ini ditanami lebih dari 900 pohon durian dari 19 jenis dan 7 varietas unggul baik lokal maupun luar. Mulai dari durian Monthong, Petruk, Lay, Tembaga, Sunan dan Si Mas bisa ditemui di Warso Farm. Tidak hanya durian saja, area lain dari perkebunan ini juga ditanamai buah lain seperti buah naga, nangka dan jambu monyet serta dilengkapi juga dengan area persawahan.

Waktu paling pas untuk mengunjungi lokasi ini tentunya adalah pada saat musim durian yaitu sekitar bulan Desember hingga Mei, dengan puncaknya pada bulan Januari hingga awal Maret. Perkebunan ini selalu ramai dengan pengunjung, bahkan semakin siang jumlah pengunjung yang datang akan semakin meningkat. Dibuka mulai pukul 7 pagi hingga 7 malam, rekan traveller punya waktu yang cukup panjang untuk mengunjungi Warso Farm.

Karena banyaknya peminat, lebih baik kamu menghubungi dahulu via telepon ke pengelola untuk menanyakan ketersediaan stok durian yang diminati. Durian dari varietas unggul biasanya akan lebih cepat habis diborong oleh pengunjung yang memang sengaja berburu durian ke tempat ini. Kalaupun memang langsung datang ke tempat ini jangan takut kehabisan durian. Meskipun bukan dari varietas populer, buah durian yang ada di Warso Farm jumlahnya berlimpah apalagi saat sedang musimnya.

Aneka jenis durian

Durian yang paling populer di perkebunan ini adalah durian Monthong, bagi traveler yang ingin membelinya harga yang ditetapkan adalah menggunakan hitungan per kilo. Sedangkan untuk durian lokal hitungan harga adalah per buah. Selain menjual durian, disediakan juga berbagai macam olahan durian yang bisa dinikmati ataupun dijadikan cinderamata. Es durian dan jus durian biasanya menjadi primadona para pengunjung.

Harga yang ditawarkan memang hampir sama dengan durian yang dijual di swalayan. Namun pengalaman memilih dan memetik durian langsung dari pohonnya tidak dapat ditemui di tempat lain. Lagipula menikmati buah yang masih fresh dipetik dari pohon tentunya menawarkan sensasi yang berbeda daripada durian yang sudah lama disimpan.

Baca juga: Berkelana Ke Wisata Kampung Durian di Wonosalam, Jombang

Traveler bisa memilih langsung durian yang ingin dibeli langsung dari pohonnya. Petugas akan membantu memetik lalu membelahnya untuk diicipi terlebih dahulu. Jika sudah cocok durian bisa langsung dibayar. Namun jika kurang cocok dengan rasanya pembeli boleh tidak membelinya tanpa biaya mengicipi, dengan syarat bahwa yang memetiknya tadi adalah petugas dan bukan dipetik sendiri.

Tiket masuk gratis

Tidak ada biaya tiket masuk yang dibebankan bagi pengunjung, tapi pastikan kamu membawa cukup uang untuk membeli durian. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan kamera atau smartphone, karena pemandangan alami perkebunan ini menarik untuk dijadikan latar selfie maupun groupie.

Anak-anak juga bisa bermain di wahana mini yang ada di area perkebunan. Mulai dari permainan paint ball, memancing ataupun sekedar nongkrong menyeruput jus durian. Di perkebunan ini juga ada tempat pertemuan yang bisa menampung hingga 90 orang, sehingga cocok untuk arisan ataupun acara keluarga.

Sudah tidak sabar menikmati durian hasil memetik langsung dari pohon, yuk langsung ke Warso Farm yang ada di Kota Bogor. (jari adventure – det)

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *